Ini Lho 5 Alasan DKP3 Kota Sukabumi Sidak Pasar


Glyn

Writed by: Glyn
Editor by: Feryawi
14 Mei 2018 | 17:10 WIB


Baca pesan nomor lima.

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Diskoperindag Kota Sukabumi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa pusat perbelanjaan seperti City Mall, Yogya Dept Store, dan Ramayana, Senin (14/5/2018).

Tak hanya pusat perbelanjaan modern, pasar tradisional pun menjadi target sidak menjelang bulan Ramadhan tahun ini.

Ini dia lima alasan kenapa sidak gabungan dilakukan, menurut Sekretaris DKP3 Ate Rahmat  sekaligus Ketua Tim Terpadu sidak kepada sukabumiXYZ.com:

BACA JUGA: Warga Sukabumi, Bulan Puasa Sebentar Lagi, Lakukan 5 Hal Ini Kuy

1. Memantau dan Memeriksa

Sidak dilakukan untuk memantau dan memeriksa pangan hewani agar layak jual dan konsumsi. Pemeriksaan kasat mata dengan mengambil sample dari pedagang, baik tradisional maupun modern untuk diperiksa di laboratorium.

2. Melakukan Pembinaan kepada Para Pedagang

Selain memantau, sidak juga memberi arahan dan pembinaan kepada pedagang agar mengutamakan kesehatan dan keselamatan konsumen. Dari mulai kebersihan, kehalalan, dan kesehatan makanan.

BACA JUGA: Sis, Ini 5 Cara Diskoperindag Kota Sukabumi Stabilkan Harga Jelang Ramadhan

3. Inspeksi di Bulan Ramadhan

Inspeksi selalu dilakukan, namun akan lebih sering ketika momen Hari Besar Agama Nasional seperti Ramadhan, dan tidak akan dilakukan hanya hari ini saja.

4. Tindakan

Jika hasil laboratorium menunjukkan ada pencampuran bahan kimia yang dilarang dan membahayakan, pihaknya akan melakukan penyitaan apabila barang masih ada.

5. Membeli dengan Harga Layak

Belilah daging, telur, dan susu dengan harga layak. Bila ada harga jauh lebih murah maka harus dicurigai.

  • 4
    Shares
Glyn

Glyn

Glyn lahir di Cicurug, 19 Agustus 1984. Ia tinggal di Cicurug, Kabupaten Sukabumi, seorang ibu muda yang gaul, hobi menulis dan bikin cerpen. Glyn juga menjadi pendidik di kota tempat tinggalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *