Gaess, ini lho 5 penganan khas Sukabumi yang cocok buat oleh-oleh


Bagea Awi Dan Heni

Writed by: Bagea Awi Dan Heni
Editor by: Feryawi
19 Nov 2018 | 8:10 WIB


Sukabumi bukan cuma kaya dengan kekayaan alamnya, tetapi juga penganan khas yang juga sama populernya.

Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Jawa Barat, Kota dan Kabupaten Sukabumi menyimpan kekayaan kuliner khas Sunda yang unik dan layak dicoba.

Untuk kamu yang memiliki rencana berlibur ke Sukabumi, cek dulu lima pilihan penganan khas Sukabumi populer yang layak buat kamu jadikan oleh-oleh ya, Gaess.

1. Surabi Sukabumi

Berbicara tentang kuliner di Jawa Barat, Surabi memang sudah menjadi ikon tersendiri. Di Kota Sukabumi sendiri, kamu bisa menemukan Surabi khas yang berbeda daripada Surabi di daerah Jawa Barat lainnya.

Makanan khas Sukabumi ini terbuat dari durian sehingga merupakan kuliner paling pas untuk kamu yang menyukai Durian. Tertarik mencoba kuliner khas Sukabumi satu ini?

2. Roti Priangan

View this post on Instagram

Guys pasti dah gak asing lagi sama roti legendaris dari sukabumi ini…roti priangan atau papa mama kalian lebih akrab dengan nama roti Oey Tjiang Lie, roti ini sdh ada dari jaman penjajahan jepang tahun 1943 loh guys, sekarang sudah dikelola oleh generasi ketiga dari Oey Tjiang Lie . Rotinya padat mengenyangkan gak kempes kayak roti jaman sekarang, tanpa pengawet, ukurannya juga besar dan dipanggang di tungku bata api . Banyak aneka jenis roti dijual baik roti tawar atau manis..tapi yang jadi favorit dari dulu roti tanduk, roti manis yang ada lapisan menteganya berbentuk tanduk. Untuk harganya murah Rp 5,000 untuk roti manis dan roti tawar Rp5,000-Rp9,000 tergantung ukuran . Roti ini bisa kamu beli di gerobak roti priangan di sekitar odeon, di depan hotel spark odeon dan sekitar nyomplong, atau juga di pabriknya di jalan parigi no 31 jam 12-1 siang hr jumat tutup . Eits, jangan salah beli dengan roti priangan yang palsu ya guys, yang asli di gerobaknya ada stiker biru bertuliskan priangan bakery d/h Oey Tjiang Lie berdiri sejak tahun 1943 dan ada no ijin dagangnya, roti ini baru matang sekitar jam 12 siang . Kamu bisa pesan roti ini untuk acara pesta, syukuran, atau pengajian..bisa pesan roti buaya juga untuk khitanan . Alamat : Roti Priangan Β Jalan parigi no 31 Tlp : 0266-241954 . #sukabumikuliner #kulinersukabumi #oleholehsukabumi #rotipriangan #rotisukabumi #oeytjianglie

A post shared by Kuliner sukabumi (@kulinersukabumi_) on

Satu lagi kuliner tradisional khas Sukabumi yang legendaris yang wajib dicoba saat berlibur ke Sukabumi yaitu Roti Priangan. Salah satu brand Roti Khas Sukabumi yang sangat populer adalah buatan Oey Tjiang Lie yang sudah berdiri sejak 1943. Cita rasa lezat dan khas membuat makanan tradisional asal Sukabumi ini menjadi pilihan bingkisan saat berkunjung ke Sukabumi, lho!

BACA JUGA:

Sis, ini lho 5 makanan khas Sukabumi yang cocok buat diet

Ini sambal orang Sunda, nomor 5 khas Jampang Sukabumi Gaess

3. Mochi

Berbicara daftar makanan khas Sukabumi, tak lengkap tanpa memasukkan Mochi ke dalam salah satunya. Mochi sendiri bisa dikatakan sebagai kuliner legendaris di Sukabumi yang telah ada sejak 1983. Dengan berbagai varian rasa, makanan khas Sukabumi ini bisa jadi pilihan buah tangan yang menarik.

4. Sagon Bakar

View this post on Instagram

Bakar kelapa

A post shared by CIAUL SAGON BAKAR (@sagon_bakar_ciaul) on

Terbuat dari kelapa, aci dan bahan-bahan lainnya, camilan tradisional khas Sukabumi ini merupakan pilihan pas untuk menemani bersantai di sore ini sembari ditemani segelas kopi atau teh hangat.

Sagon Bakar Ciaul ini juga tersedia dalam berbagai rasa mulai dari cokelat, keju, dan berbagai rasa menarik lainnya.

5. Kue Jahe

Camilan khas Sukabumi lainnya yang populer adalah Kue Jahe. Terbuat dari jahe parut dicampur gula, cita rasa khas dari makanan ini sudah terkenal sejak zaman kolonial Belanda, lho. Kini, kue khas Sukabumi ini telah diolah dalam berbagai varian rasa dan pilihan bentuk lucu.

Itulah ragam kuliner tradisional asal Sukabumi yang populer yang wajib dicicipi saat kamu berkunjung atau berlibur ke Sukabumi. (dari berbagai sumber)

  • 12
    Shares
Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *