Hanya 1% air di bumi bisa dikonsumsi, gen Y Sukabumi mesti aware 5 fakta ini

Hanya 1% air di bumi layak konsumsi! Mesti hemat, Gaess!

Gaess, tulisan ini dibuat untuk meningkatkan awareness atau kesadaran mengenai pentingnya menjaga lingkungan hidup. 5 Juni adalah hari Lingkungan Hidup Sedunia. Lantas, apa maknanya bagi kita, Gaess? Kita mesti meningkatkan awareness (kesadaran) pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Gen Y Sukabumi familiar kan dengan fenomena global warming, perubahan iklim yang ekstrim, dan lain-lain.

Bumi ini makin lama makin rusak karena ulah manusia. Lalu, apa yang akan kita wariskan kepada nak cucu kita? Bumi yang sudah rusak, kah?! Lalu apa yang mesti dilakukan?

Mulailah dengan hal-hal kecil, buang sampah pada tempatnya, menghemat listrik, air, dan energi lainnya. Seabreg yang bisa dilakukan, Gaess!

Nah, biar kamu lebih aware dengan pentingnya menjaga lingkungan hidup, ini 5 fakta menakjubkan tentang bumi yang mungkin kamu nggak ngeh.

1. Puluhan ribu pohon ditebang untuk tisu toilet
Sekira 27.000 pohon ditebang setiap hari agar kita bisa menggunakan tissue toilet. Fakta lainnya, sebanyak 75.000 pohon bisa diselamatkan jika setiap orang di New York (Amrik) saja menggunakan kertas hasil daur ulang setiap hari.

Fakta lainnya, perusahaan-persuahaan Amrik saja menggunakan kertas yang jika disambungkan bisa mengelilingi bumi sebanyak tiga kali! Bagusnya, bisnis ini hari menuju trend paperless (tidak menggunakan kertas)

2. Bahaya kantong plastik
Ketika kamu membuang kantong plastik dan benda berbahan plastik lainnya ke lautan, itu sama dengan membunuh setidaknya satu juta mahluk laut setiap tahun.

Fakta lainnya tentang sampah, sebuah botol gelas yang dibuat saat ini membutuhkan waktu 4.000 tahun untuk membusuk.

3. Beralih ke barang berbahan alumunium
Gunakanlah barang-barang berbahan aluminum, karena alumunium bisa didaur ulang terus menerus, selamanya. Mendaur ulang satu barang berbahan aluminum bisa menghemat energi untuk menyalakan TV setidaknya tiga jam.

BACA JUGA: Bayu Risnandar: Ini 5 alasan Kadis Pariwisata Kabupaten Sukabumi layak diganti

4. Hanya 1% air yang bisa dikonsumsi manusia
Tahukah kamu, hanya 1% air di planet bumi yang bisa dikonsumsi manusia. Sisanya, 97%, adalah air laut dan 2% lainnya air yang membeku di Benua Arctic.

Nah, pertambahan penduduk selama satu tahun mencapai 77 juta jiwa. Sampai satu titik, manusia bisa saling bunuh untuk mendapatkan air! Semoga hal ini tidak terjadi! Apakah kita masih enggan hemat air?

5. Hutan tropis atau hutan tadah hujan hingga saat ini menyusut hingga 100 hektar per menit

MasyaAllah! Dan diperkirakan sekitar 50.000 spesies yang habitatnya di hutan tropis punah setiap tahunnya. Itu berarti 137 spesies punah per hari.

Yuk gen Y Sukabumi, tingkatkan awareness soal pentingnya menjaga lingkungan hidup. Lakukan jangan jauh-jauh, di daerahmu masing-masing! (sumber: theworldcounts.com)

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *