Gen XYZ Sukabumi, ini lho sejarah dan resep bandros kelapa Cibadak

Buat kamu yang insomnia dan bosan dengan jajanan cafe atau resto.

Bosan jajanan cafe atau resto? Atau mungkin Anda membutuhkan suasana yang berbeda? Cobalah menyantap kuliner yang sat ini.

Buat kamu yang belum tahu sejarah bandros kelapa ini, berikut lima infonya, Gengs.

1. Bandros

Bandros adalah salah satu jenis penganan tradisional terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, santan, dan garam. Rasa gurihnya sendiri berasal dari kelapa parut dan santan kelapa, terasa lebih nikmat setelah ditaburi dengan sedikit gula pasir.

2. Yayat Hidayat 

Yayat Hidayat (65), adalah seorang ayah dari tujuh anak dan delapan cucu. Ia merupakan generasi kedua dalam keluarganya yang berjualan bandros kelapa, susu jahe, dan kopi hitam. Yayat sendiri mulai berjualan bandros kalapa sejak tahun 2007 silam, Gengs.

BACA JUGA:

#Interview owner Bakso Mewek Sukabumi: Dari gagal kuliah, hingga jadi pemurung beruntung

Saung Uwa Tere Parungkuda Sukabumi, ayam bakar plus es jus Rp15 ribu bisa delivery order

Gen XYZ Sukabumi suka makan lalap? Lalapan Sunda tercatat di Prasasti Taji abad ke-10 lho

3. Teman santap bandros

Menyantap bandros kelapa Yayat Hidayat dengan segelas bandrek susu di halaman depan kompleks pertokoan Labora, Kelurahan/Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Suasana malam di trotoar jalan, ditambah semilir angin malam Sukabumi yang dingin, menambah rasanya kian nikmat. Sedangkan bandrek susu panas cukup efektif untuk mengusir dinginnya malam. Dijamin peded!

Selain itu, kamu bisa memilih duduk di bangku panjang, atau kalau meng­ajak serta teman-teman kamu, Gengs, sebaiknya menyantap bandros tersebut sambil lesehan di emperan toko dengan menggelar karpet.

4. Jam buka

So, kalau kamu borring atau insomnia, nongkrong sambil menyantap bandros racikan Yayat Hidayat ini, bisa menjadi penawar mujarab. Kenikmatan pengganan tradisional racikan pria beruan, ini tidak jarang banyak pelanggannya harus kecewa karena kehabisan.

Coba deh kunjungi komplek pertokoan Labora mulai jam 18.00 WIB. Bandrosnya terasa gurih, dan susu jahenya bisa menghangatkan tubuh… Starbucks? Lewaaaatttt!

5. Resep membuat badros kelapa

Bahan-bahan untuk 5 porsi: 140 gram tepung beras, 10 gram tepung tapioka, 1/2 sdm garam, 250 gram kelapa setengah tua, parut, 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa, 2 sdm minyak goreng, untuk oles cetakan

Langkah pembuatan 45 menit: (1) Jerang santan diatas api kompor, sampai hangat suam-suam kuku. Angkat, sisihkan. (2) Campurkan tepung beras, tepung tapioka dan kelapa parut, aduk rata. Masukkan santan bertahap ke dalam campuran tepung, aduk, tambahkan garam, lalu sisa santan, aduk rata. (3) Panaskan cetakan bandros/pukis, olesi dengan sedikit minyak goreng. Tuang adonan ke cetakan. Biarkan sampai atasnya mengering. Tutup cetakan. (4) Panggang dengan api kecil, sampai matang dan pinggir kue kering. Keluarkan dari cetakan. Hidangkan.

Catatan: sebelum digunakan cetakan bisa dipanaskan dulu kira-kira 30 menit. Selama dipanaskan masukkan sedikit kelapa parut, agar kue mudah dikeluarkan.

(1) Bikin lagi pake cetakan pukis. Isikan adonan 3/4 saja. (2) Tutup cetakan. (3) Sesudah matang.

Naskah asli klik disini.

  • 29
    Shares
Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *