3 in 3 out, inikah kiper bidikan Persib Bandung? 5 beja keur Bobotoh Sukabumi


Feryawi Heryadi

Writed by: Feryawi Heryadi
Editor by: Feryawi
23 Agu 2019 | 1:34 WIB


Persib Bandung tengah mencari sosok kiper tangguh baru untuk memperbaiki performa mereka di putaran kedua Liga 1 2019.

Ya, Bobotoh Persib Bandung di Sukabumi pasti sudah tau jika saat ini tim kebanggan kalian ini tengah membidik seorang kiper untuk melapis I Made Wirawan. Beberapa nama pun disebut-sebut akan segera merapat karena hingga kini Deden Natshir masih dibekap cidera.

Persib memang tampil mengecewakan di Liga 1 2019 ini, mereka hanya meraih tiga kali kemenangan dari 13 pertandingan yang dilakoni, alhasil Persib tertahan di peringkat ke-11. Rentetan hasil buruk juga tak lepas dari buruknya lini belakang setelah kebobolan 19 gol dan baru mencetak 13 gol. Kehilangan kiper utama, Deden Natshir yang mengalami cedera panjang, disebut-sebut jadi salah satu alasan gawang Persib mudah bergetar.

Dua kiper cadangan yang diplot sebagai pengganti peran Deden, I Made Wirawan dan Aqil Savik juga tak mampu menjadi pertahanan terakhir untuk Persib. I Made kebobolan 9 gol dari 10 kali dimainkan oleh pelatih Robert Rene Alberts, dan mencatat 3 kali clean sheet. Sementara Aqil, kebobolan 6 kali dari 2 pertandingan Liga 1. Statistik ini membuat aktif di bursa transfer paruh musim yang dibuka 19 Agustus 2019 lalu.

Selain itu, Maung Bandung juga mendatangkan tiga pemain asing setelah resmi memecat tiga legiun asingnya yakni Bojan Malisic, Rene Mihelic, dan Artur Gevorkyan.

Nah, biar Bobotoh se-Sukabumi gak penasaran, simak kuy lima infonya, Gengs.

[1] Tiga calon kiper Persib?

Beberapa nama kiper dirumorkan merapat ke Kota Kembang itu. Mereka adalah Yoo Jae-hoon, kiper asal Korea Selatan, kiper berusia 36 tahun itu masuk dalam daftar rumor yang akan direkrut untuk putaran kedua. Pemain yang tengah menjalani proses naturalisasi ini juga baru saja dilepas oleh Barito Putera.

Nama beriutnya adalah Alfonsius Kelvan, penjaga gawang berusia 30 tahun itu memang dalam status bebas tranfer. Alfons baru saja dilepas Borneo FC, setelah dirinya mengajukan permohonan mundur ke manajemen Pesut Etam. Dan satu lagi adalah Jacopo Viola, mantan pemain AC Milan ini masuk dalam daftar rumor kiper baru Persib, setelah manajemen secara terang-terangan ingin mendatangkan kiper dari luar negeri. 

Jacopo Viola merupakan penjaga gawang AC Milan usia muda pada periode musim 2013/14 lalu. Dirinya bahkan sempat promosi ke skuat AC Milan U-19, setelah dianggap tampil mengesankan di AC Milan Youth. Kiper berusia 23 tahun itu bisa saja didatangkan Persib, mengingat Viola saat ini tak memiliki klub setelah tak mendapatkan perpanjangan kontrak dari AC Gozzano.

[2] Tiga legiun asing anyar

Robert Albert menegaskan jika kehadiran Nick Kuipers, Omid Nazari, dan Kevin Van Kippersluis sesuai kebutuhan tim. Nick Kuipers, kata Robert, adalah pemain yang sangat dibutuhkan tim. Pelatih asal Belanda tersebut menjelaskan, setelah melalui proses pencarian, tiga pemain tersebut menjadi pilihannya. Ia berharap tiga pemain baru tersebut bisa mendongkrak penampilan Maung Bandung.

[3] Kevin van Kippersluis

Ada sesuatu yang unik saat proses pengenalan pemain anyar Persib berlangsung. Omid Nazari, Nick Kuipers, dan Kevin van Kippersluis kompak mengucapkan bahasa Sunda di hadapan awak media, saat Pelatih Robert Alberts memperkenalkan satu per satu pemain tersebut kepada awak media, Selasa (20/8/19) siang, di Grha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung.

Ketika Robert Alberts memperkenalkan Kippersluis, iapun antusias memperkenalkan dirinya. “Iya, seperti coach bilang tadi, saya Kevin, saya 27 tahun, saya dari Belanda. Saya bisa bermain sebagai gelandang serang, dan juga second striker. Saya senang berada disini, dan haturnuhun,” kata eks pemain SC Cambuur itu.

[4] Nick Kuipers

Menurut Robert, Nick Kuipers, pemain yang dirilis klub kasta tertinggi Belanda, ADO Den Haag ini merupakan hal luar biasa.

Saat Nick Kuipers diperkenalkan oleh Robert, Kuipers pun kemudian memperkenalkan dirinya. “Saya senang berada disini, bermain untuk tim besar seperti Persib. Terima kasih. Salawasna,” ujar Kuipers yang membuat awak media tersenyum.

[5] Omid Nazari

Omid Nazari adalah pemain blasteran Iran-Filipina. Robert memang ngebet mendatangkan eks pemain Ceres Negro FC kelahiran Swedia yang sempat bermain untuk Timnas Iran ini. Saat diperkenalkan Robert, “Omid tolong berdiri, perkenalkan dirimu,” kata Robert.

Nazari pun kemudian memperkenalkan diri secara singkat. “Saya senang bisa bermain di tim besar seperti Persib, mangprang,” kata Nazari dibalas gemuruh para awak media.

Wah, keren juga ya, Bobotoh. Ternyata mereka sudah mulai mempelajari bahasa Sunda.

[dari berbagai sumber]

Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *