Kursi listrik diciptakan dokter gigi, ini 5 fakta teknologi unik buat gen Y Sukabumi

Penemuan di bidang teknologi kerap kali berawal dari sesuatu yang tak disengaja. 

Tahu gak, Gaess, ada banyak fakta di dunia ini yang ditemukan gara-gara tak sengaja. Di bidang mesin dan teknologi, beberapa di antaranya banyak yang ditemukan karena faktor ketidak-sengajaan. Untungnya, dari ketidak-sengajaan itu lalu lahir temuan yang bermanfaat bagi semua orang.

Nah, kamu ingin  tahu apa saja temuan yang lahir karena ketidak-sengajaan?  Ini dia 5 contohnya!

1. Microwave, tabung radar dan sebatang cokelat

Ini lucu dan sekaligus indpiratif, rupanya penciptaan microwave berhubungan dengan tabung radar dan sebatang cokelat. Kabarnya, ide untuk mencip0takan microwave bermula dari seorang peneliti yang berjalan membawa tabung radar dan gara-gara itu, batang cokelat di sakunya meleleh. Hmmm…!

2. Penyebab rusaknya mesin fotokopi

Mesin fotokopi, terutama yang kantor-kantor, rusak karena berbagai hal. Ada yang karena sudah lama, karena terlalu banyak digunakan, atau karena jarang digunakan, dan mungkin juga rusak secara fisik karena sebab tertimpa benda lain.

Sebab-sebab itu sih wajar saja, yang tidak wajar adalah fakta yang mengungkap bahwa 23 % dari mesin fotokopi di seluruh dunia rusak gara-gara diduduki oleh orang yang ingin memfotokopi pantat mereka. Haha….kacau!

BACA JUGA:

Tol Bocimi beroperasi akhir Oktober, ini 5 info netizen Sukabumi mesti tahu

Kini kamu gak bisa keluar masuk grup WA, ini 5 infonya buat gen Y Sukabumi

Sesar Palu Koro picu tsunami, Sukabumi waspadai Sesar Cimandiri, ini 5 faktanya

3. Kursi listrik diciptakan seorang dokter gigi

Seorang dokter, spesialis apapun, mempunyai tugas mulia yaitu mengobati manusia dari rasa sakit. Oleh karena itu, teknologi apapun yang diciptakan dalam bidang kedokteran pastinya ditujukan demi kesehatan dan pada akhirnya menyelamatkan nyawa manusia.

Menjadi ironis kemudian jika ternyata kursi listrik yang dipakai untuk mengeksekusi mati seorang terpidanan mati, ternyata diciptakan oleh seorang dokter gigi. Rupanya awalnya sang dokter gigi tidak bermaksud mencipatkan kursi listrik untuk mengambil nyawa, namun  kemudian dipakai oleh aparat negara untuk keperluan eksekusi mati.

4. Mesin faks lebih tua dari telepon

Dewasa ini mesin faks pasti gabung dengan telepon. Pasti banyak yang mengira telepon lebih dulu diciptakan dibandingkan mesin faks. Kesimpulan itu rupanya salah ya, Gaess. Faktanya, mesin faks bahkan sudah dipatenkan pad atahun 1843. Itu artinya 33 tahun sebelum Alexander Graham Bell mendemontrasikan cara kerja telepon.

5. Negara terakhir tanpa telepon dan fakta unik penggunaan telepon

Di nomor lima, masih tentang telepon, jika ditanya negara mana di dunia ini yang terakhir kali ada telepon, makanya jawabannya adalah Bhutan. Rupanya, di negara kerajaan yang terletak di Asia Selatan ini baru ada telepon pada tahun 1980. Widih…!

Satu fakta unik lain soal penggunaan telepon adalah ternyata lebih dari 50 % orang di dunia tak pernah membuat panggilan telepon atau pun menerima telepon dari siapa pun. Wowww…! (dari berbagai sumber)

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *