Lebaran tiba, 5 makanan ini pasti ada di rumah gen XYZ Sukabumi

Saat hari Lebaran atau Idul Fitri diharamkan bagi umat Islam untuk berpuasa, maka berbagai menu makanan pun menghiasi meja makan dan meja tamu.

Menteri Agama melalui Rapat Isbat telah menetapkan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H jatuh pada tanggal 5 Juni 2019, hari ini. Maka berakhirlah sudah masa berpuasa selama sebulan penuh ke belakang. Lebaran jadi waktu yang sempurna bagi umat Islam saling kunjung mengunjungi, bersilaturahmi dan bermaaf-maafan.

Selain itu Gaess, jangan lupa Lebaran jadi waktu yang pas buat menikmati beragam menu hidangan. Berikut 5 menu makanan yang wajib ada di meja makan dan meja tamu hasil pilihan redaksi sukabumiXYZ.com.

[1] Ketupat

Ini semua sudah pada faham, ketupat alias kupat merupakan makanan berbahan beras yang kemudian dibungkus dengan menggunakan anyaman yang berasal dari daun muda kelapa. Ketupat adalah makanan ini merupakan salah satu makanan yang wajib ada ketika lebaran. Biasanya ketupat dihidangkan dengan beberapa menu makanan lain seperti opor.

[2] Opor ayam

Opor ayam adalah makanan khas asli Sunda. Sebenarnya tidak hanya pada lebaran saja, opor juga sering dijumpai pada hari-hari biasa. Namun, saat lebaran lebaran tiba, opor ayam adalah teman paling ideal untuk ketupat.

[3] Sambel kentang

Ketupat, opor ayam plus sambel kentang, perfect ya Gaess! Sebagai penambah nafsu makan, sambel kentang yang merah merona ditambah dengan petay. Jangan kaget makanya setiap Lebaran tiba harga petay melambung tinggi.

Editor’s Picks:

Kurang resik gimana orang Sukabumi, menu bebek aja dimandiin (sambal)

[4] Rendang

Makanan khas Padang ini pasti sudah tidak asing lagi. Rendang pada umumnya dimasak dengan bahan dasar daging sapi yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah. Nah, selain opor, rendang juga cocok untuk menemani ketupat.

[5] Kue kering

Nah, ini dia makanan yang pasti wajib ada berikutnya pada saat lebaran. Hampir setiap umat muslim yang merayakan lebaran menyediakan kue kering di rumahnya untuk menyambut para tamu yang datang. Aneka kue kering yang biasa dihidangkan misal seperti nastar dengan selai nanas, putri salju dengan gula putih di atasnya, dan berbagai hidangan kue kering lainnya.

Selain lima makanan di atas, masyarakat muslim umumnya juga melengkapi menu Lebaran dengan berbagai jenis minuman seperti es cendol, es buah dan minuman yang lain yang bersifat manis-manis.

Kalau di rumah kalian gen XYZ Sukabumi ada makanan apa, nih?

[dari berbagai sumber]

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *