Gadis Sukabumi mau jadi pemain bola wanita? 5 klub ini bisa dipilih


Bagea Awi Dan Heni

Writed by: Bagea Awi Dan Heni
Editor by: Feryawi
25 Jul 2019 | 21:06 WIB


Gadis-gadis asal Sukabumi menjadi Kartini di lapangan hijau.

Gengs, jika kamu pikir sepak bola adalah monopoli kaum pria, kamu keliru. Kini, berbagai kompetisi reguler bahkan kejuaraan dunia sepak bola putri rutin digelar. Di Indonesia sendiri, sepak bola wanita mengalami era keemasan pada dekade 80an. Kala itu, timnas putri berhasil menjadi runner-up Kejuaraan Wanita AFF 1982 dan 1985.

Oiya Gengs, Sukabumi kini sudah punya tim sepak bola wanita lho,
Garda Siliwangi FC. Tim ini ikut meramaikan beragam acara yang dibuat untuk pentas nasional. Garda Siliwangi FC mencatatkan laga perdana dalam sebuah partai uji coba di Sabnani Park, Serpong, Tengerang Selatan, Minggu 7 Februari 2016, melawan tim senior Indonesian Women All Star (IWAS). Pada laga itu Garda Siliwangi FC kalah dengan skor 1-3.

Meskipun kalah, mereka justru berharap kelahirannya bisa menstimulan pesepakbola wanita lain untuk ikut bergabung. “Kami ingin menjadi bagian dari sepakbola Indonesia, jika selama ini sepak bola hanya terpusat di kota-kota besar, kami ingin semua pihak, juga bisa melihat potensi yang ada di Sukabumi,” ujar Dita Fatria Andarini, Kapten Garda Siliwangi FC.

Menurut Dita, bukan semata berbicara soal sepak bola di Sukabumi, misi terpenting adalah bagaimana lewat jaringan yang ada, publik bisa percaya bahwa sepak bola putri di tanah air memang ada. Dalam laga perdana tersebut, juga dijadikan momen rilis resmi klub putri Garda Siliwangi FC, Dita CS berkesempatan merumput lawan tim IWAS, tim bermaterikan pemain Timnas putri Indonesia.

Eh Gaess, Dita ini tercatat sebagai karyawan salah satu perusahaan swasta di Jakarta dan pencetak gol penyama skor di babak pertama dalam duel yang difasilitasi Federasi Sepak Bola Mini Indonesia (FSMI), bersamaan dengan pelaksaan partai puncak Indonesia Mini Soccer League 2015/2016.

So, kalau gadis-gadis Sukabumi mau menjadi pemain sepak bola profesional, selain bergabung dengan Garda Siliwangi FC, berikut adalah lima klub yang dekat dari kota Sukabumi yang bisa kamu pilih rekomendasi sukabumiXYZ.com.

[1] Cibubur Soccer Club

Secara khusus, klub ini dibentuk untuk menjaring talenta sepak bola putri berbakat. Dilansir dari afp.com, Cibubur Soccer Club berdiri sejak 2014. Klub ini didirikan mantan kiper timnas putri, Iswandari Evie.

Editor’s Picks:

[2] Putri Matador FC Jakarta

Klub ini bermarkas di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Klub ini sudah cukup dikenal dan malang melintang di dunia sepak bola putri. Putri Matador sering mengikuti kompetisi di luar daerah, seperti Jogja dan Jawa Timur.

[3] Persijap Kartini

Klub ini bisa dibilang semi-profesional karena mendapat support finansial mumpuni. Klub ini berada di bawah pengelolaan Persijap Jepara, tak heran jika klub ini sering mengadakan turnamen mini mengundang klub-klub lain.

Editor’s Picks:

[4] SSB Queen Bandung

Salah seorang eks pemain timnas dan juga Queen Bandung, Papat Yunisal, membangkitkan klub ini sejak beberapa tahun lalu. Sekadar Gen XYZ Sukabumi tahu, SBB putri yang satu ini sarat akan sejarah sepak bola wanita di Indonesia. Pada dekade 80an, SSB Queen menjadi penyumbang pemain putri untuk timnas Indonesia.

[5] Garda Siliwangi Sukabumi

Garda Siliwangi adalah salah satu klub sepak bola putri di bumi Priangan. Tidak diketahui kapan dibentuk, namun yang pasti gaung putri-putri Sukabumi ini telah sampai ke seantero Jawa.

Nah, di luar klub-klub di atas sebenarnya masih banyak klub yang bisa dipilih gadis-gadis Sukabumi ya, Gengs.

[dari berbagai sumber]

Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *