5 resep simpel menu daging qurban buat moms Sukabumi

Memasak daging kambing qurban yang gak bikin ribet tapi tetap spesial buat keluarga.

Masyarakat Muslim Indonesia merayakan hari raya Idul Adha. Ada yang merayakan kemarin tanggal 21 Agustus, ada juga yang hari ini. Saat Idul Adha daging qurban dibagikan sebagai bentuk sedekah. Ada daging sapi, ada juga daging kambing.

Mengolah daging sapi sih tak terlalu repot. Katanya mengolah daging kambing yang repot ya, moms? Well, sebenarnya ya tidak juga, asal tahu resep rahasianya. Tak hanya mudah diolah menjadi satu jenis masakan saja, daging kambing juga bisa dikreasikan jadi berbagai menu lezat dengan menggunakan bumbu yang mudah didapatkan di pasar.

Ini lima resep memasak daging kambing qurban yang bisa dicoba moms Sukabumi.

[1] Iga kambing petis

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat iga kambing petis sangat mudah didapatkan, di antaranya iga kambing, bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, kunyit, kencur, ketumbar, terasi bakar, garam, cabai merah besar, daun jeruk, beras sangrai, petis udang, gula merah, dan kecap manis kesukaan keluarga.

[2] Kambing masak pedas

Menu yang ini banyak disukai karena mudah cara mengolahnya. Bahannya antara lain daging kambing, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, merica, garam, cabai merah keriting, cabai rawit merah, kemiri, tomat, gula, lengkuas, daun salam, serai, air asam jawa, dan kecap manis kesukaan keluarga.

BACA JUGA:

Ini 5 menu ikan asin peda istimewa, layak menjadi favorit orang Sukabumi

Di Sukabumi takjilnya kolak, Sis ini dia 5 takjil yummy di dunia

Gak makan nasi orang Sukabumi gak kenyang, ini 5 olahan nasi dunia bikin ngiler

[3] Gulai kambing

Untuk membuat gulai kambing, jangan lupa siapkan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai hijau besar, cabai merah besar, jahe, kunyit, pekak, kapulaga, cengkeh, jintan, kayu manis bubuk, garam, dan merica.

Semua bahan lalu dihaluskan dan ditumis sambil ditambahkan dengan daun jeruk, serai, air asam jawa, santan kental, dan tak lupa kecap manis kesukaan keluarga.

[4] Sate pentul

Untuk membuat Sate Pentul cukup siapkan daging kambing, lemak kambing, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, serai, jintan, ketumbar, garam, air asam jawa, santan kental, dan kecap manis kesukaan keluarga.

[5] Kambing goreng sambal kecap

Menu yang satu ini juga mudah dibuat dengan bumbu pelengkap garam, jahe parut, merica, bawang putih halus, dan kecap manis bango. Untuk sambal kecapnya dibuat dari tomat merah, tomat hijau, cabe rawit merah, bawang merah, daun kemangi, jeruk nipis, dan kecap manis kesukaan keluarga.

Gimana, gampang kan resepnya, moms? Jadi jangan bingung lagi mengolah daging kambing di untuk merayakan Idul Adha, ya. Selamat mencoba. 

[dari berbagai sumber]

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *