Hidup manusia 6 tahun untuk mimpi, ini 5 faktanya untuk gen YZ Sukabumi

Kebanyakan mimpi terlupakan begitu saja.

Kita tidur dan bermimpi. Kadang mimpi yang menyenangkan, kadang juga mimpi yang menakutkan atau menyedihkan. Banyak juga yang mencoba menafsirkan mimpi, sampai dibuat berbagai buku tafsir mimpi. Tapi percayalah Gaess, kebanyakan mimpi hanyalah “bunga tidur” saja. Tak perlu repot-repot menafsirkan lalu meyakininya secara berlebihan.

Ini dia lima fakta tentang mimpi yang mesti kalian tahu!

1. Selama masa hidupnya, seorang manusia bermimpi selama 6 tahun

Orang dewasa dan bayi sama-sama bermimpi sekitar dua jam per malam — bahkan bagi orang yang mengklaim tak bermimpi semalam. Menurut penelitian, terungkap bahwa orang bisa bermimpi beberapa kali setiap malam, masing-masing biasanya berlangsung selama lima hingga 20 menit.

Nah jika ditotal, selama masa hidupnya, seorang manusia menghabiskan rata-rata enam tahun bermimpi. Wow..!

2. Lebih dari 95 persen mimpi terlupakan secara cepat

Lebih dari 95 persen dari semua mimpi yang dialami manusia secara cepat terlupakansetelah bangun tidur. Menurut satu teori tentang mengapa mimpi begitu sulit untuk diingat, perubahan yang terjadi pada otak selama tidur tidak mendukung proses informasi dan penyimpanan ingatan.

Scan otak pada orang yang sedang tidur menunjukkan bahwa lobus frontal (area kunci dalam formasi memori) tidak actif saat dilakukan tes rapid eye movement (REM) tidur, fase di mana mimpi terjadi. Hmm..ya..ya.

BACA JUGA:

Logo Firefox bukan serigala, ini 5 fakta teknologi mengejutkan buat netizen Sukabumi

Gen Y Sukabumi, kenapa keluarga di kaleng Khong Guan tanpa ayah? Ini 5 infonya

3. Laki-laki dan perempuan mimpinya berbeda

Peneliti mendapatkan indikasi beberapa perbedaan antara mimpi yang dialami laki-laki dan yang dialami perempuan. Dalam beberapa studi, laki-laki dilaporkan bermimpi lebih banyak tentang senjata dibandingkan perempuan. Sementara perempuan bermimpi lebih banyak tentang pakaian dibandingkan laki-laki. Hmm…lagi tidur juga yang terpikir tetap shopping rupanya ya kaum ibu.

Studi lainnya menungkap mimpi laki-laki cenderung isinya tentang hal-hal yang agresif dan aktivitas fisik. Sementara itu, mimpi perempuan lebih banyak berisi percakapan dibandingkan aktivitas fisik. Jelas sudah bahwa laki-laki dan perempuan berbeda ya, Gaess!

4. Mimpi bisa dikontrol

Mimpi yang jernih adalah mimpi di mana kamu sadar bahwa kamu sedang bermimpi meskipun kamu masih tidur. Mimpi jernih dianggap sebagai kombinasi keadaan kesadaran dan tidur REM, di mana kamu sering dapat mengarahkan atau mengontrol konten mimpi.

Hampir separuh manusia dapat mengingat mengalami setidaknya satu contoh mimpi jernih, dan beberapa individu dapat memiliki mimpi jernih cukup sering. Jadi jangan kaget jika kamu bisa mengontrol mimpi kamu, Gaess.

5. Kamu lumpuh selama bermimpi

Saat tidur dan bermimpi, kamu dalam keadaan kelumpuhan otot-otot secara sukarela lho, Gaess. Fenomena ini dikenal sebagai REM atonia dan mencegah kamu mewujudkan impian saat kamu tertidur. Penyebabnya karena neuron motorik tidak terstimulasi, tubuh Anda tidak bergerak.

Dalam beberapa kasus, kondisi lumpuh itu bisa terbawa saat kamu sudah bangun selama 10 menit. Sebuah kondisi yang disebut dengan kelumpuhan saat tidur. Nah, walaupun jika kamu mengalaminya khawatir, ahli menyarankan kondisi itu sangat normal dan akan berlangsung hanya beberapa menit saja sebelum kontrol otot kamu kembali normal. (dari berbagai sumber)

  • 18
    Shares
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *