Bangga, 5 buah khas Sukabumi ini digemari banyak orang lho

Bukan cuma destinasi wisata alamnya, Sukabumi juga dikenal sebagai sentra produk pertanian kualitas ekspor.

Gaess, tau gak sih? Komoditas ekspor dari Sukabumi cukup terkenal hingga ke luar kota dan luar negeri. Salah satu jenis komoditas ekspor yang terkenal adalah buah-buahan khas yang ditanam di kabupaten terluas kedua se-Jawa dan Bali ini.

Nah, Gaess, biar tambah yakin, berikut adalah lima jenis buah asli Sukabumi yang popoler di kalangan wisatawan hingga menjadi komoditas ekspor.

1. Manggis Sukabumi

Salah satu komoditas ekspor yang terkenal hingga ke mancanegara adalah buah Manggis. Buah ini biasa tumbuh subur di atas ketinggian 600 mdpl (meter diatas permukaan laut), karenanya sangat cocok ditanam di daerah Sukabumi yang memiliki ketinggian rata-rata 584 mdpl.

Salahsatu perusahaan pengekspor terbesar buah Manggis berada di Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Tidak hanya mengisi pangsa lokal, Manggis Sukabumi juga mampu menembus pasar ekspor Asia, terutama Tiongkok.

Tak mengherankan ya, Gaess, mengapa Manggis Sukabumi begitu digemari, mengingat Buah Manggis asal Sukabumi ini merupakan buah dengan kualitas nomor wahid di Indonesia. Nah, masalahnya nih, Gaess, meskipun kuota ekspor ke Tiongkok tidak terbatas, tetapi pemasok hanya mampu menghasilkan 10-15 ton per hari pada masa panen Raya. Jika musim biasa mereka hanya mampu 5 ton per hari.

2. Durian Cimanggu

Buah kedua asal Sukabumi yang mencoba menembus pangsa pasar luar negeri adalah Durian asal Desa Cimanggu, Kabupaten Sukabumi, atau Durian Ciamanggu yang memiliki rasa manis dan berdaging tebal. Durian Cimanggu ini sudah mulai populer di kalangan pecinta durian dan rasanya jelas mengalahkan durian impor seperti Montong dari Thailand.

Tak heran jika pengusaha mencoba memasok durian ini ke level internasional, sebab banyak negara yang warganya hobi memakan durian.

Di Desa Cimanggu sendiri, banyak warganya yang memilih menjadi petani durian. Bahkan, buah yang mempunyai aroma khas ini menjadi salah satu mata pencarian masyarakat.

Durian Cimanggu termasuk jenis buah dengan kualitas tinggi dan dijual mulai Rp50 ribu hingga Rp250 ribu per butir.

BACA JUGA:

Gaess, ini lho 5 penganan khas Sukabumi yang cocok buat oleh-oleh

Guru SD cabul beri reward ciuman di bibir, quo vadis dunia pendidikan di Kabupaten Sukabumi?

Satu hari di PT CDB Cidahu Sukabumi, ini 5 fakta kerja dipabrik garmen itu menyenangkan

3. Pisang Tanduk Sukabumi

https://www.instagram.com/explore/tags/pisangtanduksukabumi/

Bagi yang sering bepergian ke daerah sekitar Sukabumi, pisang tanduk tentu sudah tidak asing lagi. Ya, pisang tanduk merupakan salah satu buah asli Sukabumi yang populer di Indonesia bahkan hingga ke Malaysia.

Pisang Tanduk Sukabumi sangat istimewa karena bentuk fisik buahnya yang besar dan panjang serta melengkung seperti tanduk. Panjang Pisang Tanduk Sukabumi dengan grade super bisa mencapai 35 cm.

Dengan kelebihan tersebut, buahnya tidak sebanyak seperti pisang pada umumnya. Satu pohon pisang tanduk hanya bisa menghasilkan tiga sisir dengan rata-rata tiap sisir mencapai 10-12 buah.

Pisang Tanduk Sukabumi juga memiliki kulit yang tebal berwarna kuning kemerah-merahan dan berbintik coklat. Buahnya berwarna merah kekuningan dengan aroma yang khas dan rasa yang manis asam.

4. Mangga Ciwaru

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada akhir pekan ini, jangan lupa berburu buah mangga ya, Gaess.

Salah satu sentra buah Mangga Ciwaru berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. Disini kamu bisa menikmati manisnya mangga Ciwaru dengan harga murah, karena langsung diambil dari pohonnya.

Nah, buat kamu yang ingin memetik langsung mangga juga bisa, Gaess, karena pohon mangga di kawasan pesisir pantai ini tumbuh rindang tidak terlalu tinggi. Soal harga, kualitas terbaik Mangga Ciwaru ini cuma dijual kisaran Rp3 ribu hingga Rp5 ribu per kilogram.

Mengingat banyak wisatawan lokal dan asing yang datang ke wilayah tersebut, Mangga Ciwaru kini mulai diproses lebih baik. Dari mulai pemetikan, pengepakan, hingga pemasaran tidak lagi asal-asalan. Kini Mangga Ciwaru sudah dipasarkan ke sejumlah daerah di Indonesia, khususnya kota-kota di pulau Jawa, seperti Tasikmalaya, Bandung, Garut, Jakarta, Tanggerang, Bekasi dan Jakarta.

5. Durian Cikakak

https://www.instagram.com/explore/tags/duriancikakak/

Gaess, kamu pernah nyoba nyicipin Durian Medan? Jangan kamu pikir durian terenak itu cuma ada di Tanah Sumatera. Durian Cikakak itu satu level dengan durian Sumatera. Rasanya premium! Legit, nggak lembek, manis dan pahitnya pun pas buanget.

Beruntung banget jika kamu bisa kebagian menikmati Durian Cikakak saat musim panen tiba, mengingat buah ini kerap menjadi buruan para wisatawan. Namun, jika musim panen tiba, stok Durian Cikakak memang melimpah, sehingga kamu bisa bebas memilih ukuran sesuai selera.

Satu butir Durian Cikakak dibanderol mulai dari Rp50 ribu, tergantung besar atau kecilnya buah. (dari berbagai sumber)

Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *