Keren Gengs, ini 5 fenomena alam yang menjadi tempat wisata di Sukabumi

Obyek wisata alam di Kabupaten Sukabumi adalah sorga bagi traveller.

Tempat wisata di Sukabumi selama ini menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan. Letak Sukabumi yang dekat dengan Jakarta dan Bandung Barat pun menjadikannya salah satu alasan banyak wisatawan yang berkunjung.

Banyak pilihan tempat wisata alam ketika wisatawan berkunjung ke Kabupaten Sukabumi. Mereka bisa memilih dari mulai gunung, rimba, laut, pantai, sungai dan sawah yang tentunya semua ada di kabupaten terluas kedua se-Pulau Jawa dan Bali itu.

Berikut adalah lima fenomena alam yang menjadi tempat wisata alam di Kabupaten Sukabumi.

1. Goa Buniayu

Goa Buniayu adalah gua alami, tempat ini merupakan destinasi yang cocok untuk backpacker yang hobi berpetualang.

Gua ini terbentuk akibat pengangkatan lempeng tektonik pada berjuta-juta tahun lamanya. Pengangkatan lempeng tektonik itu akhirnya membentuk gua dan dijadikan sebagai tempat wisata yang menarik dikunjungi. Pengangkatan lempeng tektonik tersebut menyisakan fosil-fosil pada bagian dinding goa.

Tidak akan lengkap rasanya jika kamu kesana tidak mengetahui semua informasi tentang wisata goa unik ini. Kamu bisa menggunakan jasa tour guide untuk menemani berpetualang di dalam goa, tour guide akan menerangkan secara detail tentang tempat wisata yang kamu kunjungi.

Tour guide di Goa Buniayu selain dibekali kemampuan bahasa mumpuni, juga telah dibekali kemampuan fisik yang kuat. Hal tersebut dikarenakan untuk mengelilingi goa diperlukan waktu sekitar 5 jam lamanya. Selain itu, kamu akan melewati berbagai macam medan yang menguras tenaga seperti danau lumpur, berpegangan pada pinggir tebing, panjat tebing, melewati tumpukan batu, dan banyak lagi lainnya.

Goa ini berlokasi di Kampung Cipinang, Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung.

BACA JUGA:

Ini 5 Sukabumi unik, Gengs

Habibi, Dini, dan 5 tanjakan maut di Sukabumi

2. Geopark Ciletuh

Bagi kamu yang menginginkan wisata alam dengan pemandangan menarik, kamu bisa memilih Global Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Tempat ini menawarkan keindahan alam, selain batu berusia jutaan tahu, ada juga air terjun, teluk, dan berbagai macam wisata alam lainnya dengan pemandangan menawan.

Wisata alam yang bisa kamu jumpai pertama kali adalah Teluk Ciletuh, teluk tersebut mirip tapal kuda dan langsung menghadap ke Samudra Hindia. Di area Geopark Ciletuh juga terdapat curug bernama Curug Cimarinjung. Untuk mengelilingi semua tempat wisata yang ada disini tidak hanya cukup satu hari saja, kamu akan membutuhkan sekira empat hari untuk mengelilinginya.

Tapi jika kamu tidak punya cukup waktu untuk berkeliling area Geopark Ciletuh, kamu cukup mengelilingi tempat wisata utama di sini, yaitu Curug Palangpang, Curuh Cimarinjung, Curug Awang, Curug Sodong, dan Puncak Darma.

Lokasi Geopar Ciletuh berada di Desa Cimaja, Kabupaten Sukabumi.

3. Kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan tempat wisata yang terkenal di Sukabumi, tempat ini banyak dijadikan sebagai tujuan wisata saat berada di Sukabumi. Tak hanya wisatawan lokal yang datang ke Kawah Ratu namun juga wisatawan luar daerah, dan luar negeri.

Untuk menuju ke Kawah Ratu kamu harus menempuh perjalanan sekira tiga jam. Bagi yang hobi mendaki gunung kamu bisa berkunjung ke tempat ini karena lokasinya cocok sebagai lokasi pendakian bagi para hikers. Usahakan untuk mendaki Kawah Ratu saat pagi maupun siang hari, karena jika malam hari bebatuan akan menghalangi perjalanan track pendakian kamu.

Kawah Ratu ini merupakan kawah yang masih aktif sehingga kamu akan mencium aroma belerang saat berada disini. Lokasi Kawah Ratu berada di Lereng Gunung Salak.

BACA JUGA:

Gaess, kamu gak nyangka kan kalau 5 seleb ini mudik ke Sukabumi?

Cek kuy foto IG jembatan gantung terpanjang sedunia, nomor 5 kebanggaan Sukabumi lho

4. Situ Sukarame

Hampir semua gunung di Kabupaten Sukabumi memiliki tempat wisata berupa curug atau danau yang indah untuk dikunjungi, selain Situ Gunung yang ada di kaki Gunung Gede, situ yang satu ini juga ada di kaki gunung, yakni Gunung Salak.

Ya, tempat itu namanya Situ Sukarame yang dikelilingi hamparan kebun teh hijau milik PT Perkebunan Nusantara VIII. Tempat ini salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat kamu berkunjung ke Sukabumi. Dari namanya saja, bisa ditebak kalau tempat ini berupa danau. Wisatawan yang yang datang bisa menikmati keindahan alam sekitarnya.

Untuk mencapai ke tempat ini pun tidak terlalu sulit, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Dari Stasiun KA Parungkuda, pengunjung hanya butuh waktu sekira satu untuk sampai ke lokasi wisata tersebut. Untuk masuk ke area tempat wisata pun pengunjung tak perlu merogoh kocek tebal sebab kamu hanya perlu membayar karcis Rp10 ribuan saja.

Saat hari libur nasional atau weekend tempat wisata ini biasa dipadati wisatawan, ada juga pengunjung yang bergerombol datang kesana untuk kegiatan pramuka, observasi, dan komunitas. Lokasinya di Kecamatan Parakansalak.

5. Bukit Karangnumpang

Kabupaten Sukabumi memiliki beragam pilihan tempat wisata alam yang tiada habisnya. Bukit Karangnumpang juga merupakan salah satu yang kini tengah digandrungi. Bukit ini kian dikenal berkat film 5cm. Pemandangan alam dari atas bukit selalu menawarkan pesona tersendiri. Itulah yang ditawarkan oleh bukit ini. Ditambah lagi gundukan karang tersebar, yang bentuknya menyerupai batu yang “menumpang”, atau Bukit Karangnumpang.

Bukit Karangnumpang berada di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Kamu cuma perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 untuk parkir Rp3.000, dan Rp2.000 lagi uang kebersihan.

Nah, Gaess, itulah berbagai macam tempat wisata yang berasal dari fenomena alam di Kabupaten Sukabumi yang layak kamu kunjungi. Namun, sebelumnya, pastikan kamu telah mempersiapkan fisik yang prima dan perbekalan selama berwisata ke Sukabumi. (dari berbagai sumber)

  • 86
    Shares
Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *