Ini 5 Sukabumi unik, Gengs

Surganya wisata alam.

Sukabumi, baik kota maupun kabupaten, dengan segudang persoalannya tetap ngangenin bagi banyak orang, Gengs. Buktinya, jika kamu ke Jakarta kemudian ditanya asal daerah kamu, dan kamu menjawab, “Sukabumi”, maka hampir semua orang Jakarta langsung tahu keberadaannya.

Namun, sayangnya, kebanyakan warga luar daerah tidak mengetahui pemisahan wilayah administratif kota dan kabupaten. Jadi nama “Sukabumi” bagi warga Jakarta, ya Sukabumi kota dan kabupaten itu.

Biar tahu keunikannya, berikut sukabumiXYZ.com sajikan lima hal unik Sukabumi buat kamu.

1. Kabupaten terbesar kedua se-Jawa dan Bali, dan kota terkecil kedua se-Indonesia

Kabupaten Sukabumi yang berada dipesisir selatan pulau Jawa ini, memiliki luas 4.161,00 km persegi dengan jumlah penduduk 2,434 juta (data tahun 2015). Luas wilayah ini menjadikannya kabupaten terluas kedua se-Jawa dan Bali, kabupaten terluas kesatu adalah Banyuwangi, di Jawa Timur denga luas 5782,40 km persegi dan dihuni 1,6 juta jiwa.

Nah, uniknya, Kota Sukabumi justru menjadi kota terkecil ke-15 di Indonesia dan kedua se-Jawa Barat dengan luas 48,42 km persegi. So, kalau kamu main ke kota ini, gak perlu terlalu takut nyasar ya, Gengs.

2. Angkotnya warna-warni

Jangan heran kalau kamu main ke Sukabumi, kota dan kabupaten, kamu menemukan angkot berbeda warna berseliweran di jalan raya. Di kedua wilayah ini, setiap trayek angkotan perkotaan memiliki warna kendaraan berbeda.

Dimulai dari trayek Cibadak-Benda misalnya yang berwarna ungu, kemudian Cibadak-Cisaat berwarna hijau, kemudain Cibdak-Cikembar warna putih, Cisaat-Kota Sukabumi juga berwarna hijau, dan lain lain. Bahkan jika kamu memasuki Kota Sukabumi, ada lebih banyak warna-warni angkotnya. Dari mulai merah, kuning, hijau, putih, biru, dan lainnya.

BACA JUGA:

Habibi, Dini, dan 5 tanjakan maut di Sukabumi

Ada wisata 1000 Kolecer Gaess, ini 5 fakta Kecamatan Bojonggenteng Sukabumi

Gaess, ini dia 5 hal yang diingat warga Jakarta jika disebut Sukabumi

3. Kulkas besar

Iklim terbilang sejuk, Gengs, mungkin karena kota ini berada di antara Gunung Pangrango, Gede, dan Salak. Jangan heran jika di bagian wilayah utara dan selatan, begitu sejuk, terlebih ketika malam hari akan terasa lebih dingin. Hal ini berbeda dengan wilayah pesisir seperti Palabuhanratu dan Ujunggenteng yang cenderung lebih hangat.

4. Banyak destinasi wisata alam

Banyak pilihan destinasi wisata alam di kota ini. Mulai dari wisata bahari, gunung, arung jeram, setu, danau, air terjun, hingga wisata alam bertaraf internasional yakni Global Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. So, kamu tinggal pilih aja jenis wisata alam yang cocok. Intinya, Sukabumi adalah surganya pehobi travelling wisata alam, maka kota ini merupakan tempat yang tepat buat kamu menghabiskan waktu menikmati keindahan alam.

5. Tidak memiliki bioskop

Yang terakhir ini nyesek banget, Gengs. Ketiada bioskop di kota ini bikin generasi millenialnya galau abis. Bayangkan saja, untuk menonton di bioskop, mereka harus pergi ke Kota Bogor atau Bandung. So, jika kamu ingin menonton film terbaru, harus nunggu filmnya bisa diunduh atau membeli kepingan DVD-nya. (dari berbagai sumber)

Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *