Ini lho, Gaess 5 taman yang menghiasi pinggiran Sukabumi

Meperindah kota untuk warga.

Pemerintah Kota/Kabupaten Sukabumi mengupayakan membuat fasilitas taman yang dapat memperindah kota, dan dapat dimanfaatkan sesuai kegunaan untuk warganya, Gaess.

Nah, ini lho lima taman yang berada di pinggiran Kota/Kabupaten Sukabumi.

1. Taman Nobar

View this post on Instagram

SUNMORI #TamanNobar

A post shared by Shellstart Rider's (@shellstarriders) on

Taman Nobar diresmikan pada 11 Maret 2017, berlokasi di Jl. KH Ahmad Sanusi Kelurahan/Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Taman ini merupakan tempat yang diminati kalangan muda untuk nongkrong karena terdapat fasilitas wifi gratis. Selain itu, tempatnya indah dan nyaman menjadi alasan mereka nongkrong di Taman Nobar ini.

Sesuai namanya, taman ini sering digelar nonton bareng warga dan berbagai kegiatan komunitas yang ada di Sukabumi.

Sayangnya nih, Gaess, karena kurangnya perhatian, taman ini kini terlihat kurang terawat dan banyak fasilitas yang hilang. Bahkan, fasilitas listrik dan wifi pun sudah tidak ada lagi, sehingga Taman Nobar ini kurang berfungsi untuk dijadikan taman yang sesuai namanya.

2. Taman Cikondang

Taman Cikondang terletak di Jl. Pelabuhan II, Kecamatan Citamiang, Kelurahan Cikondang, Kota Sukabumi. Taman ini sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong anak-anak, remaja, dewasa, hingga para lansia. Selain indah dan luas, Taman Cikondang ini menyediakan fasilitas batu terapi, wifi gratis, jogging track, spot permainan air, dan saung ciri khas Sunda.

Banyak warga sangat antusias datang ke Taman Cikondang, bahkan kerap dijadikan tempat event penting di Kota Sukabumi. Taman Cikondang ini sangat terawat, dan selalu bersih, karena penjagaan dan perawatannya yang ketat.

3. Taman Aspirasi

View this post on Instagram

Alone.. . #tamanaspirasi #tamanaspirasisukabumi #sukabumi #gowessukabumi

A post shared by Denny Pribadi (@dennypribadi49) on

Taman Sspirasi terletak di Jl. Pelabuhan II, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, walaupun masuk ke wilayah Warudoyong. Taman ini diresmikan pada Juli 2015, sangat asri karena banyak terdapat tanaman dan nyaman untuk dijadikan tempat singgah pelepas penat, ataupun sengaja untuk nongkrong.

Uniknya, di taman ini pengunjung bisa menyampaikan aspirasinya dengan memasukan sukat ke dalam kotak aspirasi yang disediakan.

Sayangnya, letak taman ini berdekatan dengan salah satu pabrik, di mana tepat pembuangan limbahnya berada tepat di belakang taman. Akibatnya, menimbulkan bau tak sedap, sehingga kerap dikeluhkan pengunjung yang tidak tahan dengan baunya. Selain itu, Taman Aspirasi ini tidak begitu luas, sehingga kurang peminat karena  hanya  dapat menampung sedikit orang saja.

4. Taman Cikiray

Taman Cikiray berlokasi di Jl. Cikiray Kidul, Desa Sukamanah, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Taman ini sangat nyaman dan indah, walaupun lahannya tidak luas, tapi taman ini nampak rapih dan bersih. Fasilitas utamanya yaitu alat fitness permanen, itulah yang membuat warga Sukabumi berminat untuk singgah sambil berolahraga di taman ini.

5. Taman Sugema

Taman ini dibangun sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Tak heran jika taman ini sangat indah, luas dan nyaman. Di taman ini terbuka untuk digunakan oleh masyarakat untuk beraktivitas olah raga seperti jogging, skateboard, futsal, atau lainnya, karena difasilitasi skatepark, dan lapangan luas, serta saung untuk tempat beristirahat.

Sayangnya, taman yang berada di Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi ini letaknya tidak strategis, karena relatif jauh dari pusat kota. Selain itu, belum ada kejelasan kapan akan dibuka, sehingga wajar jika banyak warga yang tidak tahu keberadaannya.

  • 71
    Shares
Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *