Gen Y Sukabumi, ada orang ketiga di balik Prancis juara PD 2018, ini 5 faktanya

Giroud belum pernah sekalipun melakukan tendangan tepat sasaran.

Akhirnya Timnas Prancis berhasil merebut kembali gelar juara Piala Dunia 2018. Setelah pada pertandingan final yang dilangsungkan di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018) malam 22.00 WIB, pasukan Didier Deschamps mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2.

Prancis unggul cepat setelah Mario Mandzukic membuat gol bunuh diri pada menit ke-18. Kroasia sukses menyamakan kedudukan setelah tendangan voli Ivan Parisic berhasil menjebol gawang Les Bleus yang dikawal Hugo Lloris. Namun sayangnya, tendangan penalti Antoine Griezmann membuat Prancis kembali unggul, skorpun 2-1 hingga turun minum.

Pada paruh kedua, skuad Ayam Jantan membuat dua gol tambahan melalui Paul Pogba dan Kylian Mbappe. Sementara Kroasia hanya mampu menambah satu gol melalui Manduzkic, memanfaatkan blunder Lloris.

Berikut lima fakta menarik Prancis di final Piala Dunia 2018 Rusia.

BACA JUGA:

Gen Y Sukabumi, Pemilu 2019 ada 5 lembar surat suara yang harus dicoblos, ini dia

Tionghoa Sukabumi penerjemah Bung Karno, 5 hal mengenal Szetu Mei Sen

5. Peran Antoine Griezmann

Baik melalui assist atau gol, Antoine Griezmann berkontribusi pada 12 gol Prancis di sembilan pertandingan fase gugur di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. Jumlah ini lebih tinggi dari pemain Prancis lainnya selama lima dekade terakhir, termasuk Zinedine Zidane (8) dan Michel Platini (6).

4. Giroud yang malang

Olivier Giroud belum pernah sekalipun melakukan tendangan yang tepat sasaran meski sudah bermain 555 menit.

3. Tiga bek Prancis

Hingga babak final tiga bek Prancis yakni Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti berhasil menjebol gawang lawannya di Piala Dunia 2018 Rusia. Terakhir kali peristiwa serupa terjadi pada Piala Dunia 1998, yaitu Bixante Lizarazu, Laurent Blanc, dan Lilian Thuram. Pada Piala Dunia 1998 Prancis juga keluar sebagai juara.

BACA JUGA:

Cileuleuy lebih terawat dari Cicatih-Cibeber, 5 fakta sungai di Cicurug Sukabumi

Dulu menakutkan kini jadi label kaos gaul, 5 fakta teluh Jampang Sukabumi

2. Gelar kedua

Setelah menunggu selama 20 tahun, Prancis kembali meraih titel kedua juara dunia. Terakhir Les Bleus meraihnya pada Piala Dunia 1998. Pada laga final Piala Dunia 2006 Prancis juga masuk babak final, tetapi dikandaskan Azzuri, Italia, melalui babak adu penalti.

1. Orang ketiga

Didier Deschamps menjadi orang ketiga di dunia yang memenangi Piala Dunia baik sebagai pemain juga pelatih. Dua lainnya adalah Mario Zagallo dari Brasil, dan Franz Beckenbauer dari Jerman. (dari berbagai sumber)

Irman Sufi Firmansyah

Irman Sufi Firmansyah

Irman Sufi Firmansyah lahir di Sukabumi, 21 juni 1977. Ia menamatkan S1 Hubungan Internasional di Universitas Negeri Jember (2001(, dan S2 Manajemen Universitas Bhayangkara, Kakarta. Kini Irman bekerja sebagai Manajer HRD, Security, dan HSE di bidang oil n gas service. Irman juga menjadi Ketua Yayasan Kipahare., dan pengurus Soekaboemi Heritages.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *