Amrik posisi dua, dari Peru hingga Uzbek, 5 fakta pembaca sukabumiXYZ.com


Egi GP

Writed by: Egi GP
Editor by: Feryawi
31 Okt 2019 | 2:01 WIB


Website sukabumiXYZ.com ‘berselancar’ mulai tanggal 7 April 2018.

Lahir di, dan mengabdi untuk mengangkat Sukabumi (kokab), website sukabumiXYZ.com tak terasa sudah mengarungi dunia maya dan hadir di berbagai platform media sosial selama satu setengah tahun, mencoba menyentuh warganet Sukabumi berdasarkan kegenerasian (gen X, gen Y, genZ), kini sukabumiXYZ.com sudah dibaca oleh ratusan ribu orang.

Fakta yang cukup mengagetkan sekaligus menyenangkan, pembaca sukabumiXYZ.com tak hanya dari lokal Sukabumi (kokab) dan nasional Indonesia, tetapi juga dari banyak negara. Tak kurang dari netizen dari 90 negara pernah berkunjung ke sukabumiXYZ.com. Uniknya, negara-negara Barat seperti Amerika Serikat (Amrik), Belanda, Inggris, dan lain-lain di antara yang banyak mengunjungi sukabumiXYZ.com.

Untuk lengkapnya, berikut lima fakta yang terungkap dari webstat (web statistics) sukabumiXYZ.com per tanggal 28 Oktober 2019!

[1] Lima besar pembaca sukabumiXYZ.com

Merujuk kepada webstat sukabumiXYZ.com, terungkap bahwa lima besar negara pembaca atau pernah membaca, atau pernah berkunjung adalah Indonesia (dalam negeri), Amrik, Malaysia, Singapura, dan India. Untuk Indonesia berjumlah 137,391 pengunjung, lalu Amrik di posisi 2 dengan jumlah 6.113 pembaca, Malaysia di posisi 3 dengan 902 pembaca, Singapura ke-4 dengan 622 pembaca, dan ke-5 India dengan 407 kali kunjungan.  

Menariknya nih, Gengs, ada 407 pembaca dari negara Amerika Latin, yakni Peru.    

[2] Negara-negara asal pembaca sukabumiXYZ.com

Negara-negara lain jumlahnya di angka ratusan adalah Saudi Arabia, Belanda, dan Jepang. Lalu, ada 60an negara di jumlah puluhan pembaca. Di antaranya adalah Australia (91), Jerman (88), United Arab Emirates (87), Hong Kong (82), Inggris (73), Kanada (54), Rusia (54) Brasil (51), Prancis (48), Ukraina (44), Brunei (43), dan lain-lain.

Lalu ada banyak juga negara dengan jumlah pembaca hanya 1, mulai dari Argentina, Bolivia, Botswana, Bulgaria, Chad, Lebanon, Nigeria, Trinidad & Tobago sampai Uzbekistan.

[3] Seribuan pembaca tak terdeteksi asalnya

Fakta lain yang juga cukup unik adalah eksistensi angka pembaca tanpa disebutkan asal negara pembacanya. Jumlahnya mencapai 1.210 pembaca dan diberi keterangan asal not set oleh Google. Ini cukup unik karena bahkan Google tak bisa mendeteksi asal si pembaca dan jumlahnya pun terbanyak ke-3 dari keseluruhan pembaca sukabumiXYZ.com.

Wah, jangan-jangan bukan dari bumi ini ya Gaess mereka…hehe.

[4] Pembaca minat khusus

Fakta lain yang terungkap dari statistik sukabumiXYZ.com adalah bahwa mayoritas pembaca menyukai artikel-artikel dengan kategori minat khusus. Artinya, artikel-artikel yang memuat tulisan yang tidak ditulis oleh website atau media lain, setidaknya di Sukabumi. Artinya juga, sukabumiXYZ.com disukai karena tulisan-tulisan khas-nya yang tidak dimiliki oleh website lain.

[5] Tulisan yang mengandung sejarah dan informatif banyak dibaca

Dari catatan redaksisukabumiXYZ.com, jenis-jenis artikel yang disukai pembaca berkisar di tema-tema kesejarahan dan kadang yang sedikit ada bumbu-bumbu mistisnya. Selain itu, berita-berita yang digarap dengan gaya penulisan berbeda namun tetap mengutamakan ke-informatif-an, juga menjadi kekhasan sukabumiXYZ.com tersendiri.

Nah Gaess, semoga ke depan sukabumiXYZ.com bisa terus hadir memberi bacaan alternatif tak hanya bagi netizen Sukabumi, tetapi juga dunia. Tentunya, sukabumiXYZ.com akan mati tanpa perbaikan dan inovasi terus menerus. Maka, kami akan hadir dengan berbagai inovasi tanpa henti!

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *