Main ke Kota Sukabumi? Jangan lupa menikmat lezat Geco Bu Yayat Samsat

Di Tatar Pasundan, taoge tak hanya menjadi pelengkap masakan, banyak di antaranya menjadi pemain utama pada menu tertentu.

Benar begitu, Gaess, di Tatar Pasundan, taoge memang tak hanya menjadi pelengkap. Banyak menu menjadikannya sebagai pemain utama. Nah, di Sukabumi, ada kuliner khas bernama geco, atau singkatan dari taoge dan tauco.

Sukabumi sendiri adalah merupakan kota yang menyediakan banyak sekali kuliner khas khas daerahnya, Selain mochi makanan khas Sukabumi lainnya adalah Geco, atau kalau di Jakarta atau di Bogor, dikenal dengan sebutan Toge Goreng.

Namun, di Sukabumi dan Cianjur, nama masakan tradisional Sunda ini dikenal dengan nama geco alias taoge dan tauco.

So, Sukabumi tak melulu identik dengan kue mochi dong. Berikut lima infonya buat kamu, Gaess.

1. Banyak pilihan kedai geco

Di Kota Sukabumi, ada banyak pilihan kedai geco ini, Gengs, seperti di Jl. Jend. Sudirman yang berhadapan dengan Rumah Sakit As-Syifa. Atau bergeser ke atas, Jl. Suryakencana, ada kedai geco yang dikenal dengan Geco BP. Disingkat BP, karena dekat dengan Balai Pengobatan. Malah, dulu dikenal pula Bandrek BP, Bubur Ayam BP, dan lain sebagainya.

Nah, selain kedua kedai geco tersebut, ada satu lagi yang cukup terkenal, yakni Geco bu Yayat.

2. Geco bu Yayat

Geco yang satu ini bernama Geco Samsat Ibu Yayat. Kenapa sih dikasih nama begitu? Soalnya tempat jualannya itu berada didekat Samsat Kota Sukabumi, dan nama si penjual adalah Ibu Yayat.

3. Jam buka Geco bu Yayat

Geco Samsat Ibu Yayat tempatnya cukup sederhana, tetapi kalau kamu udah nyobain, dijamin bakal mengakui jika rasa geconya membahana.

Geco Samsat ini mulai buka dari sekira jam 08.00 WIB sampai 13.00 WIB. Tapi kadang juga kalau pas lagi ramai, jam 12.00 WIB pun dagangan sudah habis, dan pembeli yang belum kebagian akan gigit jari.

BACA JUGA:

Gengs, lezatnya Tutut Mang Ohim di Cisaat Sukabumi gak usah diperdebatkan lagi

Jangan ngaku pernah ke Cibadak Sukabumi kalau belum cicipi Ayam Geprek Bah Dadan

#Interview owner Bakso Mewek Sukabumi: Dari gagal kuliah, hingga jadi pemurung beruntung

4. Rasa Geco bu Yayat

Selain harga yang terjangkau, pun rasanya bisa mengoyang lidah, Gengs. Porsinya pas, tidak banyak dan tentunya tidak sedikit.

Ciri khas dari makanan ini adalah lumuran tauco yang merupakan bumbu makanan khas. Bumbu geco sendiri terbuat dari biji kedelai yang direbus, dihaluskan, kemudian diaduk dengan tepung terigu, dan dibiarkan hingga tumbuh jamur fermentasi.

Setelah dimasak, geco dihidangkan dengan campuran satu ketupat dipotong menjadi beberapa bagian, irisan tahu, taoge, kerupuk, dan kemudian dilumuri bumbu tauco yang sudah memiliki racikan sendiri.

Selain lezat, rasa Geco bu Yayat ini terasa berbeda dengan geco lain di luar wilayah Sukabumi, hal ini dikarenakan bumbu tauco dan rempahnya yang memang memiliki perbedaannya, karena bumbu bumbu inilah rahasia masakan dari geco itu sendiri. rasa asem campur manis, Geco bu Yayat ini di sukai masyarakat.

5. Alamat dan petunjuk arah Google Maps

Geco Samsat bu Yayat berada di Jalan Kaum Kidul, Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.

Untuk menemukan lokasi kedai Gecobu Yayat yang cukup legendaris ini, kamu perlu blusukan ke belakang Mesjid Agung, arah Kantor Samsat. Nah, kedai geco yang sudah terkenal paling enak se-Kota Mochi ini terletak di depan Kantor Samsat Kota Sukabumi ya, Gengs (atau klik disini).

  • 36
    Shares
Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *