Ini 5 menu ikan asin peda istimewa, layak menjadi favorit orang Sukabumi

Peda adalah hasil fermentasi dari ikan kembung! 

Jika ditanya adakah nama ikan peda, ya tentu saja tidak ada. Ikan asin peda adalah hasil olahan secara fermentasi bergaram. Ikan peda biasanya dibuat dan ikan kembung berjenis kelamin betina (rasterliger neglectus). Dikenal dua macam ikan peda, yaitu ikan peda merah atau peda siam dan ikan peda putih. Peda merah dibuat dari ikan kembung berkadar lemak tinggi dan tidak disiangi. Sementara ikan peda putih dibuat dan ikan kembung yang berkadar lemak rendah dan disiangi.

Peda adalah salah satu ikan asin favorit orang Sunda, termasuk orang Sukabumi. Rasanya nikmat makan ikan peda dipadu padan dengan sambal dan lalapan. Beuhhh…ngelay!

Nah, pecinta kuliner Sukabumi pasti pernah juga mendengar PKL yang menjadikan peda sebagai menu utamanya. Ya, nama tempatnya warung lesehan Mang Oni. Lokasinya di pertigaan Jalan Mukhtar Obing, di seberang Bank Mandiri jalan Sudirman, Kota Sukabumi.

Jika sore sampai malam, banyak gen Y Sukabumi yang mengantri untuk memesan tumis peda andalan Mang Oni. Tumis peda yang dicampur dengan pete dengan bumbu racikan, membuat ikan asin yang ini jadi digandrungi anak muda.

Nah, agar tidak terlalu tergantung dengan Mang Oni, ini lima olahan masakan berbahan ikan asin peda yang bisa kamu praktikkan di rumah!

BACA JUGA: Ini dia 5 musisi dan band nasional asal Sukabumi dari masa ke masa

[1] Peda gongso pete

Kalau gak suka pete ya lewat aja menu ini. Tapi buat pecinta pete, menu yang satu ini wajib dicoba. Bayangkan saja, pete yang empuk dan gurih dimasak bersama ikan peda yang maknyos. Tambahkan aneka bumbu dan cabai agar rasa dari peda gongso pete ini makin sulit untuk ditolak.

Jangan lupa makannya dengan sambal! Beuhhh…raos!

[2] Pindang peda bumbu pesmol

Nah, menu ini cocok buat kalian gen Y Sukabumi yang kurang suka rasa asin yang pekat. Kamu bisa mengolahnya menjadi pindang peda dengan bumbu pesmol. Pindang peda yang sudah digoreng terlebih dahulu lalu ditumis bersama racikan bumbu kuning.

Supaya lebih maknyos, kalian juga bisa menambahkan irisan cabe rawit hijau, tomat, dan daun kemangi sesaat sebelum kompor dimatikan.

BACA JUGA: Gen Y Sukabumi, cek kuy penampakan 5 handphone pertama merek terkenal

[3] Tumis ikan peda kemangi

Menu ini pada dasarnya sama dengan menunya Mang Oni. Walau terlihat sederhana, tapi jangan salah rasanya justru istimewa. Caranya cukup mudah, ikan peda ditumis bersama irisan bawang, cabe, dan daun kemangi.

Istimenya menu olahan ini ada di kemangi. Aksentuasi kemangi dalam tumis yang satu ini tak hanya bisa membuat membuat rasa ikan peda semakin nikmat, tapi juga menambahkan aroma ikan peda makin sedap.

BACA JUGA: Cewek Sukabumi wajib baca 5 hal ini biar cowokmu malas selingkuh

[4] Tim ikan peda

Ikan peda juga bisa diolah dengan cara kukus. Ya, kalian bisa mengolah ikan asin peda dengan cara di-tim. Agar rasa dari tim ikan peda ini tambah kaya, jangan lupa dengan tambahan bumbu dan rempah. Proses pengukusan bisa membuat bumbu lebih meresap ke dalam daging ikan peda, sehingga rasa ikan semakin gurih dan nikmat. Hmmm…!

[5] Pepes peda

Selain di-tim, sama seperti ikan lainnya, ikan peda juga bisa dipepes. Pepesnya pakai daun pisang. Aroma khas dari daun pisang serta bumbu iris dijamin membuat kalian ketagihan makan ikan peda. Selain rasanya yang enak dan gurih, pepes ikan peda ini juga lebih sehat karena menggunakan lebih sedikit minyak. Jadi tetap sehat, Gaess!

Well, sila mencoba, Gaess!

[dari berbagai sumber]

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *