Diejek fans klub Chonburi, ini 5 masalah Maung Bandung jelang Liga 1 2019 digelar

Laga perdana Pekan 1 Liga 1 2019 akan dihelat, Sabtu pekan ini.

Kick-off Liga 1 2019 akan bergulir pada 15 Mei mendatang. Menjelang kick-off tersebut, Persib masih memiliki masalah dari soal komposisi pemain. hingga ejekan fans klub asal Negeri Gajah Putih, Thailand.

Nah, Bobotoh Persib di Sukabumi udah pada tahu belum nih? Kalau belum, berikut adalah lima masalah Maung Bandung dirangkum dari berbagai sumber.

[1] Vizcarra belum maksimal

Pemain naturalisasi Persib Bandung, Esteban Vizcarra dipastikan belum bisa tampil pada awal kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019. Pelatih Persib, Robert Rene Albertes, menyebut Vizcarra membutuhkan waktu untuk pemulihan pasca operasi. Menurut Robert, Vizcarra butuh waktu untuk memulihkan kondisi pasca operasi pengangkatan benda asing di lututnya. Namun, absennya Vizcarra sudah diantisipasi sang pelatih. Apalagi, posisi gelandang di tim Maung Bandung cukup banyak, sehingga banyak pilihan. 

“Esteban setidaknya butuh dua bulan untuk bisa sembuh dari cedera seperti itu. Dia harus dua kali operasi kemarin dan dia harus fokus penyembuhan, dan itu setidaknya dua bulan untuk bisa kembali dan ready ke lapangan,” ungkap Robert Alberts, Senin (13/05/19). 

[2] Skuat gemuk

Persib saat ini memiliki skuat terlalu gemuk, 31 pemain, belum pemain junior yang kerap berlatih di tim senior. Dengan begitu, tim kebanggan Bobotoh harus mencoret beberapa pemain.

Di posisi penjaga gawang Persib memiliki tiga kiper, yakni M Natshir, I Made Wirawan, dan Aqil Savik. Lini bertahan Persib memiliki sepuluh pemain yakni, Supardi Nasir, Henhen Herdiana, Indra Mustafa, M Sabillah, Ardi Idrus, Zalnando, Bojan Malisic, Fabiano Beltrame, Achmad Jufriyanto, dan Saepulloh Maulana. Untuk pemain tengah, Persib memiliki tujuh delapan, yakni Rene Mihelic, Dedi Kusnandar, Hariono, Kim Jeffrey Kurniawan, Abdul Aziz, Gian Zola, Beckham Nugraha, dan Erwin Ramdani.

Lalu pemain sayap, Persib memiliki tujuh pemain, Febri Hariyadi, Agung Mulyadi, Puja Abdillah, Frets Butuan, Ghozali Siregar, Billy Keraf, dan Esteban Vizcarra. Untuk lini depan, Persib memiliki enam pemain yakni Ezechiel N’Douassel, Artur Gevorkyan, Wildan Ramdani, Muchlis Hadi Ning, dan Syafril Lestaluhu. Dan pemain dari Dilkat Persib, Ilham Qolba dan Mario Jardel juga kerap berlatih di tim senior.

Dengan gemuknya komposisi itu, dimungkinan adanya pemain yang tidak didaftarkan untuk Liga 1 2019. Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memastikan bahwa akan ada 29 pemain yang didaftarkan untuk Liga 1 2019. “Kami sudah rapat dengan manajemen hari ini, komposisi tim Persib ini dihuni 29 pemain,” ujar Robert Alberts, Senin (6/5/2019).

BACA JUGA:

Bobotoh Sukabumi, calon pemain Persib ini harganya Rp5,7 M

‘Sang petahana’ ManCity berkuasa lagi! 5 dramatis di akhir Liga Inggris musim 2018/19

[2] Fabiano belum tentu memperkuat Persib Bandung

Hingga sekarang status naturalisasi pemain asal Brasil, Fabiano Beltrame, belum juga keluar. Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengatakan sampai saat ini Persib memang belum memfinalkan 30 pemain yang akan didaftarkan mengikuti Liga 1 2019. Persib Bandung, masih menunggu proses naturalisasi Fabiano hingga 23 Mei 2019 yang jadi batas akhir pendftaran pemain.

Jika hingga batas akhir pendaftaran pemain, status naturalisasi Fabaino belum juga turun, maka Persib Bandung akan mengambil skenario Fabiano tak akan didaftarkan lebih dulu untuk putaran pertama Liga 1 2019. Fabiano akan didaftarkan Persib pada putaran kedua nanti. Namun, jika pada 22 Mei naturalisasinya keluar, konsekuensinya ada satu pemain lokal Persib yang dicoret.

[3] Jersey baru Persib diejek fans klub Thailand

Jersey teranyar Persib Bandung baru saja mendapat ejekan dari fans klub Thailand, Chonburi FC, Selasa (14/5/19) kemarin. Chonburi FC merupakan klub peserta kasta tertinggi sepak bola Thailand, Thai League 1 yang musim 2018 lalu bertengger di urutan ke-9 klasemen akhir.

Jersey baru Persib. Saya pernah membaca novel yang lebih sedikit kalimatnya dibandingkan ini,” ucap akun Twitter fans yang bernama @Chonburi_FC menggunakan bahasa Inggris. Tidak punya urusan dan tiba-tiba salah satu akun fans Chonburi FC memberi komentar negatif terkait jersey baru Persib Bandung, tentu membuat para Bobotoh marah-marah.

Apa yang terjadi jika Bobotoh marah karena Persib kesayangan mereka diejek? akun Instagram Chonburi FC pun langsung dibanjiri oleh komentar-komentar yang sebagian besar Bobotoh dan pecinta sepak bola Indonesia.

[5] Belum punya tempat berlatih

Persib Bandung hingga kini belum memiliki pusat latihan sendiri. Akibatnya, Supardi cs menggelar latihan di lapangan Lodaya yang berumput sintetis. Meski rumput sintetis sudah digunakan di beberapa stadion international, namun untuk gelaran liga di Indonesia masih menggunakan rumput asli.

Untuk latihan, selama ini Persib memang masih berpindah-pindah lokasi, mulai dari lapangan Saraga ITB, GBLA, Stadion Arcamanik, Lapangan Pusdikpom, Stadion SJH, hingga Lapangan Lodaya. Di sisi lain, tak jarang lapangan yang ingin dipakai justru digunakan pengelola untuk kegiatan lain. Di Bandung sendiri belum ada lapangan dengan kualitas mumpuni untuk latihan.

Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *