Moms Sukabumi, begini proses transformasi Arya dari 192 kg jadi 90 kg

Arya pun bertekad untuk menurunkan berat badannya hingga di bawah 60 kg.

Masih ingat kan Moms Sukabumi dengan Arya Permana, seoang bocah berusia 13 tahun yang viral karena mengalami obesitas hingga 192 kilogram.

Tetapi siapa sangka, Gengs, kini ia terlihat lebih langsing, setelah dua tahun bocah asal Karawang, Jawa Barat tersebut berjuang menurunkan bobot tubuhnya.

Dari mulai menjalani operasi dan diet ketat, Arya sukses menurunkan berat badan hingga 102 kg. Publik pun dibuat penasaran dengan bagaimana cara bocah obesitas ini menurunkan berat badannya.

Simak kuy proses traformasi Arya dan tips dietnya.

1. Dukungan dan motivasi Ade Rai

Dari berat sebelumnya bobot tubuh Arya nyaris 200 kg, usaha kerasnya menurunkan berat badan hingga kini tinggal 90 kg tak lepas dari dukungan dan motivasi Ade Rai. Bahkan Ade Rai mengaku tak membayangkan kalau Arya Permana akan bisa seperti anak-anak seusianya.

2. Operasi penyempitan lambung

April 2017, Arya Permana berhasil menjalani operasi penyempitan lambung. Operasi ini dilakukan tim dokter Rumah Sakit Omni Alam Sutera, Tangerang.

Lantaran berat tubuhnya yang abnormal, pihak rumah sakit menyarankan Arya untuk melakukan operasi penyempitan rongga lambung hingga hanya tersisa 30% dari ukuran awal. Hal ini dilakukan supaya Arya mudah kenyang dengan makanan porsi normal atau sedikit.

Setelah menjalani perasi Bariatrik, berat badan Arya turun drastis. Sejak itu, nafsu makannya berkurang dan bahkan makan enam sendok saja sudah kenyang.

BACA JUGA:

Candu sosmed ancam gen YZ Sukabumi, 5 tips wujudkan diet sosmed resolusi 2019

Ini 5 cara aneh diet, milenial Sukabumi sudah tahu?

Sis, ini lho 5 makanan khas Sukabumi yang cocok buat diet

3. Mengubah pola makan

Pasca operasi, pola makan Arya dijaga ketat keluarganya. Mulai dari mengubah porsi yang biasa ia makan sampai mengganti jenis makanan yang biasa disantap. Biasanya, dalam sehari Arya sanggup menyantap tiga sampai empat porsi makan orang dewasa.

Tidak hanya itu, ia juga kerap mengkonsumsi tiga sampai empat bungkus mi instan setiap hari. Kini Arya makan dengan porsi normal. Untuk menjaga gizi dan nutrisi dalam tubuhnya, Arya juga mengkonsumsi susu protein sesuai arahan dokter.

4. Hindari makanan dan minuman manis

Bukan rahasia lagi jika konsumsi glukosa dan karbohidrat secara berlebihan mampu membuat berat badan naik dengan cepat.

Dalam menurunkan berat badan, Arya menerapkan diet ketat dengan konsumsi gula sesuai arahan dokter. Pasca operasi penyempitan lambung, Arya mulai mengurangi konsumsi minuman manis dan memperbanyak minum air putih.

Sebelumnya, Arya biasa mengkonsimsi 20 gelas minuman rasa buah instan dalam sehari. Kini, ia mengaku masih dalam pemantauan tim dokter yang mengharuskannya menjalani diet ketat dengan menghindari minuman manis dan mengonsumsi makanan sehat.

Arya pun bertekad untuk menurunkan berat badannya hingga di bawah 60 kg.

5. Rajin Olahraga

Selain menjaga pola makan, Arya juga menjalani olahraga secara rutin. Bahkan, Arya mendapat bantuan dari binaragawan Ade Rai. Melalui media sosial Instagram, Ade Rai kerap kali membagikan upaya diet sehat yang dilakukan oleh Arya Permana.

Postingan yang diunggah oleh Ade Rai pada 10 September 2018 ini contohnya. Pada video tersebut terlihat upaya Ade Rai ketika mendampingi Arya Permana berolahraga.

Binaragawan kelahiran Jakarta itu juga tampak mendampingi ketika Arya menyantap menu diet yang ia pilihkan. Berkat saran dari Ade Rai, Arya kini kerap tampak bermain bulu tangkis dan sepak bola bersama teman-temannya.

Wah keren yak, Gaess. (dari berbagai sumber)

  • 132
    Shares
Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *