Sis, ini lho 5 makanan khas Sukabumi yang cocok buat diet

Diet itu gak berarti berhenti mengkonsumsi makanan enak ya, Sis!

Buat kalian orang Sukabumi dan yang lidahnya udah biasa sama makanan Sunda, diet gak harus berhenti makan makanan enak lho. Ada banyak makanan enak dan sehat yang bisa dimakan, tanpa harus takut nambah berat badan atawa mengganggu program diet.

Coba nih ya simak ulasan lima masakan khas Sunda yang berbahan utama sayur dan cocok buat yang lagi diet. Sayur biasanya bikin boring terus rasanya gak enak. Oh tidak, lima masakan ini enak beut, Gaess.

BACA JUGA: Gen Y Sukabumi setop bicara Piala Dunia, ini 5 fakta cewek Rusia layak dijadikan istri

1. Lotek

Lotek sepintas mirip pecel. Ya memang sama-sama menggunakan saus kacang dan juga aneka sayur yang direbus. Sayuran yang biasa hadir dalam lotek biasanya bayam, wortel, kubus, kecambah, dan tomat. Ditambah tahu sama saus kacang, yummy deh. Nyari lotek di Sukabumi gampoang banget Gaess. Jadi jangan bingung kalau nyari menu buat diet.

2. Karedok

Sama-sama pake saus kacang, bedanya karedok sayurannya mentah. Makanya pas banget buat sekalian diet. Jenis sayuran yang biasa dipakai antara lain mentimun, tauge, kol, kacang panjang, terong, dan kadang juga ada leunca. Cara mengolah karedok sangat. Selain sehat dan cocok buat diet, rasa karedok juga khas karena di antaranya menggunakan kencur.

BACA JUGA: Gen Y Sukabumi, ini 5 model tas keren buat sekolah dan kuliah

3. Pepes jamur

Pepes jamur termasuk menu yang terbilang primadona bagi orang Sunda. Jamur yang biasanya dipakai adalah jamur tiram. Dilengkapi dengan bumbu iris bawang merah, cabai rawit, tomat, daun bawang, kaldu bubuk, dan minyak sayur, lalu dipepes sampai matang. Menu jamur pepes ini juga banyak terdapat di rumah makan Sunda. Selain mengeyangkan, menu ini sehat dan cocok buat diet.

4. Sayur kacang merah

Siapa yang gak tahu sayur kacang merah. Di daftar aneka masakan Sunda, tidak sulit untuk menemukan sayuran ini. Bahan utamanya kacang merah dengan kuah yang segar. Nah, tinggal deh kamu padukan dengan sambal, wah rasanya enak banget pokoknya. Mudah untuk menemukan aneka makanan khas Sunda rumahan seperti ini di berbagai warung dan rumah makan sederhana.

BACA JUGA: Sis ini lho 5 model rambut pendek cewek buat gen Y Sukabumi

5. Sayur asam

Kata orang, yang bikin orang ketagihan makanan tradisional khas Sunda ini adalah sensasi kuah sayur yang menyegarkan. Isian sayur asem khas Sunda biasanya ada labu siam, nangka muda, pepaya muda, terong, kacang panjang, daun melinjo, jagung manis, dan kacang tanah. Disantap saat makan siang dengan nasi hangat dan sambal serta kerupuk, sangat mengenyangkan dan bernutrisi.

Nah itu dia Gaess menu-menu yang cocok buat diet. Tapi ingat ya Gaess, diet berarti ya tidak makan berlebihan! Dan kalau ingin kurus dan sehat ya harus disertai olahraga. Intinya adalah pola makan yang harus dirubah agar menjadi kebiasan yang lebih sehat! (dari berbagai sumber)

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *