#Infografis: Miris Gengs, 2018 separuh remaja Kabupaten Sukabumi tak sekolah SMA

Masih ada 5 persen anak tak mengenyam bangku SMP.

Pendidikan adalah keharusan. Tak ada pendidikan maka terbitlah kebodohan. Selanjutnya berturut-turut timbul berbagai masalah sosial, seperti kemiskinan, kejahatan, dan lainnya. Itulah mengapa dalam konstitusi negara ditegaskan sungguh-sungguh untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, tentunya melalui pendidikan.

Nah Gaess, bagaimana tingkat pendidikan warga Kabupaten Sukabumi terkini. Dari sumber Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sukabumi ditinjau dari indikator Angka Partisipasi Sekolah (APS), untuk pendidikan dasar 9 tahun di tahun 2018 sudah tercapai hampir 100 persen. Artinya pendidikan dasar 9 tahun di Kabupaten Sukabumi hampir  tuntas. 

BACA JUGA:

#Infografis: FYI Gaess, berapa luas Kabupaten Sukabumi dan berapa persen jomblonya ya?

#Infografis: Kasus cerai di Sukabumi 2017-2018 naik 35%

#Infografis: Waduh, 2018 ada ribuan duda janda baru di Kabupaten Sukabumi

#Infografis: Ngeri Gengs, ini jumlah duda dan janda baru di Kota Sukabumi 2018

Namun demikian, BPS masih mencatat ada sekitar 5 persen warga Kabupaten Sukabumi yang bahkan tak mengenyam pendidikan tingkat sekolah menengah pertama (SMP).

Masalah yang lebih besar terjadi di usia 16-18 tahun (usia milenial). APS di level bangku sekolah menengah atas (SMA) ini baru mencapai angka 58,58 persen. Artinya, hampir separuh (41,42 persen) anak remaja di Kabupaten Sukabumi tak mengenyam pendidikan setingkat SMA.

Berikut infografis tingkat pendidikan di Kabupaten Sukabumi berdasarkan pada indikator APS!  FYI, di  bidang  pendidikan, APS merupakan  salah  satu  indikator  untuk mengukur  pembangunan  terkait pendidikan.

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *