Ngeri, ini 5 fakta hampir setiap bulan terjadi kebakaran di Sukabumi


Writed by: Denita Septiani
Editor by: Feryawi
24 Mei 2018 | 23:33 WIB


Hati-hati di rumah ya, Gaess.

1. Januari, Tiga titik kebakaran di Kabupaten Sukabumi

Rabu, 10/1/2018: Bencana kebakaran terjadi di Kampung Cidaton RT 27 RW 06, Desa Mangunjaya, Kecamatan Waluran. Kebakaran tersebut tepatnya terjadi pada pukul 10.00 WIB. Rumah milik Komar dilaporkan ludes terbakar, diduga akibat hubungan pendek arus listrik, kerugian sekitar Rp90 juta.

Rabu, 10/1/2018: Kebakaran terjadi di Kampung Karanganyar RT 02, RW 06, Desa/Kecamatan Tegalbuleud, malam pukul 22.30 WIB. Dalam peristiwa ini satu rumah terbakar akibat warga membuang puntung rokok sembarangan, kerugian diperkirakan Rp15 juta.

Kamis, 11/1/2018: Api membakar kios konter dan warung bubur di Kampung Bagbagan Karanganyar RT 02/03, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, pagi pukul 05.30 WIB. Kios terbakar ditempati Ujang (56) dan Tami (60). Penyebab kebakaran berasal dari kompor gas yang meledak, kerugian ditaksir Rp50juta.

BACA JUGA: Warga Sukabumi mau jadi PNS? Ini 5 spesialis prioritas direkrut 2018-2024

2. Maret, Kebakaran di Sukabumi Bertambah

Minggu, 11/3/2018: Api membakar rumah Tatang, di hunian padat warga Jalan Pemuda, Gang H. Enoh RT 02/001, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, sekira pukul 11.20 WIB. Pemadam Kebakaran dibantu warga berhasil menundukan amukan si Jago Merah dalam satu jam. meskipun tak ada korban jiwa, namun bangungan dan barang milik korban hangus. Dugaan sementara, kebakaran disebabkan hubungan arus pendek listrik.

Minggu, 11/3/2018: Kebakaran juga melanda kawasan padat penduduk Kota Sukabumi, tepatnya di RW 07, Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang, yang mengakibatkan empat unit rumah rusak berat dan hangus. Kebakaran terjadi pukul 11.30 WIB, api pertama kali muncul dari rumah Atang kemudian menjalar ke rumah milik Nenah, Atang dan Ari. Karena berada di tengah kawasan padat penduduk dan gang sempit, petugas damkar kesulitan menjangkau ke lokasi.

Kamis, 15/3/2018: Kasus kebakaran ketiga terjadi di Kota Sukabumi. Sebuah gudang minimarket di Jalan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, terbakar pada Kamis pagi. Kebakaran disebabkan hubungan pendek arus listrik.

BACA JUGA: 5 Jawaban Keren Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Respon GMNI Jabar Soal Aqua

3. April, Gudang barang dan Vihara terbakar

Kamis, 5/4/2018: Tiga unit mobil pemadam kebakaran berhasil memadamkan api yang terus membesar membakar gudang barang rongsokan dan isinya di Kampung Cibeureum Tengah RT 03/07, Desa Sukaraja, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, sekitar pukul 23.33 WIB.

Api pertama muncul dari dalam gudang tersebut, karena banyak barang yang mudah terbakar. Api pun dengan cepat menjalar ke seluruh bagian gudang. Warga dan karyawan langsung mencoba memadamkan api, namun tidak berhasil. Api bertambah besar, hingga kemudian mobil damkar tiba di lokasi yang langsung melakukan pemadaman.

Minggu, 15/4/2018: Di Cibadak, Vihara Tri Dharma, tempat peribadatan umat Budha di Kampung Babakan Anyar RT 01/08, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, terbakar. Menurut informasi, terbakarnya vihara yang juga merupakan rumah milik warga keturunan Tionghoa itu, berawal dari percikan api di pelatara altar vihara.

Senin, 30/4/2018: Rumah milik Turi, warga di Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, hangus terbakar pada sore pukul 15.30 WIB. Kejadian diduga akibat konsleting listrik, keruguan senilai Rp10 juta.

BACA JUGA: 5 smartphone canggih di bawah 1 jeti buat Gen Y Sukabumi

4. Mei, Rumah makan dan pabrik kosmetik terbakar

Selasa, 1/5/2018: Bencana kebakaran terjadi di Kota Sukabumi. Kali ini, si jago merah melahap sebagian Rumah Makan Dapur Steak di Jalan Suryakencana, Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, sekitar pukul 01.20 WIB. Kebakaran diduga akibat tabung gas meledak, dengan kerugian Rp250 juta.

Minggu, 20/5/2018: Bencana kebakaran terjadi di pabrik kosmetik PT Kino Indonesia di Kampung/ Desa Kertaraharja RT 4 RW 2, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Sumber api diduga dari hubungan arus pendek listrik, dan mengakibatkan kerusakan pada mesin produksi, dan pendingin ruangan (AC). Kebakaran terjadi pukul 14.15 WIB. Api pertama kali diketahui oleh petugas keamanan pabrik.

5. Mayoritas kebakaran akibat hubungan arus pendek

Hubungan pendek atau korsleting, adalah suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil, Gaess. Hal ini bisa mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar, dan bila tidak ditangani dapat mengakibatkan ledakan dan kebakaran.

Sering-sering cek saluran listrik di rumah kamu ya, Gaess.

  • 7
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *