#Infografis: Didukung Bupati Sukabumi, persentase suara Jokowi malah jeblok

Persentase suara Jokowi di Kabupaten Sukabumi turun sekira 3,6 persen.

Selain menang telak di Kota Sukabumi, hasil rekapitulasi suara Pemilu Presiden 2019, pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno juga menang telak di Kabupaten Sukabumi.

Pasangan yang diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat itu, berhasil meraih suara 1.012.116 atau 71,64 persen. Sementara Jokowi – Ma’ruf Amin, hanya mendapat 28.35 persen atau 400.644 suara. Untuk suara tidak sah, terbilang sangat kecil, yakni 0.01 persen.

BACA JUGA: #Infografis: Perbandingan hasil Pilpres 2014 dan 2019 di Kota Sukabumi

Sebagai perbandingan, pada Pemilu Presiden 2014, pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Kabupaten Sukabumi menang telak dengan memperoleh 829.802 suara atau 68 persen, sedangkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla memperoleh 392.927 suara atau sekira 32 persen.

Dibandingkan Pemilu Presiden 2014, pada Pemilu 2019 ini pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin didukung dan dikampanyekan langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami. Namun, dukungan bupati tidak mampu mengangkat persentase suara Jokowi di Sukabumi.

Jika pada 2014 Jokowi-JK meraih 32 persen, pada 2019 ini persentase suara Jokowi malah jeblok ke 28.35 persen. Walaupun dari sisi jumlam pemilih kedua pasangan sama-sama mengalami kanaikan, seiring kanaikan jumlah pemilih, namun persentase kedua pasangan Capres Cawapres berbanding terbalik.

Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *