#Infografis: Haram berperang, 5 istimewa 10 Muharram milenial Sukabumi mesti tahu

Tanggal 10 Muharram umat muslim disunnatkan berpuasa sehari sebelumnya.

Umat Islam sedunia telah memasuki tahun baru 1440 Hijriyah. Di kalender nasional tanggal 1 Muharram 1440 H jatuh pada hari ini 11 September 2018. Berbagai acara diselenggarakan menyambut tahun baru Islam. Umumnya di Sukabumi dilakukan pawai obor sambil mengagungkan nama Allah dan bershalawat teruntuk Nabi Muhammad SAW.

Datangnya tahun baru Hijriyah secara pribadi-pribadi juga dijadikan momen oleh umat Islam untuk bertafakur dan introspeksi diri agar di tahun depan menjadi umat yang lebih baik lagi. Berikut lima fakta bulan pertama di tahun Hijriyah, bulan Muharram, milenial Sukabumi mesti tahu!

BACA JUGA: Keren Gengs, 1 Muharram bendera Palestina berkibar di Kalapanunggal Sukabumi, ini 5 infonya

Muharam adalah bulan pertama dalam penanggalan Hijriyah. Muharram berasal dari kata yang artinya diharamkan atau dipantang, yaitu dilarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah. Tanggal 1 Muharram adalah Tahun Baru agama Islam.

Selain itu, bulan Muharram termasuk satu diantara 4 bulan yang dimuliakan Allah SWT selain bulan Rajab, Dzul-Qa’dah dan Dzul-Hijjah.

 

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *