Kabupaten Sukabumi nga-Gurilaps, Ini 5 Hal Keren Wajib Kamu Tahu


Irman Sufi Firmansyah

Writed by: Irman Sufi Firmansyah
Editor by: Feryawi
18 Mei 2018 | 0:45 WIB


Potensi wisata Kabupaten Sukabumi A-Z.

GURILAPS, kalian yang tinggal di wilayah Kabupaten Sukabumi pasti sering dengar kata ini, tapi ngomong-ngomong kalian tahu gak arti kata Gurilaps itu sendiri?

Gaess, Gurilaps ternyata merupakan akronim dari gunung, rimba, laut, pantai dan sungai. Sebagai tagline pariwisata kabupaten terbesar kedua se-Jawa dan Bali yang kamu cintai ini, kata Gurilaps digunakan untuk menggambarkan potensi kekayaan alam luar biasa yang dimiliki Sukabumi.

Bagaimana tidak, Kabupaten Sukabumi dengan luas seluas 4.128 km² ini, memiliki hampir seluruh potensi wisata alam.

Berikut lima potensi alam yang dimaksud dalam kata Gurilaps:

BACA JUGA: Biawak Raksasa sampai Kolam Lumpur, 5 Fakta Pangleseran-Jampang Tengah Sukabumi

1. GUnung

Ada banyak gunung di Kabupaten Sukabumi, bahkan beberapa di antaranya memiliki ketinggian di atas 2000 mdpl (meter dari permukaan laut) seperti Gunung Gede di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dan Gunung Salak yang berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, dua gunung ini kerap menjadi tujuan wisata minat khusus seperti mendaki atau sekadar hiking.

2, RImba

Rimba atau hutan, Sukabumi masih dikarunia hutan yang masih baik sebagai tempat berlindungnnya aneka keragaman hayati, selain menjadi sumber air dan oksigen bagi warga sekitar, hutan yang berada di Kabupaten Sukabumi turut menyumbang pasokan air dan oksigen bagi wilayah Bogor dan Jakarta lho, Gaess.

3. LAut

Kabupaten Sukabumi memiliki laut terbuka yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia dan berbatsan dengan Australia, makanya beberapa waktu lalu kita sering temuin berita tertangkapnya para pencari suaka asal Timur Tengah yang berusaha mencapai daratan Australia melalui laut selatan.

Gaess, di luar urusan para pencari suaka tadi, laut Kabupaten Sukabumi memiliki potensi perikanan luar biasa yang belum dimanfaatkan secara optimal, contohnya ikan tuna, tapi hal ini lebih karena keterbatasan alat tangkap nelayan kita.

BACA JUGA: 5 Jawaban Keren Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Respon GMNI Jabar Soal Aqua

4. Pantai

Hmm, siapa menyangsikan keindahan Pantai Selatan Kabupaten Sukabumi, mulai dari Pantai Karang Bolong yang berpasir hitam di Kecamatan Tegal Buled, pasir putih nan lembut di area penangkaran penyu hijau Pangumbahan, hingga ombak yang menantang para peselancar dunia di Pantai Cimaja.

Cerita soal pantai di Kabupaten Sukabumi dijamin gak bakal ada habisnya deh, Gaess.

5. Sungai

Selain sebagai sumberdaya air, sungai di Kabupaten Sukabumi juga terkenal sebagai sungai wisata dan olah raga, dua sungai besar yaitu Citarik dan Cicatih dimanfaatkan untuk olahraga wisata arung jeram, bahkan di sungai Citarik kerap diadakan even arung jeram berskala internasional.

Tapi, Gaess, kebiasaan masyarakat kita membuang sampah ke sungai, sepertinya harus dihentikan. Gak lucu kan, kalau harus berarung jeram di sungai yang penuh dengan sampah.

Gimana, Gaess, dari lima postensi wisata di atas, kamu setuju Kabupaten Sukabumi memang nga-Gurilaps ya?

  • 4
    Shares
Irman Sufi Firmansyah

Irman Sufi Firmansyah

Irman Sufi Firmansyah lahir di Sukabumi, 21 juni 1977. Ia menamatkan S1 Hubungan Internasional di Universitas Negeri Jember (2001(, dan S2 Manajemen Universitas Bhayangkara, Kakarta. Kini Irman bekerja sebagai Manajer HRD, Security, dan HSE di bidang oil n gas service. Irman juga menjadi Ketua Yayasan Kipahare., dan pengurus Soekaboemi Heritages.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *