Gaess, Kabupaten Sukabumi punya nama desa unik, nomor 5 mirip majelis taklim

Nama adalah doa, Gaess.

Ya, begitu kata pepatah orang tua kita dulu. So, kalau kalian kelak menikah dan memiliki anak, beri baby-mu nama yang baik. Walaupun nasib gak tak selalu sebaik nama seseorang, paling tidak anak kita kelak tidak menjadi bahan lelucon teman-temannya.

Kalian tau gak? Beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial karena ada seorang pria memiliki nama “Tuhan” dan “Setan”. Konyol kan, Gaess?

Nah, berbicara soal nama, di Kabupaten Sukabumi ada lima nama desa yang menurut penulis memiliki nama unik. Entah siapa yang pertama kali memberi nama desa-desa tersebut. Namun, pastinya leluhur desa tersebut memiliki maksud baik, walaupun terdengar unik, bahkan lucu.

Berikut adalah nama kelima desa tersebut:

BACA JUGA: Wajib aware Gengs, 5 cerita legenda ini asli Sukabumi

[1] Desa Seuseupan

Seuseupan, secara Bahasa artinya “sesuatu yang dihisap”. Entah apa yang dihisap, namun namanya desa, pastilah berhawa sejuk ya, Gaess. Jadi mungkin yang dihisap adalah udara yang bersih dan sejuk. Desa ini berada di Kecamatan Caringin, Kode Pos 43154.

[2] Desa Sukadamai

Berikutnya, ada Sukadamai. Nama ini biasa saja sebenarnya, penulis cuma membayangkan, di desa tersebut tidak pernah terjadi kericuhan atau tindak kriminal ya, Gaess. Setidaknya, mungkin itulah harapan leluhur desa tersebut. Kecamatan Cicantayan adalah lokasi di mana desa ini berada, kodeposnya 43155.

[3] Desa Padabeunghar

Desa Padabeunghar berada di Kecamatan Jampang Tengah, Gaess. Kalau kalian hendak pergi ke arah Kecamatan Nyalindung atau Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, pasti melalui desa dengan kode pos 43171 tersebut.

Entah bagaimana sejarah awal berdirinya desa tersebut, Gaess. Tapi sepertinya leluhur desa tersebut mengharapkan warganya sejahtera semua, karena secara bahasa, padabeunghar artinya “kaya semua” atau merata kekayaannya.

BACA JUGA: 5 “Mustahil” Universitas Nusa Putra Menjadi Nyata

[4] Desa Undrus Binangun

Desa ini berada di Kecamatan Kadudampit dengan kode pos 43153. Penulis nyoba googling, Gaess, tapi tidak ditemui arti kata undrus. Penulis malah dialihkan ke kata Underoos, sebuah merek pakaian piyama untuk anak-anak bergambar superhero yang populer tahun 70-an.

Namun untuk kata binangun, memiliki arti nyala juplak atau pelita (lampu) tradisional. Kata ini melambangkan jiwa dan semangat pantang mundur, biasanya disimbolkan dengan api menyala berbentuk gunungan.

[5] Desa Cikarae Toyyibah

Pada awalnya, penulis menganggap nama ini hanya candaan, Gaess. Tapi ternyata desa tersebut memang ada lho. Lokasi desa ini di Kecamatan Cikidang, Kode Pos 43367.

Secara bahasa, toyyibah atau toyyib berarti “baik”. Nah, mudah-mudahan aja doa orang yang pertama kali memberi nama desa ini dikabulkan Tuhan ya, Gaess. Desanya baik, warganya baik, kesejahteraan dan pelayanan aparat desanya juga baik.

Tapi kalau dipikir-pikir, kalau berbau bahasa Arab, namanya jadi mirip nama masjid atau majelis taklim ya, Gaess.

  • 25
    Shares
Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *