Gengs, 5 tempat wisata di Sukabumi ini gak populer tapi layak dikunjungi

Hampir semua berbiaya murah meriah, Gengs.

Gengs, sudah tahu kan ya, secara administrasi, Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah di provinsi Jawa Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur di sisi timur, Kabupaten Bogor di sisi utara, Kabupaten Lebak di sisi barat, dan Samudra Hindia di sisi selatan. Dan kabupaten ini berjarak kurang lebih 100 kilometer dari Kota Bandung dan 120 km dari Jakarta.

Tahukah kamu, jika Sukabumi juga ternyata menyimpan destinasi wisata yang tidak populer namun tidak kalah menakjubkan? Mulai dari tempat wisata bukit, pegunungan, hingga pantai dan sungai. Bukan hanya sekadar tempat wisata dadakan atau tiban yang hanya menyuguhkan keramaian tanpa objek yang jelas.

Penasaran mana aja destinasi wisata dimaksud kan, Gengs? Ini di lima tempat wisata yang tidak populer tetapi layak untuk kalian kunjungi.

[1] Wanawisata Cipelang

Tempat wisata di Sukabumi lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Wanawisata Cipelang. Letaknya berada di desa Gunung Pangrango. Hutan seluas tiga hektar ini menyuguhkan panorama alam yang menarik untuk dieksplorasi.

Sebagai wisata hutan, pengelolaan Wanawisata Cipelang berada di bawah RPH Bacang BKPH Gede Sukabumi.

[2] Sungai Cicatih

Serupa tapi tak sama. Ungkapan ini pas untuk menggambarkan Sungai Cicatih dengan Citarik. Sebagai salah satu tempat wisata di Sukabumi, Sungai Cicatih juga menawarkan pesona alam yang mendebarkan. Fasilitas andalan dari tempat wisata ini juga arung jeram. Namun perlu diketahui bahwa karakter dari Sungai Cicatih dengan Citarik sangatlah berbeda.

Sungai Cicatih ‘lebih garang’ karena arusnya lebih deras, ukuran sungai lebih lebar, dan jalur permainan arung jeram lebih panjang, sehingga lebih menantang.

BACA JUGA:

Keren Gengs, ini 5 fenomena alam yang menjadi tempat wisata di Sukabumi

5 obyek wisata alam di utara Kabupaten Sukabumi yang memesona

Curug Mawi, lokasi ngadem baru di Cibadak Sukabumi, cek kuy 5 infonya

[3] Sabana Puncak Pilar

Berdiri di puncak dunia dengan pemandangan permadani hijau terbentang tanpa batas. Inilah sensasi yang dapat kamu rasakan saat berada di Sabana Puncak Pilar. Sabana Puncak Pilar merupakan studio alam di mana kamu dapat berfoto di banyak spot dengan latar alam nan asri.

Untuk panorama yang lebih memukau, datanglah pada saat sunrise, sehingga kamu dapat merasakan sensasi berada di atas awan. Matahari akan muncul dari balik gunung dengan dengan kilauan emas yang terpantul di lautan awan.

Sabana Puncak Pilar terletak di Ciwalat, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. Memasuki lokasi ini kamu hanya perlu mengeluarkan kocek Rp5.000 sebagai tiket masuk.

[4] Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan, secara harfiah, panenjoan berarti “tempat untuk melihat”. Nama yang sungguh tepat karena dari tebing setinggi 250 mdpl ini, kamu dapat melemparkan pandangan ke segala penjuru tanpa perlu khawatir akan merasa bosan.

Tebing Panenjoan ini terletak di salah satu gerbang Unesco Global Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Tempat ini menawarkan pemandangan Geopark Ciletuh dari ketinggian. Di sini kamu juga bisa menyaksikan kehijauan sawah dan birunya laut. Bahkan, jika cuaca sedang baik, kamu dapat melihat air terjun di kejauhan.

Tebing ini bagaikan sebuah amfiteater raksasa yang menyajikan pertunjukan alam nan megah. Kunjungilah tebing ini di kala senja. Pemandangan sunset di sini benar-benar luar biasa. Lokasinya terletak di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, dengan tiket parkir motor sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

[5] Pasir Datar Indah

Pasir Datar Indah menawarkan kenikmatan menikmati lukisan alam yang memukau hasil karya petani setempat. Deretan tanaman milik warga berbaris rapi di punggung bukit nan hijau, menciptakan gelombang alam yang indah tak tertandingi.

Pasar Datar Indah ini terletak di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, tanpa dipungut biaya apapun. Kamudian, jika kamu berpindah ke tempat yang lebih tinggi, pemandangan tanaman tersebut akan berbaur dengan pemandangan permadani hijau di sekelilingnya dan juga pemandangan kota dari jauh.

Perpaduan alam yang indah tersebut tidaklah cukup hanya dikagumi, jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan ini dengan foto-foto caem yang akan membuat akun Instagram kamu makin hits.

Beuhhh, keren-keren ya, Gengs. Kuy ah kita kunjungi bareng gebetan.

Dari Berbagai Sumber

  • 65
    Shares
Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *