Gen Z Sukabumi imejnya mager tapi lebih suka olahraga ketimbang gen Y, ini 5 faktanya

Gen Z lebih suka futsal, gen Y lebih suka fitnes.

Gengs Sukabumi, kalian termasuk gen Y-kah atau gen Y? Atau mungkin kalian gen X dan mungkin juga tidak termasuk di tiga generasi itu. Nah, rupanya nih ya, setiap generasi (X, Y, maupun Z) punya ciri khas gaya hidup yang berbeda, termasuk kegemaran berolahraga.

Berikut adalah 5 persamaan dan perbedaan kegemaran olahraga gen Y dan gen Z, hasil survei  Alvara Research Center, sebuah lembaga survei yang berbasis di Jakarta! Survei dilakukan bulan Juli 2018 lalu.

1. Apa itu gen X, Y, dan Z?

Generasi Z sederhananya adalah mereka-mereka yang lahir pada rentang waktu di mana perkembangan teknologi internet udah masif. Kelompok yang masuk generasi Z lahir pada periode peralihan abad ke-20 ke abad ke-21, kira-kira sekitar 1995 sampai 2000-an. Generasi ini tidak menyaksikan secara langsung era pemerintahan Orde Baru zaman Soeharto.

Lalu ada generasi Y atau yang lebih dikenal juga dengan generasi milenial yang lahir pada rentang antara awal 1980-an sampai pertengahan 1990-an. Generasi Z disebut sebagai generasi yang sejak kecil sudah kenal dengan teknologi canggih.

Terakhir ada generasi X, yaitu generasi yang dilahirkan pada rentang tahun 1965-1981. Generasi ini adalah ayah atau ibu dari generasi Z. Secara karakter generasi ini masih mengikuti perkembangan teknologi kekinian, walaupun hanya sepintas lalu.

2. Kegeraman berolahraga gen internet vs generasi analog

Jika membandingkan antara generasi Z dan generasi Y, maka bisa dikatakan memperbandingan generasi internet dan digital (gen Z) dengan generasi analog (gen Y/milenial). Juli lalu sebuah lembaga riset Alvara Research Center (ARC) melakukan riset perihal kegemaran kedua generasi dalam hal olahraga. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden dan memunculkan hasil yang cukup menarik.

BACA JUGA:

66,4% gen millenial Muslim jarang ke masjid, nomor 5 keren! Bagaimana di Sukabumi?

Gen alfa anak generasi millenial, lahir 2,5 juta per minggu, 5 fakta netizen Sukabumi mesti ngeh

Orang tua di Sukabumi wajib tahu, ini dia 5 karakter Gen Z atau iGeneration

3. Gen Z walau mager tapi lebih suka olahraga ketimbang gen Y

Dari riset yang dilakukan ARC terungkap bahwa, walaupun gen Z dikenal dengan stereotipe mager alias males gerak dan kecanduan gadget , ternyata lebih suka olahraga ketimbang generasi milenial. Hal ini terbilang cukup unik, karena rata-rata Generasi Z mengenal dengan baik teknologi internet ketimbang generasi-generasi sebelumnya.

Generasi milenial kecenderungan melakukan olahraga 72,9%, sedangkan generasi Z mencapai 81,7%.

4. Futsal dan sepakbola olahraga favorit

Survei juga menyasar olahraga yang paling favorit dilakukan oleh gen Y danZ. Dari 1.200 responden yang disurvei, terungkap olahraga yang paling digemari adalah futsal atau sepak bola. Hal ini bisa dimaklumi karena sepak bola atau futsal memang merupakan olahraga paling populer di dunia.

Lebih daripada itu, generasi Z dan generasi Milenial bisa bertemu langsung di lapangan ketika melakukan olahraga ini. Di banyak kesempatan, komunikasi antar generasi ini biasanya bisa terjalin akrab ketika membicarakan olahraga sepak bola. Baik soal permainan yang sedang dilakukan maupun menonton pertandingannya di layar kaca.

Beda dengan misal kalau topik yang dibicarakan soal politik, agama, atau mungkin soal mantan. Bakal ada jarak yang kelewat besar ketimbang topik sepak bola atau futsal.

5. Gen Z suka olahraga tim, gen Y lebih suka olahraga individual

Di cabang olahraga lain, generasi Z dan generasi milenial cukup berimbang. Mereka sama-sama menyukai bulutangkis, lari, dan bersepeda. Hanya saja generasi Z cenderung lebih menyukai olahraga tim ketimbang generasi milenial. Olahraga permainan merupakan olahraga yang dilakukan bersama tim, seperti basket, futsal atau sepakbola.

Sedangkan generasi milenial cenderung lebih suka olahraga individual seperti fitnes, lari, jalan santai, dan renang. Hal ini kemungkinan disebabkan usia generasi Y kebanyakan berada di kisaran 30 tahun ke atas. Kebanyakan mereka sudah sibuk dengan pekerjaan atau keluarga baru, sehingga tidak punya cukup waktu untuk berolahraga sekaligus bermain.

Ini jelas berbeda dengan motif Generasi Z yang memandang olahraga sekaligus sebagai aktivitas bermain. Wajar jika kemudian olahraga tim lebih digemari karena niat awalnya ya memang untuk berkumpul dengan teman-teman.

Nah, kalian ermasuk gen apa, Gengs? Cocok gak sama hasil survei di atas? (dari berbagai sumber) 

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *