Nih Gaess, 5 perilaku gak ada akhlak di Sukabumi tapi berakhlak di Finlandia

Beda negara sudah pasti beda budaya ya Gaess. Bahkan, Indonesia yang terdiri dari ratusan suku bangsa juga memiliki ratusan budaya berbeda beda pula.

Nah kalau kamu berbicara soal beda bangsa beda budaya, kamu tahu gak sih, kalau budaya antara orang Sukabumi (Indonesia) dengan Finlandia itu ternyata berbeda banget. Pasalnya, ada sedikitnya lima hal yang menurut orang Sukabumi dianggap gak sopan, tapi di Finlandia sana malah dianggap sopan.

Kira-kira, ada apa saja ya beda budaya orang Sukabumi sama Finlandia? Simak kuy lima infonya.

[1] Buang cairan ingus di meja makan

Bagi orang Sukabumi, kalau ada yang membuang cairan ingus di meja makan, cuma tinggal nunggu giliran ditampol sama teman semeja makan ya Gaess. Atau paling tidak, mungkin kamu akan dianggap tidak sopan dan dimarahi. Hal ini berbeda dengan orang Finlandia, jika kamu membuang ingus di meja makan, mereka akan bersikap biasa saja.

[2] Menunjuk sesuatu dengan kaki

Jika di di rumah Gen Sukabumi XYZ menunjuk sesuatu di lantai dengan menggunakan kaki, kamu akan dianggap kurang ajar atau gak ada akhlak. Di Finlandia, menunjuk dengan kaki merupakan suatu hal yang lumrah.

#Ngakilima @SukaKopi. Pintu masuk Kantor Desa #Sundawenang, Kecamatan #Parungkuda, Kabupaten #Sukabumi. Kami buka 24 Jam

[3] Manggil atasan dengan nama langsung

Nah buat Gen Sukabumi XYZ yang kerja di sektor formal atau nonformal, jika memanggil atasan dengan menyebut nama langsung, pasti akan dinilai tidak sopan atau tak bisa menghargai atasan atau bos. Bedanya di Finlandia sana, memanggil atasan dengan menggunakan nama mereka adalah kebiasaan sehari-hari. Hal tersebut dinilai dapat merekatkan kedekatan antara atasan dengan karyawannya. Hmmm

editor’s pick:

OMG, ini 5 fakta wanita Sukabumi terpikat dan tertipu anggota TNI Gadungan

Satu hari di PT CDB Cidahu Sukabumi, ini 5 fakta kerja di pabrik garmen itu menyenangkan

Gaess, ini 5 cerita tentang teluh Jampang Sukabumi dan cap seram dunia hitam

[4] Buang tisu di toilet

Membuang tisu di toilet sangat dilarang di Indonesia, dan sudah ada peraturan di setiap toilet. Sedangkan di Finlandia, di dalam toilet tidak menyediakan tempat sampah, dan tisu yang digunakan gampang larut dalam air sehingga dapat dibuang langsung ke toilet.

[5] Ngasih sesuatu dengan tangan kiri

Di Sukabumi jika kamu makan atau memberi sesuatu dengan tangan kiri akan dianggap tidak sopan kecuali memang terpaksa. Ini berbeda dengan di Finlandia, tangan kanan dan tangan kiri dianggap memiliki fungsi sama dan tidak ada perbedaan.

Gimana menurut Gen Sukabumi XYZ? Mau nambahin?

[Sumber: idntimes.com]

Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *