Ini 5 Petilasan Penyebar Islam di Surade Sukabumi yang Dikeramatkan


Feryawi Heryadi

Writed by: Feryawi Heryadi
Editor by: Feryawi
19 Mei 2018 | 0:53 WIB


Salah satunya sudah hilang sebab abrasi pantai.

Gaess, kalian tahu nggak, kalau di balik nama suatu daerah selalu terselip sejarah orang-orang yang berjasa membuka pemukiman tersebut untuk pertama kali? Atau dalam kebudayaan kita, mereka ini disebut Leluhur atau dalam bahasa Sunda disebut Karuhun.

Seperti di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi nih, Gaes, di sini banyak tempat dikeramatkan warga. Tapi jangan salah, Gaess, tempat-tempat tersebut dikeramatkan bukan untuk dijadikan tempat pemujaan.

Setidaknya begitu dituturkan A. Sholeh (34) tokoh spiritual warga Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, tempat-tempat tersebut dikeramatkan sebagai bentuk rasa hormat masyarakat atas jasa-jasa yang pernah Leluhur berikan, Jumat (18/05).

Berikut lima tempat keramat di Kecamatan Surade:

BACA JUGA: Hobi nge-Game? Nah Lho, Ini 5 Hukum Menurut PCNU Kota Sukabumi

1. Makam Eyang Santri Dalem

Eyang Santri Dalem atau dikenal juga dengan nama Raden Arya Sawidak bersama pasukannya yang berjumlah 60 orang (sawidak) dipercaya warga setempat sebagai orang pertama kali membuka daerah yang sekarang dikenal sebagai Kecamatan Surade.

Makam Eyang Santri Dalem berada di Kampung Cigangsa, Desa Kadaleman. Eyang Santri Dalem ini dikenal juga dengan nama Dalem Cigangsa.

2. Batu Masigit

Batu Masigit, disebut juga Batu Suhunan, merupakan tempat di mana Eyang Santri Dalem sering melaksanakan shalat. Letak Batu Masigit berada di bagian tiga dari tiga lantai Curug Luhur Sungai Cigangsa, Kelurahan Surade. Di depan Batu Masigit terdapat genangan air yang dinamai sebagai Leuwi Masigit.

BACA JUGA: 5 Fakta Bocah Kota Sukabumi Tak Tertangani Medis, Nomor Satu Bikin Sedih

3. Kutamara

Di tempat ini terdapat patilasan Eyang Tunggak atau Bah Jambrong. Sayang, petilasannya sudah tidak bisa ditemukan akibat abrasi pantai, hanya beberapa warga saja yang mengetahui letak persisnya.

Eyang Tunggak dikenal sebagai orang yang membuka Kutamara atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Pantai Minajaya.

4. Karang Bolong

Berada di perbatasan Kecamatan Cibitung dan Kecamatan Surade. Di tempat ini ada sebuah makam yang diyakini sebagai tempat bersemayam Eyang Partadilangga, salah seorang tokoh yang turut berjasa menyebarkan agama Islam di wilayah Surade.

5. Cikaramat

Meski berada di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, namun sejarahnya tidak bisa dipisahkan dari Surade. Di tempat ini terdapat tujuh mata air peninggalan Ki Buyut Munding Laya seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di kawasan ini. Ki Buyut Munding Laya dikenal juga dengan nama Kiyai Gendit Birayung.

  • 45
    Shares
Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *