5 aksi remaja masjid se-Desa Kadununggal Kabupaten Sukabumi patut ditiru nih, Gaess

Gimana di daerah kamu, Gaess?

Bulan Ramadhan memang telah berlalu ya, Gaess. Bulan penuh rahmat dan ampunan, bulan di mana setiap amal ibadah pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Spirit Ramadhan itulah yang akan dipelihara Ikatan Remaja Masjid Nurul Huda (Irmada) Kampung Kadudampit, selaku pengagas pengajian keliling dua desa yakni, Kadununggal dan Kalapanunggal, Kecamatan Kalapanuggal, Kabupaten Sukabumi. Berikut lima faktanya, Gaess.

1. Pengajian keliling

Pengajian keliling antar remaja masjid ini dilakukan sebulan penuh selama bulan Ramadhan. “Kegiatan ini selain bertujuan ibadah ritual, juga sosial. Jadi bukan sekadar ilmu agama yang diperoleh, tetapi juga silaturahim antara saudara seiman sedesa dan sekecamatan,” ujar Ketua Irmada Muhamad Yunus kepada sukabumiXYZ.com, Kamis (14/6/2018) malam.

BACA JUGA: Ini dia 5 mahasiswi cantik Sukabumi, tatapannya jadi bikin kepingin ngajak ke penghulu

2. Baru empat ikatan remaja masjid

Acara slaturahim melalui kegiatan pengajian keliling ini baru melibatkan empat ikatan remaja masjid yakni, Irmada Kampung Kadudampit, Remaja Masjid Almasturiyah Kampung Limak, Remaja Masjid Kampung Citatah, Desa Kadununggal, dan Remaja Masjid Cisalak, Desa Kalapanunggal.

Walaupun baru bisa menjalin silaturahim dengan empat ikatan remaja masjid, tetap perlu diapresiasi semangatnya ya, Gaess.

3. Buka bersama dan taushiyah

Setiap minggunya, kegiatan pengajian keliling tersebut diawali dengan taushiyah, dan diakhiri dengan berbuka puasa bersama. Kegiatan dilakukan secara bergiliran, dimuai dari Masjid Nurul Huda, lalu Citatah, kemudian minggu ketiga di Cisalak, dan keempat di Almasturiyah. Untuk pemeri taushiyah sendiri, dari anggota remaja masjid yang bertndak selaku tuan rumah.

Selain itu, pada minggu ketiga juga digelar pemberian takjil gratis kepada pengendara bermotor yang lewat di depan Masjid Nurul Huda, Kampung Kadudampit.

BACA JUGA: Gaess, ini lho 5 fakta dan mitos Gunung Salak Sukabumi yang wajib kamu tahu

4. Program jangka panjang

“Untuk program jangka panjang, kami akan membuat pengajajian keliling setiap dua minggu sekali,” jelas Pindi Herpiansyah yang menjabat sebagai Sekretaris Irmada.

Harapan Pindi, kegiatan pengajian keliling ini tidak sekadar meriah pada Bulan Ramadhan saja. “Bahkan harapan saya, kegiatan ini bisa melibatkan seluruh remaja masjid se-Kecamatan Kalapanunggal, agar tercipta persatuan antar sesama ikatan remaja masjid.”

5. Jalin komunikasi dan silaturahim

Pindi juga mengharapkan, kepada pegurus remaja masjid se-Kecamatan Kalapanunggal yang berkeinginan untuk terlibat dalam kegiatan pengajian keliling tersebut, agar menghubungi Muhamad Yunus, Ketua Remaja Masjid Nurul Huda Kadudampit atau Irmada.

Semoga terealisasi ya, Gaess, agar ke depan lahir generasi-generasi Y dan Z yang kompak dan rajin beribadah ritual dan sosial.

  • 151
    Shares
Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *