Mulai macet sampai rebutan bangku, 5 fakta hari pertama sekolah di Sukabumi

Demi anaknya dapat kursi di depan, orang tua rela pergi ke sekolah sejak subuh!

Liburan panjang sekolah sudah selesai. Setelah sebulan lebih liburan kenaikan kelas dan lebaran, Senin tanggal 16 Juli (hari ini), anak-anak sekolah di semua jenjang mulai masuk hari pertama. Tak terkecuali di Sukabumi, pagi hari jalanan mulai ramai lagi oleh kesibukan anak-anak ke sekolah. Ada yang diantar orang tuanya, ada yang jalan bersama teman-temannya, naik angkot, sampai memakai jasa antar-jemput.

Hiruk pikuk terasa benar di jalanan dan di sekolah-sekolah. Peristiwa rutin tahunan ini setidaknya membawa euforia tersendiri bagi para orang tua, murid maupun guru. Apa saja yang biasa terjadi di hari pertama sekolah? Ini lho lima fakta yang biasa muncul dan terjadi di hari pertama masuk sekolah.

1. Pernak-pernik sambutan siswa baru

Tahun ajara baru pasti ada siswa baru. Untuk menyambut mereka, sekolah mendesain ruangan dan lingkungan sekolah penuh dengan dekorasi yang unik. Ada pula sekolah yang membuat desain ucapan selamat datang peserta didik baru dengan cara cukup unik seperti menggunakan janur kuning atau lainnya. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk memberikan kesan ramah dan menciptakan suasana yang nyaman.

BACA JUGA:

Anak punk ganggu Prancis vs Kroasia, 5 fakta Pussy Riot lho sportizen Sukabumi

5 info akhir Juli 2018 ada penerimaan PNS baru, warga Sukabumi berminat?

2. Perlengkapan serba baru

Biasanya, tahun ajaran baru semuanya pun serba baru. Coba perhatikan saja siswa siswi yang baru saja mengalami kenaikan kelas dan memasuki ajaran baru, pasti ada yang berbeda. Perlengakapan sekolah yang serba baru, mulai dari tas, peralatan tulis, sepatu bahkan baju (seragam). Uniknya, tradisi itu sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan lagi, mirip-mirip lebaran saja.

3. Berangkat lebih pagi

Setelah lebih dari dua bulan libur sekolah, siswa-siswi tentu akan merindukan teman, guru dan juga suasana sekolah. Nah, semangat untuk mengawali tahun ajaran baru dengan bertemu teman, guru dan suasana yang baru ini biasanya diwujudkan dengan berangkat ke sekolah lebih pagi. Ada yang bahkan berangkat sejak subuh kabarnya. Wow, semangat sekali.

BACA JUGA:

Dulu menakutkan kini jadi label kaos gaul, 5 fakta teluh Jampang Sukabumi

Coeg, ini 5 fakta gadis Jampang Sukabumi Juara 3 MTQ sedunia di Uni Emirat Arab

4. Rebutan bangku kelas

Fenomena unik lainnya di hari pertama masuk sekolah adalah berebut bangku di kelas. Bahkan beberapa dari mereka sengaja datang sejak subuh agara mendapatkan tempat duduk favorit di deretan terdepan. Saat ruang kelas mulai dibuka oleh penjaga sekolah, orang tua dan siswa pun berlarian masuk ke dalam kelas berburu bangku duduk. Namun, biasanya itu hanya terjadi di sekolah negeri. Untuk sekolah swasta jatah kursinya sudah diperhitungkan sesuai jumlah siswa.

5. Macet di mana-mana

Tak hanya aktivitas orang-orang yang akan berangkat bekerja atau kendaraan besar, penyumbang angka kemacetan di pagi hari juga adalah siswa-siswi atau pelajar yang ingin berangkat menuju sekolah. Jika pasukan putih-merah, putih biru dan putih abu-abu sudah mulai kembali rutinitas disekolah, ini artinya kita harus berbagi ruang perjalanan kepada mereka. Macet pun terjadi di berbagai titik.

Namun karena sudah mafhum dengan fenomena tersebut biasanya pengguna jalan tidak merasa terganggu. Malah seringkali untuk kepentingan anak sekolah, mereka didahulukan di jalan raya. Pengguna jalan lain merasa sungkan dengan anak-anak yang berangkat ke sekolah.

Nah, itu dia lima fenomena hari pertama masuk sekolah. Apakah netizen Sukabumi juga merasakan hal yang sama? Pastinya ya, paling tidak mirip-mirip.

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *