Privet netizen Sukabumi, ini 5 tim kandidat juara Piala Dunia Rusia

Bisa jadi ini menjadi kesempatan terakhir Messi untuk membawa Argentina juara dunia!

Privet (Hai) netizen Sukabumi pecinta sepakbola, siapa jagoan kamu di Piala Dunia Rusia kali ini? Pasti kalian sudah punya favorit juara ya.

Ini lima kandidat juara dunia 2018 versi sukabumiXYZ.com.

1. Jerman
Wajar saja jika Jerman difavoritkan menjadi juara dunia FIFA 2018. Alasan pertama, mereka lah juara bertahan alias juara dunia tahun 2014. Kala itu, tim asuhan Joachim Loew menumbangkan Argentina di final dengan skor 1-0.

Alasan kedua, Jerman masih diarsiteki Joachim Loew dan masih diperkuat mayoritas pemain yang menjadi juara empat tahun lalu. Tercatat hanya Phillip Lahm dan Bastian Schweinsteiger, dua bintang senior yang sudah pensiun dari timnas Jerman.

Alasan terakhir, Jerman tampil sempurna dalam babak Kualifikasi Piala Dunia 2018. Tergabung bersama Republik Ceko, San Marino, Norwegia, Irlandia Utara dan Azerbaijan di Grup C, Jerman menunjukkan keperkasaannya. Dalam 10 laga yang dijalani, mereka berhasil memenangi semuanya. Tentu saja hal tersebut memberikan dorongan kepercayaan diri yang besar buat Tony Kroos dan kawan-kawan.

BACA JUGA: Gaess, ini lho 5 fakta dan mitos Gunung Salak Sukabumi yang wajib kamu tahu

2. Argentina

Kandidat kedua juara dunia 2018 adalah Argentina. Alasannya, Lionel Messi dan kawan-kawan bakal terlecut motivasinya setelah hanya menjadi runner up di Piala Dunia tahun 2014. Mereka kalah secara menyakitkan dari Jerman di final.

Faktor lainnya adalah Piala Dunia ini bisa jadi peluang terakhir Messi untuk mencatatkan namanya menjadi pemain yang membawa Argentina juara dunia, seperti Maradona. Dari sekian capaian Messi, ia masih belum mampu merengkuh trofi Piala Dunia.

Faktor terakhir adalah deretan pemain bintang yang malang melintang di berbagai liga di Eropa. Sebut saja Gonzalo Higuain, Sergio Aguero, Angel Di Maria, Paulo Dybala, dan lain-lain. Mereka adalah jaminan mutu yang bisa saling bahu membahu dengan Messi memberi kejayaan bagi Argentina.

3. Spanyol

Ya, tentu saja Spanyol juga kandidat kuat juara dunia. Juara dunia tahun 2010 ini dihuni oleh pemain-pemain kelas dunia, terutama dari dua klub Barcelona dan Real Madrid. Kemenangan Madrid di Liga Champions baru-baru ini bisa menjadi dorongan tersendiri.

Nama-nama seperti David de Gea, Sergio Ramos, David Silva, Andres Iniesta, Diego Costa, dan lain-lain sama sekali tak bisa dipandang remeh oleh siapapun. Mereka adalah nama-nama jaminan mutu yang bakal membuat kokoh semua lini permainan Spanyol.

Satu-satunya kelemahan Spanyol, mungkin, pelatih Julen Lopetegui yang belum memberikan bukti banyak kepada negaranya.

4. Brasil

Mana mungkin tak menyebut nama Brasil sebagai kandidat. Negara satu ini gudangnya bintang sepakbola. Dari tahun ke tahun mereka selalu melahirkan nama bintang baru yang moncer dan menjadi mega bintang.

Kali ini, timnas Brasil akan bertumpu pada kebesaran nama Neymar. Dari sekian banyak bintang di Brasil, nama Neymar memang yang paling mengkilap saat ini. Namun demikian jangan salah, nama-nama seperti Willian (Chelsea), Coutinho (Barcelona), Firminho (Liverpool), dan Dauglas Costa (Juventus) bukanlah nama yang bisa diremehkan.

Belum lagi ada bintang debutan seperti Gabriel Jesus (Man. City) dan Fred (Shakhtar Donetsk) yang akan membuat lini serang mereka makin tajam. Sementara di pertahanan, Brasil yang biasanya tak memiliki bintang di posisi kiper, kini punya duo kiper yang belakangan moncer di klubnya masing-masing, Alisson Becker (AS Roma) dan Ederson Moraes (Manchester City). Kedua kiper itu akan membuat bek tangguh Thiago Silva dan Marcelo sedikit bernafas lega.

BACA JUGA: Gen Y Sukabumi, ngopi ngapah ngopi! Btw, ini lho 5 beda robusta sama arabica

5. Perancis

Dengan absennya Italia dan Belanda di ajang Piala Dunia kali ini, posisi terakhir kandidat juara sebenarnya menjadi persaingan antara tiga negara Eropa lainnya, Perancis, Belgia, dan Inggris. Dari ketiga negara, Perancis mempunyai kelebihan mental juara. Kiprah Perancis di Piala Dunia dalam satu dekade terakhir tentu saja lebih baik dibandingkan Inggris dan Belgia.

Selain itu, skuad Perancis juga dihuni oleh pemain-pemain kelas wahid. Sebut saja Samuel Umtiti (Barcelona), Raphael Varane (Real Madrid), Ngolo Kante (Chelsea), Paul Pogba (Man. United), Antoine Griezman (Atletico), Kylian Mbappe (PSG), dan lain-lain. Mereka adalah nama-nama yang menjadi jaminan mutu kuatnya permainan Perancis.

Nah, siapakah yang akan menjadi juara? Silakan saksikan Piala Dunia 2018 ya, Gaess! (dari berbagai sumber)

  • 4
    Shares
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *