Mau berakhir pekan di Sukabumi? Ada teras nirwana di lereng Gunung Salak

Wisata alam yang berpadu dengan wahana wisata air modern.

Bicara wisata alam, Kabupaten Sukabumi tentu salah satu sorganya di Indonesia, Gaess. Namun, kalau kamu nyari wisata alam berpadu dengan wahana wisata air modern, agribisnis, camping ground, hingga berkuda dan karaoke keluarga, Wahana Wisata Air Curug Sawer layak dimasukan dalam pilihan untuk berakhir pekan.

Menuju tempat wisata yang terletak di antara cekungan lereng utara Gunung Salak ini, kamu mempunyai dua pilihan akses jalan.

Pertama, kalau dari arah Cidahu, Cicurug, Bogor, dan Jakarta, bisa masuk dari pertigaan Caringin, Kecamatan Cicurug, lalu menuju arah Cidahu sejauh kurang lebih 5 km. Di pertigaan Babakanpari, Kecamatan Cidahu, ambil jalan ke kiri arah Parakansalak sejauh 2 km hingga di pertigaan dekat Kantor Kepala Desa Lebak Sari.

Kedua, dari arah Cibadak atau Sukabumi, dan Bandung, kamu bisa masuk di pertigaan Angkrong atau Stasiun Kereta Api (KA) Parungkuda, lalu menuju arah Parakansalak sejauh kurang lebih 8 km. Dari Parakansalak, perjalanan berputar menuju arah Cidahu selama 3 km, hingga di pertigaan dekat Kantor Kepala Desa Lebak Sari.

Setelah itu, dari pertigaan dekat Kantor Kepala Desa Lebak Sari, Kecamatan Parakan Salak, menuju Curug Sawer di Kampung Cikareo, sejauh 2 km. Akses jalan sudah relatif baik dengan rabat beton.

Lelah mata dan tubuh pasti akan segera terobati jika kamu sudah samai di lokasi Curu Sawer. Pemandangan alam yang memesona, mulai dari hamparan perkebunan teh, hingga area agroindustri yang hijau menghampar bak permadani.

Saat weekday dan weekend, harga tiket masuk dipatok Rp20 ribu per orang untuk dewasa, dan Rp10 ribu untuk anak-anak.

Nah, biar kamu-kamu gak penasaran, adaapa saja sih di Curug Sawer ini? Berikut lima pilihan menghabiskan wakt di kaki gunung ya, Gaess.

1. Berenang di air pegunungan yang alami

Kalau kamu capek bin lelah setelah menempuh perjalanan panjang dan kemacetan lalu lintas di jalur utara Sukabumi, kamu bisa langsung nyebur di kolam renang berair alami langsung dari Curug Sawer. Adem dan sehat lho, Gaess, karena airnya bening tanpa kaporit.

Selain airnya yang ramah bagi kesehatan tubuh kamu, tersedia juga berbagai ukuran kolamrenang yan disesuaikan dengan usia pengunjung, dari mulai kolam renang untuk balita, anak-anak yang dilengkapi perosotan dan water boom, hingga kola renang untuk dewasa.

Sedang badan yang capek juga akan selekasnya terbayarkan, pada saat Anda telah berasyik masyuk berendam di kolam renang dengan air yang segera dari Curug Sawer. Dinginnya menggigit sampai ke dalam tulang, Gaess.

BACA JUGA:

Mengintip warga Belanda jadul saat berwisata di Taman Rekreasi Cimalati

5 obyek wisata alam di utara Kabupaten Sukabumi yang memesona

Keren Gengs, ini 5 fenomena alam yang menjadi tempat wisata di Sukabumi

2. Selfie dan wefie

Nah, buat kamu yang datang terlalu sore dan gak tahan mandi di air dingin, Taman I Love U bisa menjadi pilihan untuk sekadar foto-foto selfie ataiu ramai-ramai bareng teman dan keluarga.

3. Berkuda

Berkuda ini bisa menjadi pilihan kamu saat pagi ataupun sore hari, Gaess. Kamu bisa mengelilingi area tempat wisata ini sambil menunggang kuda. Tapi jangan khawatir, kalau adik atau anak gak mau diajak menunggang kuda, mereka punya pilihan naik mobil-mobilan atau kereta-keretaan yang juga tersedia di lokasi.

4. Karaoke atau nongkrong

Khusus buat bokap nyokap atau bapak ibu, atau buat kamu yang hobi menyanyi bisa langsung memilih menyeruput secangkir kopi atau teh hangat dan menu kuliner lainnya di cafe, atau langsung ngambil mic dan langsung berdendang berkaraoke ria di karaoke lounge yang tersedia di area cafe dan restoran ya, Gaess.

Nah, untuk karaoke ini tarifnya cuma Rp25.000 per jam, Gaess.

5. Menginap di hotel atau tenda?

Kalau kamu pengen sensasi berbeda, terutama kalau kamu bukan anak pedaki gunung, menginap di tenda bisa menjadi pilihan tepat. Jangan khawatir bakal kedinginan ya, Gaess, karena di dalam tenda disediakan bantal empuk dan selimut lumayan tebal. Tenda ini muat untuk dua orang dengan tarif sewa Rp100.000 per malam.

Tapi, kalau pengen tidur biasa di dalam kamar, don’t worry, Gaess. Di Curug Sawer juga tersedia penginapan berupa kamar yang bisa kamu pilih.

Tarif sewanya, untuk villa dua kamar Rp330.000, kamar duluxe Rp250.000, dan kamar standar Rp150.000.

Nah, keren kan, Gaess? So, jangan tunda rencana kamu buat liburan menghabiskan akhir pekan di Sukabumi. Dengan segala keindahandan keyamanan yang bakal kamu dapat, berada di Curug Sawer yang terletak di lereng utara unung Salak, akan membuat kamu merasa seperti tengah berada di teras nirwana, Gaess.

  • 267
    Shares
Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *