Hari bebas kantong plastik sedunia, gen Y Sukabumi bisa lakukan 5 aksi bijak ini

Kampanyekan diet kantong plastik.

Tanggal 3 Juli adalah hari untuk memperingati Hari bebas kantong plastik sedunia. Kamu pasti tahu dong plastik memerlukan waktu 100-500 tahun untuk terurai, sedangkan 1 juta kantong plastik digunakan di seluruh dunia tiap menit. Rata-rata penggunaan kantong plastik hanya 25 menit.

Kebayang kan, Gengs, berapa banyak jumlah sampah kantong yang kita buang per harinya?

Sebenarnya, kebijakan pengunaan kantong plastik berbayar sudah diterapkan di Indonesia pada 21 Februari 2016 bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HSPN). Kebijakan ini merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk menekan jumlah sampah plastik di Indonesia.

Nah, Gengs, dalam rangka memperingati Hari Bebas Kantong Plastik Internasional atau dikenal dengan International Plastic Bag-Free Day, kita juga bisa ikut berpartisipasi lho. Mulai dari diri kita sendiri.

Yuk simak lima sikap bijak yang bisa gen Y Sukabumi lakukan.

BACA JUGA: Hanya 1% air di bumi bisa dikonsumsi, gen Y Sukabumi mesti aware 5 fakta ini

1. Gunakan tas kain

Gunakan tas kain untuk mengganti kantong plastik yang biasa kita dapatkan dari tempat perbelanjaan.

2. Merayakan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia

Kita dapat turut merayakan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia. Caranya tentu saja dengan tidak menggunakan kantong plastik pada hari ini. Sebagai ganti kantong plastik, gunakanlah tas belanja yang dapat digunakan ulang. Ajak teman-teman dan keluargamu untuk tidak menggunakan kantong plastik. Bagikan juga pengalamanmu di media sosial.

Menurutmu apakah 1 hari tidak menggunakan kantong plastik dapat mengubah lingkungan menjadi lebih baik? Bagaimana kalau kita lakukan setiap hari?

3. Kampanye gerakan anti kantong plastik

Terus mengkampanyekan bebas kantong plastik dengan cara menulis hashtag #TShirtBag, hal tersebut bertujuan untuk terus mengingatkan warga agar mulai mengurangi penggunaan kantong plastik.

Kampanye juga bisa dilakukan dengan cara membuat pelatihan membuat kantong belanja sendiri dari kaos yang sudah tidak digunakan lagi dengan menggunakan konsep reuse dalam pengelolaan limbah.

Kamu juga bisa berpartisipasi dalam kampanye global Plastic Free July, sekaligus mengampanyekan International Plastic Bag Free Day pada 3 Juli 2018 ini.

BACA JUGA: Ngeri Gengs, ada gudang miras ilegal di Sukaraja Sukabumi, ini 5 faktanya

4. Diet kantong plastik

Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) adalah gerakan nasional yang mengajak kita bijak dalam menggunakan kantong plastik. GIDKP mengajak kita untuk peduli terhadap degradasi lingkungan.

Diet kantong plastikbisa menjadi salah gaya hidup dan perilaku yang bisa kita lakukan untuk mengurangi permasalah sampah.

Kita juga bisa menjadi bagian dalam menyebarkan langkah positif ini, Gengs. Caranya pun gampang, kita hanya perlu foto aksi kita berdiet kantong plastikkemudian posting di media sosial dengan #DietKantongPlastik.

Ajak teman-teman kita lainnya untuk diet kantong plastik dan sukseskan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia 2018. Kalau bisa terus berlanjut ya, tidak hanya sehari saja.

5. Diskusi dan aksi sosial

Mengajak berdiskusi warga mengenai diet kantong plastik. Atau bisa juga dengan cara melakukan #wisataplastik, seperti kegiatan membersihkan sungai-sungai dari sampah, terutama sampah plastik.

Masa depan kita dan generasi mendatang ada ditangan kita, Gengs. Sampahmu, masalahmu! (dari berbagai sumber)

#breakfreefromplastic #plasticfreejuly #jangantundalagi #plastiktakgratis #dietkantongplastik

Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *