Gen Y Sukabumi, ini 5 pesepakbola dunia yang tolak Israel selain Messi

Lionel Messi talangi kerugian.

Sepakbola seharusnya dipisahkan dengan politik. Namun pertimbangan kemanusiaan seperti yang diungkapkan mega bintang Lionel Messi tak bisa diabaikan begitu saja. Dan pertimbangan kemanusiaan lah yang membuat pihak timnas Argentina membatalkan laga persahabatan melawan timnas Israel yang rencananya akan digelar Sabtu (9 Juni) batal.

Inilah alasan kemanusiaan Messi yang ia tulis di instagramnya, “Messi tidak perlu menjadi muslim untuk mendukung Palestina, tapi hanya perlu menjadi manusia!” Messi juga menambahkan bahwa, “dia pertama-tama adalah seorang manusia dan baru setelah itu seorang pemain bola.”

Pembatalan laga juga mendapat dukungan dari bintang Argentina lainnya, Gonzalo Higuain. Striker Juventus tak ketinggalan memberi pernyataannya terkait pembatalan laga ini. “Mereka akhirnya melakukan hal yang benar sebagai manusia,” tandasnya.
Protes Messi dan Higuain itu terkhusus merujuk pada peristiwa pembantaian di Jalur Gaza baru-baru ini yang menewaskan sampai 68 orang Palestina.

BACA JUGA: Mangkrak 18 tahun, ini 5 catatan jalan panjang pembangunan Tol Bocimi

Di sisi lain, FYI, pembatalan laga itu sebenarnya diprovokasi sendiri oleh pihak Israel. Secara sepihak pihak Israel menggeser lokasi laga persahabatan yang sebelumnya akan digelar di kota Haifa (di Israel bagian utara) ke Jerusalem (ibukota baru yang diklaim Israel).

Keputusan penggeseran tempat laga oleh pihak Israel itu jelas politis. Kedatangan timnas Argentina ke Yerusalem dianggap seperti melegitimasikan keabsahan ibukota tersebut. Demi menghindari itu bahkan Messi rela membayar semua kerugian akibat pembatalan laga. Way to go, Messi!!
Oh ya bukan hanya Messi yang menolak Israel, berikut 5 bintang sepakbola dunia yang pernah melakukan hal yang sama!

1. Cristiano Ronaldo
Siapa pesaing utama Messi? Ya pastilah Ronaldo. Walau sering berseteru di lapangan hijau, namun jika soal Israel, Messi dan Ronaldo punya pertimbangan kemanusiaan yang sama. Seperti Messi, CR7 juga berulang kali menunjukkan sikap anti-Israel. Ronaldo bahkan pernah menolak jadi iklan sebuah minuman bersoda karena menurutnya perusahaan produsen minuman tersebut menyalurkan dana kepada tentara Israel.

“Pendirian saya tetap teguh untuk tidak membangun kerja sama dengan mereka!” tandas Ronaldo.

Ronaldo juga pernah menunjukkan rasa solidaritasnya terhadap palestina dengan menolak bertukar baju dengan salah satu pemain Israel. “Saya tidak akan tukar baju saya dengan ‘pembunuh’. Saya berada di bumi Palestina,” ungkapnya saat pegelaran Piala Dunia Brasil beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Hanya 1% air di bumi bisa dikonsumsi, gen Y Sukabumi mesti aware 5 fakta ini

2. Mario Balotelli
Si bengal dari Italia ini juga pernah menunjukkan dukungannya terhadap rakyat Palestina. Pada 17 Juli 2014, Balotelli mengunggah cuitan di akun Twitter-nya. Ia mengatakan, “Anak-anak yang bermain di pantai tidak akan menjadi sesuatu yang mengancam. #hentikan perang #selamatkan Gaza.”

Cuitan tersebut adalah respon Super Mario atas berita di situs New York Times, 16 Juli 2014. Kabar itu memaparkan tindakan militer Israel yang memborbardir kawasan pantai Kota Gaza dan menewaskan empat bocah yang sedang bermain. Kicauan Super Mario pun dicuit ulang oleh 40 ribu pengguna Twitter.

3. Gianluigi Buffon
Kiper legendaris Italia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, yang mempertemukan Israel melawan Italia disebut sejumlah media Arab meneriakkan kalimat “bebaskan Palestina!”

Buffon juga pernah menolak menjabat tangan seorang pemain Israel jelang laga Liga Champions antara Juventus melawan Maccabi Haifa pada tahun 2009. Hal itu ia lakukan sebagai bentuk protes terhadap penindasan yang dilakukan Israel terhadap penduduk Palestina.

BACA JUGA: Wow, ada pemain Indonesia di Piala Dunia, 5 hal Massimo Luongo ini mesti gen Y Sukabumi tahu

4. Eden Hazard
Bintang Chelsea asal Belgia bersama rekannya gelandang Arsenal asal Perancis, Abou Diaby pernah turut serta dalam aksi boikot pertandingan Piala Eropa U-21 tahun 2013, yang akan dihelat di Israel.

Sebuah nota pernyataan yang ditandatangani oleh Hazard dan 60 pemain timnas U-21 dari berbagai negara berisi penolakan terhadap agresi militer Israel yang dilancarkan ke Palestina.

5. Eric Cantona
Mantan striker trengginas Perancis yang pernah bermain untuk Manchester United ini pernah dengan tegas menyatakan dukungan terhadap penghentian agresi militer Israel ke Gaza. Cantona ikut mengunggah video berisikan pesan kepada Presiden Prancis kala itu, Francois Hollande, pada 31 Juli 2014.

Sebelumnya, pada tahun 2012, Cantona juga pernah melayangkan surat kepada UEFA yang isinya meminta pembatalan Israel sebagai penyelenggara turnamen U-21 UEFA. Surat itu merupakan bentuk protes terhadap penangkapan pemain sepakbola Palestina oleh tentara Israel, tanpa sebab jelas.

Nah Gaess, ada satu pesan penting yang mesti dicamkan dari Lionel Messi, yaitu sepakbola memang sebaiknya tidak dihubungkan dengan politik. Namun demikian, soal kemanusiaan jauh lebih penting dari sepakbola! (dari berbagai sumber)

  • 4
    Shares
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *