#Infografis: Negara tujuan TKI asal Sukabumi

Paling banyak bekerja di sektor informal.

Negara tujuan TKI tahun ini hampir sama dengan kondisi 2018. Tahun lalu negara tujuan terbanyak, yakni Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hongkong serta Brunai Darussalam. Selain itu sebagian kecil lainnya negara Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, Arab Saudi, Jepang, Kuwait, Qatar, Oman, Laos, Aljazair, Belanda, Zambia, dan Bahrain.

Pada Januari, jumlah TKI yang dikirim mencapai 141 orang dan Februari sebanyak 96 orang. TKI asal Sukabumi tersebut kebanyakan dikirim ke negara Asia terutama Malaysia dan Taiwan.Misalnya Februari 2019 dari 96 orang yang diberangkatkan sebanyak 46 orang diantaranya dikirim ke Malaysia.

Negara tujuan terbanyak lainnya adalah Taiwan sebanyak 17 orang, Singapura 12 orang, Hongkong 10 orang, dan Brunei Darussalam sebanyak delapan orang. Sisanya Korea Selatan, Bahrain, dan Kuwait sebanyak satu orang.

Kebanyakan TKI tersebut bekerja di sektor informal, contohnya pada Februari ke-96 pekerja migran informal sebanyak 62 orang dan formal jauh lebih sedikit yakni 34 orang.

BACA JUGA:

Dianiaya hingga dibunuh, 5 kisah buruh migran Sukabumi tak putus dirundung malang

Infografis: Awal 2019, ratusan warga Sukabumi jadi TKI

View this post on Instagram

NEGARA TUJUAN TKI ASAL SUKABUMI.

A post shared by SukabumiXYZ.com (@sukabumixyz_com) on

  • 14
    Shares
Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *