Keren Gengs, 1 Muharram bendera Palestina berkibar di Kalapanunggal Sukabumi, ini 5 infonya

Diikuti tujuh ikatan remaja masjid se-Kecamatan Kalapanunggal.

Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SWA. dari Kota Mekkah ke Madinah pada 622 Masehi.

Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriyah. Namun Tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah itu diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriyah.

Kalender Hijriyah secara resmi belum dimulai ketika zaman Rasulullah S.A.W. Kalender ini hanya dimulai pada zaman Khalifah Arrasyidin kedua yaitu Umar al-Faruq R.A. Ada beberapa saran dari para sahabat untuk penetapan tanggal bagi Madinah ketika itu, ada yang mengusulkan tahun Islam dimulai ketika kelahiran Nabi Muhammad SAW, ada yang mengusulkan awal tanggal Islam ditetapkan pada hari Rasulullah diangkat sebagai nabi dan rasul tetapi pandangan yang menyarankan awal tanggal Islam pada tanggal hijrah Nabi SAW.

Penetapan ini adalah untuk mengenangkan betapa pentingnya tanggal hijrah yang menjadi perubahan paradigma dalam sejarah agama Islam yang mana pertama kali dalam sejarah Islam seorang nabi dan rasul membentuk pemerintah dengan segala kesulitan dan berhasil membuat hubungan diplomatik dengan beberapa negara serta menyampaikan dakwah Islam secara global sehingga Islam tersebar ke merata dunia.

Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam, remaja masjid se-Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi menggelar berbagai acara. Berikut lima infonya, Gaess.

BACA JUGA:

Dari 47 kecamatan di Sukabumi, cuma satu yang tak mengirimkan TKI, ini 5 faktanya

Ada wisata 1000 Kolecer Gaess, ini 5 fakta Kecamatan Bojonggenteng Sukabumi

5 aksi remaja masjid se-Desa Kadununggal Kabupaten Sukabumi patut ditiru nih, Gaess

1. Diikuti tujuh ikatan remaja masjid

Ketujuh ikatan remaja masjid yang terlibat dalam kegiatan tersebut adalah, Ikatan Remaja Masjid Nurul Huda (Irmada), Remaja Masjid Almansuriyah, Remaja Masjid Panyindangan, Remaja Masjid Citatah, Remaja Masjid Kaum Manglad (semuanya Desa Kadununggal), Remaja Masjid Sukamantri Desa Kalapanunggal, dan Remaja Masjid Cirangkong Desa Makasari.

2. Pawai obor

Peringatan 1 Muharam dimeriahkan dengan pawai obor dengan titik kumpul di depan Masjid Jamie Nurul Huda Kadudampit, Desa Kadununggal. Adapun jalur yang dilalui adalah Kadudampit – Cirangkong Makasari – Kalapanunggal.

3. Hiburan dan akti sosial

Selain pawai obor, acara juga dimeriahkan dengan Qasidah Ria Irmada, dan bakti sosial seperti santunan yatim piatu, tabligh akbar dengan penceramah Ust H. Zain (Pimpinan Pondok Pesantren Dalur Ahkam) dan Ust Muhamad Azis dari Pondok Pesantren Almansuriyah. Acara juga menampilkan qori remaja Agus Mubarok dari Pondok Pesantren Darul Fallah Kadudampit dan Ust Sulaeman dari Masjid Nurul Huda.

4. Bendera Palestina dikibarkan

Bendera Palestina pun turut dikibarkan menghiasi acara peringatan 1 Muharam tersebut, diiringi lantunan shalawat oleh Remaja Masjid Almansuriyah dan Irmada.

5. Tema acara

Panitia acara peringatan Tahun Baru Isla 1 Muharam 1440 diketuai Muhamad Yunus Ketua Irmada, dengan tema Menata Generasi yang Istiqomah di Atas As Sunah.

  • 983
    Shares
Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *