Gengs, ini lho 5 kuliner legendaris Kota Sukabumi

Ada istilah, “orang Sukabumi, jauh-jauh ke Singapura cuma beli sekoteng.”

Liburan akhir pekan di Sukabumi, jangan kamu lewatkan untuk menjajal kuliner khasnya. Bukan hanya mochi yang selama ini dikenal, sebagai oleh-oleh khasnya. Tapi, coba cicipi lima kuliner legendarisnya.

Cek kuy biar gak penasaran.

[1] Sekoteng Singapore

Ada pribahasa, “orang Sukabumi, jauh-jauh ke Singapura cuma beli sekoteng.” Nah, yang dimaksud adalah Sekoteng Singapore, berada di Jalan Jenderal Achmad Yani.

Dijual di pelataran trotoar jalan sepanjang kawasan tersebut. Pelanggannya diberi bangku dan harus duduk di area trotoar jalan.

[2] Mie Kocok Mang Ece

Biasanya, mie kocok kerap dikaitkan dengan kota Bandung. Tapi Mie Kocok Mang Ece berasal dari Sukabumi. Pembuat dan penjajanya adalah Mang Ece, yang kini usianya lebih dari 58 tahun. Ada berbagai pilihan rasa, yaitu daging sapi tanpa lemak, urat, babat dan paru kering.

Penasaran? Datang saja ke jalan Pejagalan atau jalan Lettu Bakrie tak jauh dari LP Nyomplong, Kota Sukabumi.

BACA JUGA:

Bakso Mewek Cibadak, mewek di jalan tapi dijamin bikin milenial Sukabumi ketagihan

Main ke Kota Sukabumi? Jangan lupa menikmat lezat Geco Bu Yayat Samsat

Kukis keren bingits! Emak-emak XYZ Sukabumi hobi masak dan nyari duit ngumpul di sini

Keju buatan Indonesia berkualitas dunia, nomor 5 dari Sukabumi lho Gaess

[3] Bandros Atta

Nah, bandros ini benar-benar menjadi kuliner legendaris di Sukabumi. Yakni sudah berdiri sejak 1973. Ada beberapa jenis rasa yang ditawarkan, mulai dari original, coklat dan keju. Menyantap bandros Mang Atta akan lebih nikmat jika ditemani bandrek atau bajigur.

Namun, cobalah bersabar saat mendapatkan makanan khas Sukabumi ini, karena kalian harus antre panjang. Lokasinya berada di Jalan Gudang, Kebonjati, Cikole, Kota Sukabumi.

[4] Sate Aci

Dari namanya kamu tentu sudah dapat menebak kalau makanan khas yang satu ini terpuat dari aci atau tepung kanji. Tepung kanji sebelumnya diolah menggunakan kompor dengan aci kecil, kemudian dicampurkan dengan berbagai penyedap rasa.

Aduk perlahan, dan jangan sampai menggumpal. Setelah adonan mendidih,
kamu dapat menuangkannya ke cetakan yang ditusuk dengan lidi. Tunggu hingga dingin, lalu angkat. Kamu dapat menyajikan sate ini seperti sate ayam, yakni disiram dengan bumbu kacang.

Karena cara yang cukup mudah membuat sate aci ini, kamu pun dapat mencobanya di rumah dengan berbekal resep khas kuliner asli Sukabumi.

[5] Bubur Bunut

Warisan kuliner yang satu ini harus kamu coba nikmatnya. Udara daerah Sukabumi yang cukup dingin membuat bubur BuNut ini menjadi salah satu menu yang cocok untuk dinikmati. Kamu bisa mendapatkan makanan ini mulai dari jam 6 pagi, dan segera dapatkan kalau tidak mau kehabisan.

Kamu dapat mencari menu ini di daetah Siliwangi. Rumah makan yang menyediakan menu bubur Bu Nut ini memiliki konsep yang unik karena memadukan unsur modern dan tradisional. Selain itu terdapat ruangan indoor ataupun outdoor yang bisa dijadikan pilihan yang asyik untuk menikmati bubur BuNut khas kota Sukabumi.

Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *