5 obyek wisata alam di utara Kabupaten Sukabumi yang memesona

Utara Sukabumi tidak hanya dikenal karen macetnya, Gaess.

Bentang daerah Kabupaten Sukabumi yang merupakan kabupaten terluas kedua se-Jawa dan Bali setelah Banyuwangi, menawarkan beragam panorama pegunungan dan pantai indah, menjadikan tempat ini destinasi liburan akhir pekan favorit sebagian warga ibukota.

Sukabumi lebih dari sekadar Pantai Pelabuhanratu, Gaess. Kalau kamu ing

in mencari rekomendasi tempat-tempat mantap di Sukabumi selain Pelabuhanratu, sukabumiXYZ.com merekomendasikan lima obyek wisata keren di utara Kabupaten Sukabumi buat kamu, Gengs.

Dijamin, kemacetan lalu lintas di utara Kabupaten Sukabumi akan terobati jika kamu bermaksud mengunjungi lima tempat keren dan memesona ini.

[1] Danau Bacan

Danau ini terbentuk dari lubang bekas galian tambang yang kemudian terisi oleh air hujan. Batuan hijau yang membentuk dasar danau, menjadikan air danau tampak berwarna kehijauan. Meskipun ukurannya kecil, namun airnya yang berwarna hijau menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, rangkaian bebatuan mengelilingi danau juga cukup menarik untuk background foto-foto selfie kamu, Gengs. Tapi, hati-hati terpeleset ya, Gaess.

Lokasinya di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Dari Cibadak belok kanan ke arah Pelabuhanratu hingga sejauh 3 km (Jembatan Bojong), belok kiri, lalu lurus melewati pintu masuk PT GSI.

[2] Bukit Karang Para

Bukit ini menjelma menjadi objek Instagramable dan disukai kalangan generasi millenial. Keindahan bebatuan karang berpadu hijaunya alam dan asrinya perkampungan tradisional warga, menjadikannya tempat paling digemari untuk berswafoto. Ditempat ini, kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset luar biasa.

Bukit Karang Para berada di Desa Kebun Manggu, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi. Dari jalur lingkar selatan ke arah Pelabuhanratu melalui Jalan Raya Pelabuhan II, setelah jembatan besar pertama belok kanan menuju Gunung Guruh, lalu belok kiri hingga perempatan pertama, kemudian belok ke kanan dan kembali berbelok ke kanan dan lurus sekitar seratus meter untuk menuju lokasi.

3. Gunung Halimun

Mutiara hijau di Sukabumi, adalah julukan untuk Gunung Halimun. Kerindangan hutan dan keindahan alam di sana membuat kamu dijamin ketagihan menikmatinya. Gunung ini merupakan kawasan suaka alam berhias kabut dan hamparan kebun teh nan indah, sawah terasering, dan sensasi berkendara di tanjakan berbatu dan menerobos sungai.

Jika kamu berniat bermalam di sini, kamu bisa bermalam di rumah penduduk, maupun camping ground, agar esok hari bisa menikmati pemandangan indah dari atas canopy trail, jalan-jalan ke Curug Macan, dan lainnya. Beruntung, kalau kamu bisa menyaksikan satwa langka seperti elang jawa dan macan.

Untuk mencapai ke sana, kamu bisa langsung menuju Kantor Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Desa/Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, terlebih dahulu.

[4] Kawah Ratu

Kalau kamu penggemar trekking pasti sudah tak asing dengan Kawah Ratu, sebuah kawah di lereng Gunung Salak. Ada tiga pilihan jalur menuju ke sana. Pertama, melalui Gunung Bunder via Pasir Rengit, panjang trek sekira 3.5 km, atau 2,5 jam perjalanan. Kedua, Gunung Bunder via Curug Seribu dengan panjang trek sekira 5 km atau empat jam perjalanan. Dan ketiga, yakni melalui Bumi Perkemahan Cidahu, Kabupaten Sukabumi dengan panjang trek 4,5 km.

Disarankan banget untuk menujuke sana kamu menyewa guide agar tidak tersesat. Atau mengikuti patok hijau karya para pecinta alam jika kamu tersesat. Di tempat-tempat tertentu dapat dijumpai lapisan belerang sebagai oleh-oleh, karena diyakini berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit.

Untuk menuju ke sana, kamu bisa mencapainya dari Wana Wisata Cangkuang di wilayah Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

[5] Gunung Sunda

Sebuah gunung karang yang berada di dekat pusat Kota Sukabumi. Tingginya pun hanya sekira 600 mdpl, sehingga kamu tidak akan terlalu kesulitan untuk mencapai puncaknya.

Ada cerita warga setempat, jika gunung ini pernah disinggahi Prabu Siliwangi. Karenanya jalanan menuju ke gunung ini diberi nama Jalan Siliwangi. Gunung ini adalah tempat yang cocok bagi Anda untuk menyaksikan pemandangan Kota Sukabumi dari ketinggian. Terlebih pada sore hari.

Untuk mencapai ke sana, kamu bisa menuju Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, atau sekira 3 km dari Markas Polsek Cisaat.

Jangan lupa siapin bekal ya, Gaess, karena tidak semua tempat tersebut gratis dikunjungi.

[dari berbagai sumber]

Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *