Sis, Ini 5 Cara Diskoperindag Kota Sukabumi Stabilkan Harga Jelang Ramadhan


Glyn

Writed by: Glyn
Editor by: Feryawi
11 Mei 2018 | 14:30 WIB


Memastikan harga tidak naik melejit.

Setiap menjelang bulan Ramadhan, biasanya sembako mengalami kenaikan harga sejalan dengan kebutuhan konsumen yang meningkat.

Hal ini, menurut Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Sukabumi Ayep Supriatna, perlu adanya pengawasan agar harga tidak melejit dan tetap stabil.

Ini dia lima trik Kadiskoperindag agar harga tetap stabil menjelang bulan puasa, disampaikan kepada sukabumiXYZ.com.

1. Pendataan Setiap Hari
Untuk pengecekan harga maka akan dilakukan pendataan setiap hari agar mudah terpantau dan harga tetap stabil.

2. Bekerjasama dengan Bulog
Untuk sembako disediakan oleh Bulog (Badan Urusan Logistik) untuk melaksanakan operasi pasar murah (OPM) agar menekan harga tetap stabil.

BACA JUGA: Warga Sukabumi, Bulan Puasa Sebentar Lagi, Lakukan 5 Hal Ini Kuy

3. Melakukan Pengawasan
Sebenarnya untuk pengawasan tidak lagi berada di daerah namun sudah masuk ke provinsi. Untuk daerah hanya memastikan agar tetap tertib dan juga hanya monitoring agar tidak terjadi penimbunan.

4. Pembentukan Tim Khusus
Tim khusus di bawah kendali pemerintah provinsi, namun untuk sumber daya manusia (SDM) tetap dari daerah. “Jadi kami selalu aktif berkoordinasi dengan Provinsi Jawa Barat,” aku Ayep.

5. Sidak Lapangan
Melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk pengecekan harga dan menangkap oknum nakal yang bermain untuk meraup keuntungan di momen bulan puasa nanti.

  • 4
    Shares
Glyn

Glyn

Glyn lahir di Cicurug, 19 Agustus 1984. Ia tinggal di Cicurug, Kabupaten Sukabumi, seorang ibu muda yang gaul, hobi menulis dan bikin cerpen. Glyn juga menjadi pendidik di kota tempat tinggalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *