Punya klub satelit di Liga 2, ini 5 kabar baik Persib buat Bobotoh di Sukabumi

Manajemen Persib Bandung memastikan mengakuisisi tim dari Liga 2 yakni Blitar United.

Pemain anyar Persib Bandung, Fabiano Beltrame, batal bergabung dengan Sriwijaya FC. Dari hasil komunikasi antara kubu Sriwjaya FC dengan Persib Bandung, Fabiano Beltrame disebut bertahan bersama Maung Bandung.

Sebelumnya diberitakan Sriwijaya FC yang Laskar Wong Kito mengklaim sudah menemukan kata sepakat dengan pemain asal Brasil itu. Fabiano tercatat sebagai pemain Persib Bandung yang hingga kini belum didaftarkan lantaran masih berstatus asing, sementara slot pemain asing Persib Bandung sudah cukup.

Nah, Bobotoh Sukabumi penasaran apa aja kabar baik tim kesayangan kita ini? berikut lima infonya, Gaess.

[1] Persib latihan di rumput sintetis

Skuat Persib Bandung kembali menjalani sesi latihan rutin. Kali ini, Maung Bandung berlatih di lapangan rumput sintetis Inspire Arena, Sersan Bajuri, Senin 10 Juni 2019. Dalam sesi latihan kali ini, PERSIB memulai latihan pada pukul 10.00 WIB.

Menggelar latihan pukul 10 pagi, seluruh pemain kembali mendapat tempaan latihan fisik. Supardi Nasir dan kawan-kawan difokuskan pada latihan strength dan endurance fisik. Tak hanya itu, latihan kali ini juga divariasikan dengan sentuhan bola melalui small set game selama 30 menit.

“Hari ini memang ada peningkatan intensitas latihan. Kita pantau terus perkembangan fisik pemain hingga latihan ke-3 setelah libur panjang” ujar pelatih fisik PERSIB, Yaya Sunarya seusai latihan.

[2] ‘Markas barukondusif dan modern

Pelatih Robert Rene Alberts memuji tempat latihan baru yang digunakan dalam latihan Persib usai libur lebaran. Mereka memang tengah melakukan latihan di daerah pegunungan yang terletak di dekat Kota Bandung. Tempat latihan baru mereka bernama Inspire Arena di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Walaupun bukan milik klub, namun tempat tersebut memang bisa digunakan oleh Persib.

Menurut pelatih berpaspor Belanda ini, kualitas rumput sintetis yang digunakan sangat cocok untuk menunjang program latihannya. Fasilitas-fasilitas di sana juga tak luput dari pujian pria berusia 64 tahun tersebut. Selain soal fasilitas, Robert juga senang akan kondisi alam di kawasan Lembang yang sejuk dan udaranya segar.

Sayangnya, latihan pagi tadi belum semua pemain Persib bisa bergabung karena beberapa alasan tertentu. Achmad Jufriyanto, Febri Hariyadi, dan Artur Gevorkyan masih menunaikan tugas membela timnas masing-masing dalam serangkaian laga uji coba internasional.

Editor’s Picks:

Infografis: Revisi pekan ke-4-10, ini jadwal lengkap Persib Bandung di Liga 1 2019

Bobotoh Millenial Sukabumi, Ini Lho 5 Musisi yang Bikin Lagu Bertema Persib

[3] Persib Bandung punya tim satelit

Manajemen Persib Bandung memastikan mengakuisisi tim dari Liga 2 yakni Blitar United yang nantinya akan berganti nama menjadi Persib B. Hal tersebut disampaikan salah satu petinggi Persib, Teddy Tjahyono. Menurutnya, pengalihan Blitar United menjadi Persib B masih membutuhkan waktu untuk merampung seluruh proses administrasinya.

Teddy menambahkan, pihak manajemen telah menunjuk Liestiadi untuk membesut Persib Bandung B. Pemilihan Liestiadi berdasarkan rekomendasi dari Rene Alberts. “Pelatihnya Liestiadi, dia kami pilih atas rekomendasi dari Robert Rene Alberts. Untuk asistennya, nanti biar pelatih yang memilih, tapi kemungkinan besar asisten pelatihnya adalah para legenda Persib,” ucapnya.

Skuat Persib Bandung B akan diambil dari tim senior yang minim menit bermain. Selain itu, ikut seleksi juga para pemain Maung Anom (tim satelit Persib Liga 3), Diklat Persib, beberapa pemain berpengalaman macam Tantan dan Saktiawan Sinaga.

Persib Bandung B mesti menjalani kick-off pada 23 Juni melawan PSCS di Cilacap di laga pembuka Liga 2 Wilayah Barat.

[4] Fabiano Beltrame perkuat Persib B

Fabiano Beltrame dipastikan tidak akan memperkuat Persib Bandung pada Liga 1 2019. Manajemen Persib memutuskan untuk mengirim Fabiano berlatih bersama Persib Bandung B yang akan berlaga di Liga 2 2019. Teddy berharap, sebelum putaran kedua Liga 1 proses naturalisasi Fabiano sudah beres sehingga pada putaran kedua nanti Fabiano sudah bisa memperkuat di Liga 1.

Fabiano yang belum merampungkan proses naturalisasi kini dikirim ke Persib B untuk tetap menjaga kondisi fisik hingga nanti menjadi WNI. “Fabiano ke Bandung B team. Dia latihan dengan Bandung B di Arcamanik. Ini adalah rencana yang bagus, tim harus punya momen seperti ini. Saya sangat positif karena Persib punya visi yang sangat bagus untuk memulai Bandung B,” ujar Robert Alberts.

Selain Fabiano, Persib juga akan mengirim 10 dari 30 pemain yang masih membutuhkan jam terbang ke Persib Bandung B. Para pemain tersebut diharapkan bisa kembali saat sudah lebih matang. Dari sisa 20 pemain, empat pemain asingnya yakni Rene Mihelic, Bojan Malisic, Ezechiel N’Douassel, dan Artur Gevorkyan, tentunya akan dipertahankan.

[5] Bukan contek-contekan klub Eropa

Pola pengembangan Persib Bandung B ini sudah diterapkan oleh tim-tim yang berada di Eropa. Sebut saja Barcelona dengan Barcelona B, atau Real Madrid dengan Real Madrid Castilla di Divisi Segunda B. Kedua klub besar Liga Spanyol itu berkompetisi di kasta kedua yang diisi oleh para pemain muda hasil binaan sendiri.

Robert Alberts menolak jika timnya meniru apa yang dilakukan tim-tim Eropa. Menurutnya, memiliki tim B untuk berkompetisi merupakan sebuah keharusan bagi klub profesional. “Saya tidak berpikir Persib Bandung mengikuti suatu klub, ini adalah sebuah sistem. Klub kerja sama dengan klub lain untuk bisa mengambil talenta muda terbaiknya yang belum siap di liga.”

Dia menyontohkan bagaimana Ajax Amsterdam yang merupakan kontestan Liga Belanda memiliki kerja sama dengan klub lain untuk membina pemain. “Tidak hanya di Inggris, Ajax juga bekerja sama dengan tim lain, ketika pemain sudah berkembang dengan baik, dia akan kembali ke timnya. Persib Bandung sudah membangun hal itu,” katanya.

Wah , Bobotoh Sukabumi pasti bangga nih ya.

[dari berbagai sumber]

Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *