Wow, PSSI bangun soccer camp di Cikidang, 5 fakta gen XYZ Sukabumi mesti tahu


Egi GP

Writed by: Egi GP
Editor by: Feryawi
07 Nov 2019 | 2:39 WIB


Ketua PSSI baru Iwan Bule menyatakan lahan sudah ada di Cikidang dan alokasi dana untuk membangun kompleks sepakbola berasal dari dana bantuan FIFA.

Gengs, ini kabar bagus buat kalian gen XYZ Sukabumi yang suka sepakbola. Sukabumi bakal sering didatangi bintang-bintang sepakbola nasional, bahkan mungkin bintang-bintang sepakbola luar negeri. Pasalnya, di Kabupaten Sukabumi, tepatnya di wilayah Kecamatan Cikidang, induk sepakbola nasional PSSI bakal membangun sebuah soccer camp alias kompleks sepakbola bertarap internasional. Wow!

Mau tahu lengkap informasinya? Berikut lima fakta yang dirangkum redaksi sukabumiXYZ.com dari berbagai sumber.

[1] PSSI akan bangun soccer camp di Cikidang

PSSI tengah menggodok rancangan pembuatan kompleks sepak bola atau soccer camp di Cikidang. Hal itu diungkapkan Ketua Umum PSSI yang baru saja terpilih, Mochamad Iriawan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Iwan Bule. Pembangunan itu menjadi salah satu janji kampanye Iwan Bule pada masa pencalonan ketua umum PSSI untuk periode 2019-2023.

Tambah Iwan, dirinya akan meninjau sebuah lahan di Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat sebagai bakal lokasi soccer camp, Jum’at (8 November) besok.

[2] Alokasi dari dana bantuan FIFA

Adapun dana yang akan dialokasikan untuk membangun soccer camp di Cikidang bersumber dari dana bantuan dari FIFA. Jumlah dana bantuan dari FIFA itu besarnya mencapai 2,8 juta dolar AS, atau sekitar Rp 40 miliar.

“FIFA akan memberikan bantuan Rp 40 miliar,” tutur Iwan Bule. “Sayang kalau PSSI tidak mengambil peluang itu karena Desember 2020 mendatang sudah hangus,” kata mantan Kapolda Metro Jaya, NTB, dan Jawa Barat itu.

[3] Tanah hibah Pieter Tanuri

Adapun lahan di Cikidang yang akan dijadikan lokasi soccer camp merupakan hibah dari salah seorang anggota Exco (Executive Committee/Komite Eksekutif), Pieter Tanuri. “Luasnya delapan hektare punya pak Tanuri. Saya belum tahu nanti apakah dicicil atau hibah,” ujar Iwan Bule seperti dikutip dari kantor berita Antara.

editor’s picks:

Pesepakbola, gitaris, pilot, hingga ekonom, ini 5 tokoh Sukabumi dikenal di mancanegara

Keren Coeg, siswi SMPN 1 Cibadak ini jadi pemain Timnas Sepak Bola Wanita

[4] Siapa Pieter Tanuri?

Pieter Tanuri bukanlah sosok asing dalam sepakbola nasional. Ia merupakan pemilik dari klub sepakbola yang berbasis di Bali, yaitu Bali United. Pieter Tanuri dan adiknya Yabes Tanuri dengan kekuatan finansial yang ia suntikkan kepada Bali United berhasil mengubah citra Bali United sebagai klub ‘ingusan’ jadi salah satu klub terkemuka di Indonesia.

Tak kurang pemain-pemain kenamaan seperti Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim, Ilija Spasojević, dan lain-lain memperkuat Bali United di bawah manajemen Pieter. Pieter merupakan salah satu pendiri perusahaan sekuritas, Tri Megah Securities Tbk. Pieter juga menjabat komisaris PT Buana Capital Sekuritas, PT Philadel Terra Lestari, dan Presiden Direktur PT Multistrada Arah Sarana Tbk yang jadi produsen ban Corsa/Achiles.

Dengan koceknya yang tebal, Pieter yang juga pernah memiliki saham di Persib mencuat menjadi salah satu tokoh sepakbola nasional. Namanya bakal lebih melambung pasca menghibahkan tanahnya di Cikidang untuk dibangun soccer camp.

[5] Tempat pemusatan latihan timnas atau pengembangan talenta muda

Soccer camp Cikidang sendiri nantinya bakal menjadi sebuah kompleks sepak bola yang di dalamnya terdapat lapangan latihan dan asrama bagi para pemain. Soal peruntukannya, belum ditentukan apakah nantinya akan digunakan sebagai bagian pengembangan bibit sepak bola atau pemusatan latihan timnas Indonesia.

FYI, saat ini, program pemusatan latihan timnas Indonesia masih terpusat di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

[dari berbagai sumber]

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *