5 fakta makanan mengejutkan, warga Sukabumi mungkin baru tahu

Pada abad ke-18, tomat pernah dianggap beracun.

Kamu adalah apa yang kamu makan. Demikianlah ungkapan yang kerap kita dengar di tengah masyarakat. Lalu, seberapa besar pengetahuan kalian tentang makanan yang biasa kalian makan? Well, apa yang kamu tidak tahu lah sebenarnya yang bisa membuat kamu terkejut.

Berikut lima fakta ilmiah yang mengejutkan tentang makanan.

1. Kentang dapat menyerap dan memantulkan sinyal Wi-fi

Ketika Boeing ingin menguji sinyal nirkabel dalam pesawat baru mereka pada tahun 2012, petugas menempatkan setumpuk besar kentang di kursi. Rupanya, karena kandungan air dan bahan kimia yang sangat tinggi, kentang dapat menyerap dan memantulkan sinyal radio dan nirkabel seperti manusia. Wow!

2. Suku kuno Aztec di Amerika menggunakan cokelat sebagai mata uang

Suku kuno Aztec di Benua Amerika sangat mencintai cokelat. Menurut Organisasi Cokelat Internasional, suku Aztecs pernah menggunakan biji kakao (bahan dasar cokelat) sebagai mata uang. Orang yang hidup di masa keemasan suku Aztec bisa menggunakan biji kakao untuk membayar pajak. Hmmm..menarik!

BACA JUGA:

Pelajar Sukabumi menari tradisional di Republik Ceko, ini 5 infonya

Bikin penasaran Gaess, ini 5 tempat wisata tersembunyi di Sukabumi

3. Madu tidak akan pernah basi

Yang abadi itu bukan hanya cinta kamu, Gaess..hehe. Madu adalah salah satu makanan di dunia yang tidak mengenal kadaluarsa atau basi. Asalkan, madu dijaga tingkat keasaman dan kelembaban alami nya. Tingkat keasaman dan kelembaban akan melindungi madu dari pembusukan atau kadaluarsa. Bakteri pun tidak bisa hidup dalam madu yang terjaga keasaman dan kelembabannya.

Ini menjadi alasan ilmiah mengapa arkeolog pernah menemukan satu kendi madu dari ribuan tahun lalu yang masih segar. Namun demikian, madu bukanlah satu-satunya yang abadi, makanan lainnya yang tidak akan basi jika dijaga dengan benar adalah garam, gula, dan beras.

4. Orang dulu menganggap tomat beracun

Warnanya yang merah menyala bisa jadi alasan mengapa orang pada abad ke-18 di Eropa sempat menganggap tomat beracun. Untuk alasan yang sama pula tomat disebut kala itu dengan sebutan “epal beracun.” Katanya, sempat ada orang yang sakit lalu meninggal setelah memakan tomat. Ternyata, mereka bukan sakit karena makan tomat tapi karena perlengkapan makan yang beracun.

Sekarang, sambal mentah tak sedap rasanya jika tak memakai tomat ya, Gaess!

5. Anggur akan meledak jika dimasukkan dalam microwave

Ini eksperimen ilmiah menyenangkan (dan membahayakan): jika kamu memotong anggur menjadi dua lalu memasukkannya dalam microwave, akan terjadi efek ledakan bola api plasma dan kilatan api.

Menurut para ilmuwan, microwave bekerja dengan radiasi untuk menghasilkan panas. Jika kamu memanaskan sepotong kecil anggur yang tidak menyerap daya secara cukup, gelombang elektromagnetik tak punya pekerjaan dan menjadi terkonsentrasi.

Lalu, anggur akan bertindak seperti sebuah antena dan menjadi penghantar listrik dalam microwave, akibatnya muncullah bola api plasma. Duarr…meledak! Hati-hati dengan microwave kalian ya, Gaess! (dari berbagai sumber)

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

4 thoughts on “5 fakta makanan mengejutkan, warga Sukabumi mungkin baru tahu

  • Avatar
    18 November 2018 at 20:47
    Permalink

    Baru sempet baca postingan ini hari ini, dan ternyata kontennya menarik banget.
    Kayaknya aku akan sering mampir di mari, semangat update terus kontennya ya
    min.

    Reply
    • Feryawi Heryadi
      23 November 2018 at 23:26
      Permalink

      terimakasih. kalau mau kontribusi tulisan silakan, Gan

      Reply
    • Feryawi Heryadi
      23 November 2018 at 23:25
      Permalink

      terimakasih. kalau mau kontribusi tulisan silakan, Gan

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *