Argentina dan Jerman ketar-ketir, ini 5 aturan kelolosan Piala Dunia 2018

Poin sama 3 dengan Swedia, Jerman juga menghadapi dilema.

Dari babak grup Piala Dunia 2018 Rusia sampai hari ke- 11 penyelenggaraan, baru 7 tim yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Mereka adalah Rusia dan Uruguay (grup A), Perancis (grup C), Kroasia (grup D), Meksiko (grup F), serta Inggris dan Belgia (grup G). Seluruh 7 tim mampu memenangkan dua laga pertama dan mengoleksi 6 poin.

Sisanya, 9 tim baru akan memastikan lolos ke babak 16 besar setelah menjalankan laga ketiga alias laga terakhir babak grup. Beberapa tim di antaranya adalah kandidat juara seperti Argentina, Jerman, Brazil, dan Spanyol.

Argentina yang diperkuat pemain terbaik dunia Lionel Messi bahkan berada di ujung tanduk nasibnya. Tim Tango saat ini berada di dasar klasemen grup D dengan poin 1. Messi dkk harus mengalahkan Nigeria jika ingin lolos ke babak 16 besar. Jika saja Nigeria bisa menahan imbang Argentina, maka mereka akan angkat koper lebih awal, yang merupakan “bencana” bagi persepakbolaan Argentina dan bagi pamor Messi.

Brazil juga bakal menghadapi laga akhir babak grup yang sulit melawan Serbia. Memang hasil imbang akan membuat Brazil lolos ke babak 16 besar, namun Neymar dkk tak bisa mengambil risiko. Jika saja Neymar dkk kalah atas Serbia dan Swiss menang melawan Kostarika, maka semuanya berakhir.

BACA JUGA: Messi babak belur, ini 5 catatan buruk Argentina vs Kroasia dalam angka

Jerman juga menghadapi dilema. Dengan poin sama 3 dengan Swedia, mereka harus menang di laga terakhir melawan Korea Selatan yang sudah pasti tersingkir. Dan jika di laga lain Swedia sukses mengalahkan Meksiko (yang sudah lolos), maka siapa yang lolos ke babak 16 besar akan dihitung selisih gol antara Jerman dan Swedia.

Tim kandidat juara terakhir yang belum memastikan lolos adalah Spanyol. Setelah ditahan imbang oleh Portugal dan menang susah payah melawan Iran, Diego Costa dkk harus memastikan lolos saat melawan Maroko di laga akhir. Sayangnya, Maroko tidak bisa diremehkan. Mereka terbukti mampu merepotkan Portugal di laga sebelumnya. Jika tak hati-hati Spanyol bisa dikalahkan Maroko.

BACA JUGA: Gen Y Sukabumi setop bicara Piala Dunia, ini 5 fakta cewek Rusia layak dijadikan istri

Bagaimana jika ada poin yang sama, tentunya akan dilihat dua hal: selisih gol dan banyak gol yang dikoleksi sebuah tim. Bagaimana jika selisih gol sama dan jumlah gol sama? Ini dia 5 aturan perhitungan lolos ke babak 16 besar!

1. Jumlah poin terbanyak yang diperoleh dalam pertandingan grup antara tim yang bersangkutan.

2. Selisih gol yang dihasilkan dari pertandingan grup antara tim yang bersangkutan.

3. Jumlah gol yang lebih besar dicetak di semua pertandingan grup.

Jika belum bisa menentukan kelolosan, maka akan ditentukan dengan cara berikut:

4. Jumlah poin yang lebih besar yang diperoleh dalam perilaku bermain adil dari tim berdasarkan kartu kuning dan merah yang diterima di semua pertandingan grup.

Dan akhirnya, jika masih belum bisa menentukan kelolosan, maka akan diambil langkah berikut:

5. Dilakukan musyawarah oleh sebuah komite khusus FIFA yang berhak menentukan siapa tim yang berhak lolos.

FYI, penentuan keputusan dengan cara ke-4 dan ke-5 sangat jarang terjadi! (dari berbagai sumber)

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *