Mobil listrik keren Indonesia, nomor 5 karya urang Jampang Sukabumi Gaess

Banyak kendala yang membuat banyak mobil nasional gagal diproduksi masal.

Sudah puluhan prototype mobil nasional berhasil dibuat anak bangsa, Gaess. Namun, tidak jarang deretan proyek mobil nasional ini harus terhenti di tengah jalan. Kendalanya klasik, dari ketiadaan investor, pasokan komponen, dan desain kurang menarik, membuat banyak mobil nasional gagal diproduksi masal.

Tetapi setidaknya, deretan prototype mobil nasional yang pernah diciptakan menunjukkan bahwa bangsa Indonesia juga mampu bersaing dengan produsen-produsen mobil ternama.

Berikut adalah lima mobil nasional karya anak bangsa, nomor lima dibuat oleh pria asal Ciemas, Kabupaten Sukabumi lho, Gaess.

1. Selo

Selo merupakan mobil listrik sport buatan tim Putra Petir. Selo hadir dengan disain mata eagle-eye sipit dan garis bodi tajam, namun mobil listrik ini tidak jelas nasibnya kini.

BACA JUGA:

BASB Tagih Janji TP4D Kejari Kabupaten Sukabumi

Si Jampang urang Sukabumi bukan orang Betawi, ini 5 faktanya

2. E&C

Mengusung konsep SUV empat penumpang, dan memiliki wheelbase 240 cm, membuat penumpang akan mendapat ruang lega di dalam kabin. Dapur pacu E&C mengusung motor listrik bertenaga maksimal 20 kw. Dengan sekali pengisian baterai, mobil listrik ini mampu berjalan sejauh 24 km.

Mobil listrik dengan disain futuristik dan mewah ini merupakan karya mahasiswa Institut Teknologi Surabaya (ITS).

3. SKEV-1

SKEV-1 atau Signal Kustom Electric Vehicle 1 adalah mobil sport listrik buatan anak bangsa hasil kerjasama dari coachbuilder Signal Kustom dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Mobil ini sempat menghebohkan khalayak ketika pertama kali diperkenalkan saat peringatan Hari teknologi Nasional 2011 di Puspitek Serpong.

SKEV-1 sendiri hadir dengan disain sporty bak mobil balap ketahanan Le Mans, disokong motor listrik bertenaga 60 HP dan sanggup melesat hingga 140km/jam.

BACA JUGA:

Mama Sukabumi, 5 gadget dapur ini unik banget lho

Mulai silat sampai muay thai, ini 5 info komunitas MMA di Sukabumi

4. SV-1

Mobil listrik yang satu ini terbukti jempolan karena sukses memenangkan salah satu kontes modifikasi terbesar di Indonesia.

Disainnya elegan, sporty, dan futuristik. SV-1 adalah Mobil pengembangan dari SKEV-1 yang bekerjasama coachbuilder Signal Kustom dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini juga hadir dengan motor listrik ramah lingkungan.

Meski ramah lingkungan, motor listrik SV-1 ini masih bisa dikebut dengan kecepatan maksimal hingga 150 km/jam.

BACA JUGA:

Gak kuat beli, gen Y Sukabumi bisa pilih 5 smartphone mirip iPhone X ini

Ada wisata 1000 Kolecer Gaess, ini 5 fakta Kecamatan Bojonggenteng Sukabumi

5. Evina

Evina atau Electric Vehicle Indonesia adalah mobil listrik yang dirancang Ir. Dasep Ahmadi. Mobil listrik ini diberi nama oleh direktur PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), yaitu Nur Pamudji. Hal tersebut karena pihak Ahmadi melalui PT Sarimas Ahmadi Pratama menggandeng PLN dalam pengembangan mobil listrik ini. Di sini PLN berperan sebagai penyedia infrastruktur bagi mobil listrik.

Evina merupakan city car dengan lima pintu mampu dipacu hingga mencapai kecepatan maksimum 120 km/jam. Rencananya Evina akan diproduksi massal pada pertengahan tahun 2013 lalu. Untuk tahap awal, pihak pabrikannya memproduksi sekitar 1.000 sampai 2.000 unit mobil.

Demi kelancaran produksi massal mobil listrik, pemerintah Indonesia sendiri telah memberikan isentif terhadap bea masuk komponen-komponen impor yang dipergunakan untuk mobil listrik.

Namun, seperti halnya nasib mobil listrik lainnya, nasib mobil listrik karya pria asal Desa/Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, itupun tak jelas rimba nasibnya hingga kini. (dari berbagai sumber)

Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *