Di Sukabumi takjilnya kolak, Sis ini lho 5 takjil yummy di dunia

Jadi pengen mengunjungi negara-negara Muslim lainnya ya, Gaess.

Puasa Ramadhan identik dengan takjil. Apa sih takjil? Kalau dari bahasanya, takjil berarti “bersegera.” Jadi, maksudnya bersegera membatalkan puasa dengan makanan pembuka.

Orang sih ngeh-nya takjil ya makanan pembuka saat berbuka berpuasa. Nah, takjil yang paling terkenal di Indonesia, termasuk Sukabumi ya Sis, ya kolak.

Bagaimana dengan takjil di negara lain, ya? Berikut lima takjil paling menggiurkan di dunia!

1. Gullac dari Turki

Salah satu negara paling banyak populasi Muslimnya di Eropa ya Turki. Sekira 98% populasi penduduk Turki adalah muslim. Itulah mengapa nuansa Ramadhan sangat terasa sekali di Turki. Soal takjil, Turki punya makanan yang paling digemari bernama gullac. Gullac adalah puding dengan bahan tepung maizena, tepung terigu, dan air sari mawar yang diberi kacang pistaschio. Bentuknya lembaran-lembaran tipis ber-layer  dengan dominasi warna putih dan merah yang terlihat sangat cantik.

BACA JUGA: Horor, Gengs, Januari-Mei 2018, setiap bulan ada kasus gantung diri di Kabupaten Sukabumi

2. Kaak dari Tunisia

Ke benua Afrika, Kaak merupakan jenis roti yang sangat digemari sebagai takjil saat bulan Ramadhan di Tunisia. Roti ini tergolong sangat unik karena saat dipanggang teksturnya sangat keras, tapi saat sudah dingin teksturnya jadi lebih lembut. Bahan utama kaak adalah tepung, gula, mahleb, telur, mentega, baking powder, dan pastinya biji wijen agar aromanya tambah wangi. Kaak banyak dijual oleh pedagang kaki lima.

3. Fruit Chaat dari Pakistan

Pakistan mempunyai takjil unik bernama fruit chaat. Jenis makanan ini adalah salad buah yang terdiri dari pepaya, pisang, jeruk, delima merah, anggur, nanas, apel, kentang atau ubi rebus yang kemudian diaduk denga perasan lemon, chaat masala, jinten, bubuk cabe, dan garam hitam. Cita rasanya tentu saja berpadu antara manis, asam, dan sedikit pedas. Takjil yang satu ini sering dijuluki sebagai salad buah khas Pakistan.

BACA JUGA: Kocak, ragam modus tipu via SMS dialami warga Sukabumi, nomor 5 jangan baper!

4. Lahm Lhalou dari Aljazair

Lham lhalou alias daging manis adalah takjil unik dari Aljazair. Dinamakan daging manis karena kuliner ini terbuat dari daging domba yang dimasak dengan aneka buah-buahan kering seperti kurma, kismis, plum, dan jeruk. Tak sampai di situ, masih juga ditambahi dengan rempah-rempah seperti kayumanis, cengkeh, dan jahe. Lham lhalou disajikan dengan taburan kacang-kacangan sangrai sehingga teksturnya jadi lebih bervariasi.

5. Kheer dari India

Negara tetangga Pakistan, India memang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Namun Islam juga dominan di beberapa provinsi tertentu. Perkenalkan kheer, takjil populer muslim India. Kheer merupakan bubur nasi asal India yang bercita rasa manis. Kheer terbuat dari beras basmati, susu, gula, kapulaga, saffron, keju, almond, kacang mete, kismis, serta aneka buah-buahan kering lainnya seperti delima dan anggur. Kheer bisa dengan mudah ditemukan di pinggir jalan dijual oleh para pedagang kaki lima.

So, kamu berbuka pake takjil apa hari ini? (dari berbagai sumber)

  • 3
    Shares
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *