Subhanallah, ini 5 fakta Mo Salah yang wajib Gen Y Sukabumi tahu


Egi GP

Writed by: Egi GP
Editor by: Feryawi
24 Mei 2018 | 16:03 WIB


Banyak yang mau masuk Islam. 

Liverpool moncer di Liga Champions dan Liga Inggris. Penyebab kehebatan Liverpool adalah seorang Mo Salah yang mencetak 40 gol dalam semusim (32 gol di Liga Inggris).

Selain mencetak banyak gol, Mo Salah juga menginspirasi pemain Liverpool lainnya jadi bermental juara. Tidak hanya di lapangan, Mo Salah juga kabarnya menginspirasi fans Liverpool, bahkan kabarnya sampai ada yang masuk Islam.

Kabar terakhir, Masjid Sheikh Abdullah Qyilliam, sebuah masjid tua di Kota Liverpool kembali ramai oleh jamaah, setelah Mo Salah tampil gemilang dengan mencetak 40 gol bersama The Reds, tim kebanggaan Liverpooldlians, sebutan untuk warga kota tersebut.

Ini dia lima fakta unik soal Salah!

BACA JUGA: 5 smartphone canggih di bawah 1 jeti buat Gen Y Sukabumi

1. Mo kependekan dari Mohamed
Buat yang belum tahu, Mo itu kependekan dari Mohamed. Nama lengkapnya Mohamed Salah Ghaly. Mo sendiri merupakan kependekan khas di Inggris Raya untuk Mohamed.

Gen Y Sukabumi yang suka atletik mungkin familiar sama nama Mo Farah, pelari marathon juara dunia asal Inggris.

Mo Salah adalah seorang Muslim yang taat dan suka merayakan gol dan kemenangan dengan cara sujud.

2. Nama anak Makka (Mekah)

Ketaatan Mo Salah sebagai seorang Muslim tak perlu diragukan lagi. Ia rajin ke masjid di kota Liverpool dan suka membaca Al-Qur’an, termasuk saat bepergian kemana pun. Tidak hanya itu, Mo Salah juga memberi nama anaknya Makka, terinspirasi oleh Mekah, kota paling suci umat Islam.

BACA JUGA: Warga Sukabumi mau jadi PNS? Ini 5 spesialis prioritas direkrut 2018-2024

3. Kontroversi ciuman untuk Mo Salah
Mo Salah bukan seorang malaikat dan tak lepas juga dari kontroversi. Pernah saat Mo Salah masih main di FC Basel (klub Swiss), ia menerima penghargaan dan mendapatkan ciuman (friendly) di kening dari pembawa acara perempuan. Spontan kejadian itu memicu kontroversi di dalam negerinya, Mesir.

Mo Salah dihujat oleh kelompok masyaraklat Mesir fundamentalis. Mo Salah sampai mengeluh dan berujar, “mereka telah merusak kebahagiaanku (mendapat penghargaan). Mereka lupa penghargaan yang kuterima dan malah membicarakan soal ciuman.”

4. Mo Salah dan militer
Tak banyak orang tahu, Mo Salah pernah bergabung dengan militer Mesir. Untuk diketahui, Mesir adalah salah satu negara yang menerapkan wajib militer (wamil) bagi semua warga negaranya, tak terkecuali Salah.

Salah pernah ikut wamil waktu mudanya. Dan saat ada panggilan wamil lagi, Salah bisa bolos dengan alasan bermain sepakbola di level Eropa (Chelsea) dan membuat bangga negaranya.

5. Pemain tercepat di Inggris
Pantas saja Liverpool moncer musim ini. Pasalnya ada Mo Salah yang mahir mencetak gol dan pelari tercepat di Liga Inggris. Hal itu bisa dilihat dari statistik bahwa Salah bisa berlari dengan kecepatan rata-rata 20,7 km per jam dalam setiap pertandingan.

Well, itu dia Mohamed Salah Ghaly, Raja Mesir! (dari berbagai sumber)

  • 7
    Shares
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *