Gen Y Sukabumi mesti ngeh, ditemukan 5 planet mirip bumi di Galaksi Bimasakti

Manusia harus jujur menghadapi “kiamat lingkungan hidup” di bumi.

Sejauh ini (sejak tahun 1995), astronom telah menemukan 2000 planet di Galaksi Bimasakti menggunakan teleskop angkasa Kepler milik NASA (Badan Antariksa Amrik).

Tahu gak sih Gaess, menemukan “planet alien” yang mirip bumi di Galaksi Bimasakti adalah mimpi yang lama terpendam bagi para astronomer. Apa sih tujuannya mencari planet mirip bumi? Jangka panjangnya ya untuk ditempati. Wow. Mungkinkah?

Bicara mungkin, ya mungkin saja. Masalahnya, manusia harus jujur menghadapi “kiamat lingkungan hidup” di bumi. Sumber daya bumi terus disedot oleh manusia. Maka entah kapan, bumi akan rusak. Dan para astronomer sejak lama telah menjajaki kemungkinan manusia meninggalkan bumi menuju planet yang secara lingkungan mirip bumi, artinya bisa ditempati.

Nah lho, sementara kita di sini masih ribut soal hal gak penting, Gaess. Untuk diketahui, proses mencari planet mirip bumi di Galaksi Bimasakti kabarnya telah dilakukan sejak 1995 dan semakin intensif tatkala NASA meluncurkan teleskop angkasa Kepler pada tahun 2009.

Lalu, apa hasil penting sejauh ini yang ditemukan para astronomer? Di antaranya ya ditemukannya 5 planet mirip dengan bumi dengan menggunakan teleskop angkasa Kepler milik NASA.

BACA JUGA: Gen Y Sukabumi mesti tahu nih, legenda 5 Embah di Jampang Surade

1. Planet Kepler-22b

Kepler-22b berjarak 600 tahun cahaya dari bumi. Planet ini adalah yang ditemukan pertama kali oleh teleskop Kepler. Jarak planet ini dari mataharinya dianggap mirip bumi dan karenanya layak huni. Untuk ukuran, planet ini 2,4 kali lebih besar dari bumi. Masih belum jelas apakah planet ini mempunyai struktur bebatuan di permukaannya. Orbit mengelilingi mataharinya dilakukan selama 290 hari.

2. Planet Kepler-69c

Planet yang berjarak sekira 2.700 tahun cahaya dari bumi, mempunyai ukuran 70% lebih besar dari bumi. Peneliti juga masih belum yakin perihal komposisi planet ini. Namun peneliti meyakini bahwa planet ini menyelesaikan orbit mengelilingi mataharinya selama 242 hari. Jarak planet ini dari mataharinya sama dengan planet Venus dengan Matahari.

Namun demikian matahari yang menjadi induk semang planet ini, 80% lebih panas dibandingkan matahari kita. Maka disimpulkan planet ini layak huni.

BACA JUGA: Gen Y Sukabumi, cek kuy penampakan 5 handphone pertama merek terkenal

3. Planet Kepler-62f

Planet ini ukurannya sekira 40% lebih besar dibandingkan bumi dan mengitari matahari yang lebih dingin dibandingkan matahari kita. Planet ini memerlukan waktu 267 hari untuk mengitari mataharinya. Itulah mengapa planet ini masuk kategori layak huni. Oh ya, jarak planet ini dari bumi adalah 1.200 tahun cahaya dari bumi.

BACA JUGA: Gengs, ini lho 5 HP di bawah Rp2 jeti buat gamer Sukabumi

4. Planet Kepler-186f

Ukuran planet ini 10% lebih besar dari bumi, dengan posisi yang pas dalam tata suryanya untuk dihuni. Sayangnya, Kepler-186f hanya menerima energi dari mataharinya sepertiga dari energi yang diterima bumi dari Matahari.

Matahari yang menjadi induk semang planet Kepler-186f berbentuk merah dan berukuran lebil kecil dibanding matahari kita. Jaraknya sekitar 500 tahun cahaya dari bumi.

BACA JUGA: Gen Y Sukabumi, ini 5 hasil survei terbaru Pemilihan Gubernur Jabar

5. Planet Kepler-452b

Ini dia yang dinyatakan peneliti planet paling mirip dengan bumi. Planet ini baru saja diumumkan sekitar sebulan lalu oleh tim peneliti NASA. Mataharinya sama dengan matahari kita dan jarak orbit planet ini juga layak huni. Ukurannya hanya 1,6 kali ukuran bumi. Planet Kepler-452b juga merupakan yang pertama diklaim memiliki bebatuan di permukaannya. Jaraknya sekitar 1.400 tahun cahaya dario bumi.

Well, kalian gen Y Sukabumi mau migrasi ke planet lain? (dari berbagai sumber) 

  • 3
    Shares
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *